32.3 C
Jakarta
20, April, 2024
JurnalPost.comCitizen ReporterSosialisasi Sebagai Langkah Awal Mahasiswa UPI Sebelum Melaksanakan KKNT di Masyarakat dan...

Sosialisasi Sebagai Langkah Awal Mahasiswa UPI Sebelum Melaksanakan KKNT di Masyarakat dan di Sekolah

Purwakarta, Jurnalpost – KKN atau Kuliah Kerja Nyata yang telah menjadi salah satu program wajib bagi mahasiswa untuk mencapai nilai untuk kelulusan kini sedang bejalan. Tahap kedua yang sudah mulai berjalan sejak tanggal 17 November 2020 akan menjadi sangat menarik. Tidak seperti biasanya, KKN ini sangat berbeda dengan tahun tahun sebelumnya. Pembedanya ialah kondisi, kondisi yang ada sekarang ialah dimasa pandemi covid 19 menjadikan segala kegiatan dilaksanakan secara daring termasuk juga KKN.

Pelaksanaan ini akan terlihat sangat menarik karena segala sesuatunya setiap mahasiswa melaksanakannya secara individu walaupun ada kelompok kecil didalamnya untuk diskusi dan tukar pikiran antara setiap individu. Targetan dari KKN daring yang dilaksanakan secara individu ini ialah sekolah, peserta didik, orang tua peserta didik dan juga masyarakat. Menarikanya lagi tidak hanya fokus di dunia pendidikan saja melainkan di banyak aspek, yakni kesehatan, ekonomi serta pendidikan yang menjadi program wajib.

Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Purwakarta, menjadi salah satu kampus yang menjalankan program KKN ini, sebelum melaksanakan KKN tentu semua mahasiswa mendapatkan bimbingan baik dari LPPM UPI dan juga dari DPL setiap kelompok. Terlihat mahasiswa sangat antusias, bisa dibuktikan antusiasmenya saat melakukan sosialisasi room zoom yang dibuat tidak memumpuni jadi harus dilaksanakannya juga Live Streaming di laman Youtube milik UPI (Universitas Pendidikan Indonesia).

Ribuan mahasiswa Univesitas Pendidikan Indonesia mulai bergerak melaksanakan Program KKN yang sejatinya sudah mereka tunggu tunggu akhirnya berjalan juga. Setiap 1 orang mahasiswa harus membuat pendapingan pembelajaran kepada 2 orang guru, 10 peserta didik berseta orang tua murid. Hal ini dilaksanakan agar ada kesinambungan antara Guru, peserta didik dan orang tua peserta didik itu sendiri. Mungkin awalnya mahasiswa mengeluhkan dengan keadaan kuliah umum dan KKN ini waktunya bersamaan menjadikan mahasiswa tidak fokus, tetapi setelah dijalankan mahasiwa terlihat sangat menikmati dan menjadikan semua ini pembelajaran dan juga pengalaman.

Mahasiswa juga diminta mendokumentasikan segala kegiatan secara daring sebagai bukti sudah melaksanakan kegiatan, tidak lupa juga adanya laporan per tiga hari sekali di laman LPPM UPI sebagai laman dimana mahasiwa bisa melaporkan kegiatannya selama 30 hari. Tidak hanya itu mahasiswa juga diwajibkan membuat Vidio Media Pembelajaran, Vidio Pencegahan Covid-19, Vidio keseluruhan rangkaian KKN selama 30 hari, Artikel dan juga PKM (Program Kreatifitas Mahasiswa)

Andreas Nugroho Adjie, peserta dari sosialisasi KKN T 2020 dengan DPL Nur Wahid Abdul Majid yang tergabung dalam kelompok 7 dalam pelaksanaan KKN T 2020 Universitas Pendidikan Indonesia ini merasa bahwa sosialisasi ini merupakan pegangan bagi setiap mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia untuk melaksanakan proses KKNT yang akan dilaksanakan selama 30 hari yang dibagi menjadi Senin sampai Jumat fokus dalam program pendidikan dan Sabtu dan Minggu fokus pada program pilihan yakni edukasi kesehatan tentang pencegahan penyebaran Covid – 19 dan Minggu yang fokus dalam program pilihan ekonomi yaitu melakukan pendampingan kepada ibu rumah tangga atau calon ibu rumah tangga dalam mengembangkan hobi serta kreatifitasnya agar dimasa pandemi ini tetap memiliki penghasilan.

Bagaiamana? Menarik bukan KKN T tahun 2020 yang dilaksanakan secara daring ini? Guru akan mendapatkan banyak masukan dari mahasiswa dan juga ide dalam pembelajaran dikelas dengan vidio media pembelajaran yang akan diberikan kepada guru sebagai salah satu ide dalam menjalakan pembelajaran dikelas.

Rekomendasi untuk anda

Jangan Lewatkan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini