24 C
Jakarta
Kamis, Mei 6, 2021

Kesempatan Emas Mendidik Anak di Bulan Suci Ramadan

JURNALPOST – Ramadhan adalah waktu yang tepat dalam mendidik anak dengan mengenalkan dan mempersiapkan segala aspek di bulan suci ramadhan. Mendidik anak di bulan suci ramadhan memberikan dampak yang luar biasa bagi anak, karena secara tidak langsung anak akan melihat, meniru, mencontoh apa yang terjadi di sekelilingnya. Termasuk kebiasaan yang sering dilihat oleh anak. Menciptakan kebiasaan yang positif adalah cara yang ampuh dalam pendidikan anak.

Dengan kehadiran bulan suci ramadahan para orang tua dapat menjadikan kebiasaan sebagai metode pendidikan anak. Melalui kebiasaan tersebut anak merekam segala hal yang ia lihat. Dan melalui kebiasaan orang tua secara tidak langsung dapat mengenalkan pemahaman yang dasar dan penting untuk diketahui anak. Beberapa hal diantaranya yaitu :

Pertama, Menamkan akidah bagi anak. Akidah sangat penting untuk ditanamkan sejak usia dini. Kehadiran bulan suci ramadhan tentu dapat meningkatkan iman seseorang. Akidah disini dapat ditanamkan pada anak melalui alasan mengapa ia harus berpuasa dibulan ramadahan, sehingga momentum ini sangat tepat untuk mendidik anak.

Lalu yang kedua yaitu memaksimalkan ibadah dibulan suci ramadhan. Kebiasaan yang dapat orang tua lakukan adalah membuat check list atau target ibadah wajib maupun sunnah dibulan suci ramadhan. Dan mengajak si anak secara perlahan sedikit demi sedikit. Ditengah kebiasaan tersebut orang tua dapat menyampaikan keutamaan dari ibadah tersebut serta istimewanya melaksakan ibadah dibulan suci ramadahan dengan berbagai keutamaan yang akan didapatkan.

Lalu yang ketiga yaitu pendidikan akhlak. Akhlak yang mulia sebagaimana teladan kita yakni Rasulullah SAW. Kembali lagi dengan pembiasaan. Orang tua meniciptakan kebiasaan yang positif dan anak nanti mencerminkan kebiasaan yang dilakukan orang tua atau orang-orang disekitarnya.

Ditengah bulan suci ramadhan ini sangat tepat mengajak dan mencontohkan anak kebiasaan-kebiasaan yang positif.
Dengan pembiasaan inilah, maka dimensi puasa Ramadhan dapat dikatakan bulan pendidikan dan bagi anak usia dini bisa mendapatkan momentumnya.

Penulis : Erna Minawan

Jurnalpost.com adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis. Berita ini dibuat dengan formulir pengiriman. Silahkan login untuk memulai menulis!

Berita terbaru

Berita Menarik Lainnya

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Masuk

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Masuk

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.