26.8 C
Jakarta
25, April, 2024
JurnalPost.comCitizen ReporterMA Darul Ihsan Gelar Kuliah Umum bersama Dr. Muqowim

MA Darul Ihsan Gelar Kuliah Umum bersama Dr. Muqowim

SRAGEN, JurnalPost.com – Dr Muqowim pendiri Rumah Kearifan sekaligus Dosen UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta memberikan Kuliah Umum di Madrasah Aliyah Darul Ihsan Muhammadiyah (MA DIMSA) pada hari Ahad pagi (04/12) bertempat di aula lantai dua. Kuliah Umum yang bertemakan Living Soft Skill Education ini diikuti lebih dari 50 peserta mengikuti acara tersebut, mereka adalah para pelajar Sragen yang berasal dari berbagai sekolah di antaranya MA DIMSA, SMA Muhammadiyah 9 Sambirejo dan MA As-Salam Masaran.

Kegiatan tersebut terlaksana dengan adanya Kerjasama MA DIMSA dengan Lembaga Training Rumah Kearifan Yogyakarta. Sebagai Penulis dan mantan wakil dekan Fakultas Keguruan di UIN Sunan Kalijaga dia juga sering mengisi training motivasi ke berbagai wilayah Indonesia. Terlihat antusiasme para peserta Kuliah Umum yang beberapa kali meneriakkan jargon-jargon dan yel-yel penyemangat.

Dalam penguatan softskill pelajar, salah satu yang penting menurutnya dalah motivasi belajar. Pria kelahiran Karanganyar tersebut mengungkapkan bahwa dalam belajar perlu motivasi kuat hingga yang utama adalah menentukan goal atau tujuan, dan bahkan tidak hanya punya goal tapi menuliskannya. “Penelitian menyebutkan bahwa hanya 3% Orang yang sangat sukses, dan salah satu kunci keberhasilannya yaitu dengan menuliskan tujuannya” ungkapnya.

Tidah hanya itu, dia juga berpesan kepada para peserta untuk memiliki beberapa nilai yang bisa menghantarkan kepada kesuksesan.

“Dengan nilai-nilai ini insyaAllah kalian bisa menebarkan energi positif, ada lima nilai yaitu Peace (kedamaian), Love (rasa cinta), Smile (senyum), Power (kekuatan) dan Pure (keikhlasan)” ungkapnya yang sekaligus memperagakan gaya bersama para peserta.

Fuad Ibrahim selaku kepala MA DIMSA memberikan informasi bahwa kegiatan Kuliah Umum tersebut ditujukan untuk meningkatkan karakter siswa dan menumbuhkan motivasi belajar.

“Komptenesi anak diranah Hardskill kita kembangkan melalui pembelajaran dan ekstrakurikuler, namun kami perlu membekali softskill anak baik secara intrapersonal maupun interpersonal, sehingga kelak dimanapun mereka menjadi pribadi yang membawa energi positif” tuturnya.
 

Rekomendasi untuk anda

Jangan Lewatkan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini