28.2 C
Jakarta
19, April, 2024
JurnalPost.comKesehatanPMM 59- Sukses Gelar Sosialisasi Menu Gizi Seimbang di TA Aisyiyah Mutiara...

PMM 59- Sukses Gelar Sosialisasi Menu Gizi Seimbang di TA Aisyiyah Mutiara Hati

JURNALPOST – Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa UMM yang bertujuan untuk memberikan manfaat kepada masyarakat. Kegiatan PMM ini sebenarnya hampir sama dengan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN). Hanya saja pada PMM pelakasanaan kegiatannya dapat ditentukan langsung oleh mahasiswa, seperti tempat pelaksanaan, jumlah peserta dan program kerja yang akan dilaksanakan.  Penggantian KKN menjadi PMM oleh UMM ini dikarenakan dampak dari pandemic covid-19. Salah satu kelompok mahasiswa yang melakukan kegiatan PMM ini yaitu kelompok 59 gelombang 4. Tim PMM kelompok 59 gelombang 4 melaksanakan kegiatan sosialisasi terkait menu gizi seimbang untuk anak usia sekolah.

Kegiatan ini dilaksanakan di TA Aisyiyah Mutiara Hati yang berlokasi di Kelurahan Sumber Brantas, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Minggu, 18 April 2021. Kegiatan sosialisasi dihadiri oleh para guru dan wali murid dari TA Aisyiyah Mutiara Hati. Wali murid yang mengikuti kegiatan sosialisasi ini berasal dari TK B, TK A dan PAUD yang berjumlah sekitar 40 orang. Banyaknya jumlah wali murid yang ingin berpartisipasi pada sosialisasi ini membuat tim kami harus membagi waktu pelaksanaannya menjadi 2 sesi. Hal ini dilakukan untuk menghindari kerumunan sesuai dengan aturan yang telah dibuat oleh pemerintah di masa pandemic seperti sekarang.

Kegiatan sosialisasi terkait menu gizi seimbang ini diawali dengan pemberian materi, kemudian dilanjutkan dengan tutorial pembuatan menu sarapan untuk anak sekolah dan diakhiri dengan pembacaan kuis berhadiah. Kegiatan sosialisasi yang diadakan oleh PMM 59 bertujuan untuk memberikan pengetahuan terkait pentingnya konsumsi makanan yang bergizi yang dapat berpengaruh terhadap pertumbuhan serta perkembangan anak di usia sekolah. Mahasiswa PMM 59 juga memberikan contoh menu gizi seimbang dalam 1 hari yang dapat disiapkan oleh ibu untuk dikonsumsi anaknya. Selain itu, mahasiswa PMM 59 juga memberikan tips kepada para ibu untuk anak yang tidak suka makan sayur dan buah. Beberapa tips yang diberikan yaitu dengan memodifikasi menu makanan dari sayur dan buah yang dimasak dan sajikan sayur dan buah dalam potongan menarik agar anak mau mencoba mengonsumsinya.

Setelah pemberian materi sosialisasi, mahasiswa PMM 59 memberikan tutorial untuk membuat menu sarapan yang cocok untuk disajikan pada anak-anak. Contoh menu sarapan yang dibuat oleh mahasiswa PMM 59 yaitu sandwich. Hal ini dikarenakan sandwich termasuk menu makanan yang praktis untuk dibuat. Wali murid yang menghadiri kegiatan sosialisasi tersebut tampak senang karena mendapat pengetahuan baru khususnya terkait menu gizi seimbang. Setelah materi terkait gizi seimbang dan tutorial pembuatan sandwich dilakukan, dilanjutkan dengan kuis berhadiah yang diberikan kepada wali murid. Wali murid yang menghadiri kegiatan sosialisasi tersebut tampak antusias untuk menjawab kuis yang dilontarkan oleh mahasiswa PMM 59.

Dengan adanya kegiatan ini, wali murid tersebut diharapkan mampu menerapkan pengetahuan yang didapat terkait pentingnya konsumsi makanan bergizi sesuai dengan usianya. Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) Kelompok 59 dengan tema terkait Sosialisasi Menu Gizi Seimbang telah disetujui oleh Ibu Yayak Khatijah Selaku Kepala Sekolah TA Aisyiyah Mutiara Hati dan juga Ibu Livia Windiana, SP., M.Agr. selaku dosen pembimbing lapang. Tim PMM 59 ini beranggotakan 5 orang yaitu Putri Khairi Haditama (Teknologi Pangan), Khairani Permatasari (Teknologi Pangan), Maretha Hamida (Teknologi Pangan), Rudy Syahputra (Hukum Keluarga Islam), dan Julian Rizky Widaprasetya (Teknik Industri). Kegiatan PMM 59 dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan yang berlaku yaitu memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.

Rekomendasi untuk anda

Jangan Lewatkan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini