27.4 C
Jakarta
Senin, Januari 18, 2021

Peran dari Perkembangan Teknologi dalam Dunia Bisnis

Jurnalpost – Bisnis dan teknologi informasi merupakan dua hal yang berkaitan. Terlebih di era saat ini teknologi memiliki peran yang besar bagi aktivitas manusia. Sehingga pengaruh teknologi informasi tidak dapat diremehkan, karena proses globalisasi yang berjalan begitu cepat yang memberikan pengaruhi pada cara berpikir maupun berperilaku. Peran pentingnya teknologi informasi ini juga memberikan pengaruh pada dunia bisnis.

Pada dunia bisnis teknologi membantu banyak terutama terkait sistem informasi yang terintegrasi dengan baik, yang mana sistem informasi yang terintegrasi dibangun atau dirancang untuk mengatasi sekaligus membantu para pelaku bisnis dalam menjalankan bisnis ke arah yang lebih baik. Selain itu, pekerjaan atau aktivitas yang berhubungan bisnis akan lebih mudah dengan memanfaatkan sistem kerja yang efektif dan efisien.

Banyak perubahan yang terjadi dalam bidang komunikasi. Perubahan ini terjadi akibat dari berkembangan teknologi yang begitu pesat masuk kedalam ruang lingkup masyarakat di dukung dengan perkembangan ilmu pengetahuan sehingga mampu menciptakan alat komunasi yang dapat mempermudah seseorang berkomunikasi satu dengan yang lainnya tanpa memikirkan ruang, waktu, dan kapasitas.

Perkembangan teknologi diciptakan dengan maksud yang positif guna memberikan cara baru kepada manusia untuk melakuan aktifitasnya dengan baik.

Dengan berkembangnya teknologi, manusia akan sangat mudah mendapatkan suatu informasi khususnya kemajuan teknologi internet. Dengan adanya internet, seseorang akan lebih mudah mendapatkan suatu informasi, mempercepat aktifitas, dan memberi ruang untuk seseorang dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Semenjak munculnya internet, tidak dipungkiri lagi bahwa keseharian manusia tidak lepas dari pengaruh internet. Aktifitas yang dilakukan manusia pada jaman yang sudah modern ini tidak lepas dari pengaruh internet karna fungsinya sbg alat pembantu kesulitan manusia dalam pekerjaan, internet juga dapat membantu manusia dalam menyelesaikan masalah dengan cepat dan praktis, serta memberikan hiburan tersendiri bagi si pemakainya.

Kehadiran teknologi juga membawa perubahan baik dalam hal efisiensi bisnis,contohnya pada bisnis makanan dan minuman. Teknologi melalui layanan pembayaran dompet elektronik bisa menurunkan metode pembayaran secara tunai dengan uang kertas. Penggunaan dompet elektronik juga dapat menurunkan risiko kecurangan yang mungkin terjadi dalam bisnis makanan dan minuman.

Tak hanya itu, dompet elektronik juga dapat meminimalisasi risiko kejahatan yang mungkin terjadi dalam proses penyetoran uang tunai dari restoran ke bank, seperti kecopetan di perjalanan. Dengan dompet elektronik, pihak restoran juga tidak perlu menghabiskan waktu hanya untuk mengantre di bank untuk keperluan penyetoran uang tunai.

Tidak hanya dalam bisnis, pengaruh teknologi telah mempengaruhi banyak sektor.oleh karena itu pembisnis atau pengusaha, dituntut untuk update dalam informasi bisnis dan teknologi supaya tidak dikatakan ketinggalan jaman. Namun, kita juga perlu selektif dalam memilih teknologi seperti apa yang akan kita terapkan di dalam menjalankan bisnis. Kemajuan teknologi diharapkan dapat bermanfaat apabila digunakan dengan bijak.

Penulis: Jeremy Reynara Binoto Persada Sembiring

Berita terbaru

Berita Menarik Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini