26.1 C
Jakarta
26, April, 2024
JurnalPost.comBisnisMasa Pandemi Covid-19, Bisnis Tetap Eksis? Begini Caranya

Masa Pandemi Covid-19, Bisnis Tetap Eksis? Begini Caranya

Oleh Eri Susilowati

Jurnalpost – Sejak akhir tahun 2019, di Indonesia di gemparkan oleh pandemi virus covid-19. Pandemi tersebut hampir memukul tiap sendi kehidupan masyarakat di seluruh dunia, termasuk dalam bidang perekonomian. Perekonomian dunia seolah terhenti dan berusaha untuk bisa bergerak. Di berbagai belahan dunia, hampir semua sektor perekonomian mengalami penurunan yang signifikan. Bahkan diantaranya ada yang dalam kondisi terpuruk. Jutaan para pebisnis berjuang melawan keterpurukan ekonomi yang anjlok setiap harinya. Baik dalam industri bisnis skala besar maupun yang kecil semuanya hampir gulung tikar.

Lantas, bagaimana strategi untuk bisnis tetap eksis sekaligus bisa berkembang di masa pandemi?
Berikut strategi untuk mempertahankan bisnis tetap eksis di masa pandemic :

1. Manfaatkan Online Marketplace

Online Marketplace tentunya sudah tidak menjadi sesuatu yang asing lagi di telinga masyarakat baru-baru ini. Online marketplace adalah tempat dimana penjual dan pembeli bertemu dan bertransaksi secara online. Saat ini, kebanyakan orang-orang lebih memilih melakukan jual beli melalui online marketplace karena lebih mudah dan praktis. Apalagi di masa pandemi, rata-rata orang melakukan karantina dan stay at home. Ini merupakan peluang yang sangat menjanjikan untuk para pebisnis. Karena dalam online marketplace tidak ada penutupan pasar pada saat pandemi.

Dengan memanfaatkan online marketplace sebagai tempat transaksi jual beli, bisnis akan tetap eksis. Melalui platform online marketplace juga tidak perlu membayar pajak atau biaya sewa yang mahal. Cukup praktis untuk membuka lapak jualan Anda. Saat ini, terdapat banyak platform online marketplace yang bisa kita manfaatkan. Diantaranya adalah Shopee, Lazada, Tokopedia, dll. Semuanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun, untuk memperbanyak jaringan pembeli, Anda dapat mendaftar dan membuka lapak di semua platform online marketplace. Karena dengan begitu, peluang untuk menjaring banyaknya pembeli akan semakin tinggi.

2. Perbanyak Iklankan Produk di Platform Online Marketplace

Kemudahan yang ditawarkan dalam berjualan di online marketplace, tidak dapat dipungkiri bahwa jumlah penjual pun membludak. Artinya, jika Anda tidak mengetahui trik-trik untuk berjualan di online marketplace tersebut maka pasti akan kesulitan dalam bersaing dengan pebisnis lainnya.

Sejumlah online marketplace telah dilengkapi dnegan fitur ads, sebagian ada yang gratis dan sebagian ada yang berbayar sehingga Anda dapat memanfaatkan fitur tersebut untuk mempromosikan produk yang Anda jual dengan mudah. Caranya dnegna mengecek terlebih dahulu karakteristik iklan dari maisng-masing online marketplace, apakah berdasarkan pada akata kunci, letak iklannya, dan sebagainya.

Hal yang terpenting juga dalam proses pengiklanan adalah waktu. Pertimbangkan kapan waktu terbaik untuk beriklan. Mislanya jika produk yang Anda tawarkan adalah untuk kaum pekerja atau untuk orang-orang dewasa, maka iklankan produk Anda di jam-jam yang sekiranya mereka sedang istirahat dan membuka hp. Seperti di jam makan siang atau sore hari setelah orang pulang kerja. Kalau Anda memilih iklan yang berbayar, maka pertimbangkan juga biaya tarifnya.
Dengan semakin banyak kita beriklan, maka peluang untuk produk Anda dilihat oang akan lebih banyak, sehingga progress omset akan meningkat.

3. Tawarkan promo dan diskon-diskon menarik di hari cantik

Membuat berbagai macam promo dan diskon juga sangat diperlukan untuk menarik para pembeli. Terutama memberikan harga menarik, baik itu promo potongan harga maupun diskon besar-besaran. Biasanya di platform online marketplace sering memberikan penawaran-penawaran menarik di hari-hari cantik. Seperti di shopee selalu mmeberikan promo gratis ongkir di tanggal dan bulan yang sama.

Seperti pada promo 1.1, 2.2, dan seterusnya. Nah, sebagai seller yang paham dengan cara memberikan promo-promo menarik, maka Anda perlu mengikuti event-event promo tersebut. Karena di hari cantik seperti itu, minat pembeli untuk berbelanja sangat meningkat.

Demikian, strategi agar bisnis tetap eksis di masa pandemi. Dalam situasi apapun penjual harus bisa adaptasi dengan kondisi apapun serta harus bisa membaca setiap peluang yang ada. Kuasai online marketplace, perbanyak jaringan iklan, dan beri harga yang mampu bersaing. Sehingga bisnis akan tetap eksis meski di masa pandemic.

Penulis : Eri Susilowati

Rekomendasi untuk anda

Jangan Lewatkan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini