32.2 C
Jakarta
Minggu, Februari 28, 2021

Industri Kopi Indonesia Pada Masa Pandemi

JURNALPOST – Indonesia merupakan salah satu Negara penghasil kopi terbesar di dunia, kopi Gayo yang berasal dari Aceh pernah dinobatkan sebagai kopi arabika terbaik di dunia, Green Beans merupakan julukan kopi Gayo karena dibudidayakan tanpa menggunakan pupuk. Beberapa daerah yang menghasilkan kopi terbaik tak hanya Aceh, namun juga ada Bali, Lampung, dan Sumatera, dan masih banyak lainnya.

Sebagian besar di Indonesia membudidayakan kopi arabika, robusta, dan liberika. Ekspor kopi olahan dari Indonesia tembus ke beberapa pasar mancanegara di ASEAN seperti China dan Uni Emirat Arab, Indonesia juga pernah menduduki urutan ke-7 sebagai eksportir kopi terbesar di dunia pada tahun 2019. Kopi merupakan salah satu penghasilan terbesar ekonomi di Indonesia, mencakup ekonomi dari masyarakat kecil sampai kelas atas.

Namun saat masa pandemi Covid-19, hal ini berdampak negatif terhadap para tenaga kerja, pendapatan, ekspor, dan produksi. Permintaan global yang menurunnya sangat drastis membuat kopi petani sulit terjual, banyaknya kontrak perdagangan yang dibatalkan dan menurunnya harga kopi berpengaruh terhadap pendapatan petani kopi sehingga menjadi dampak yang sangat buruk. Kopi yang tidak terserap ke pasar akan berimbas pada penjualan kopi ke industri kecil dan menengah, seperti kedai kopi dan cafe yang ada di seluruh Indonesia.

Sementara itu penjualan kopi pada kedai kopi dan cafe-cafe juga pasti mengalami penurunan penjualan atau penghasilan, hal ini disebabkan masyarakat yang pastinya lebih memilih menikmati kopi di rumahnya sendiri untuk menghindari diri dari Covid-19, dan diterapkannya PSBB oleh pemerintah maka otomatis tingkat penjualan kopi pada kedai kopi dan cafe mengalami penurunan penjualan lebih dari 50% bahkan sampai ada yang menutup usahanya tersebut akibat pendapatan yang menurun ditengah biaya kehidupan yang semakin naik.

Oleh: Muhammad Ari Sandi/Universitas Trunojoyo Madura

Berita terbaru

Berita Menarik Lainnya

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini