33.8 C
Jakarta
18, Mei, 2024
JurnalPost.comKesehatanKlinik Gigigo Membuka Layanan Spesialis untuk Anak: Gigigo Kids Fokus pada Perawatan...

Klinik Gigigo Membuka Layanan Spesialis untuk Anak: Gigigo Kids Fokus pada Perawatan Gigi Sejak Dini

JurnalPost.com – Perawatan gigi pada anak sejak dini ternyata menjadi hal yang penting dan perlu dilakukan secara terjadwal. Hal ini diungkapkan oleh drg. Monica Ekania, seorang praktisi kesehatan dari Klinik Gigigo. Menurutnya, pemeriksaan gigi pertama pada anak yang baru tumbuh perlu dilakukan untuk memastikan kondisi gigi anak dalam keadaan sehat, termasuk untuk memeriksa apakah ada lubang gigi, gigi yang goyang, atau pertumbuhan daging pada gigi yang berlubang.

“Perawatan pertama dilakukan saat bayi baru pertama kali tumbuh gigi. Dari pemeriksaan ini, kita ingin memberikan edukasi lebih banyak kepada orang tua untuk mengidentifikasi apakah anak mengalami keluhan gigi atau tidak,” ungkapnya saat pembukaan klinik baru Gigigo di Colomadu, Karanganyar, Jawa Tengah, pada Kamis (22/2/2024).

Selain itu, perawatan secara terjadwal juga penting dilakukan setiap enam bulan sekali untuk memantau perkembangan gigi anak dengan baik. “Pada usia enam tahun, kondisi gigi anak menjadi lebih kompleks karena saat itu terjadi pergantian dari gigi susu ke gigi permanen,” jelasnya.

Untuk mengedukasi masyarakat akan pentingnya perawatan gigi anak sejak dini, Klinik Gigigo meluncurkan layanan khusus yang diberi nama Gigigo Kids. Melalui layanan ini, drg. Monica mengungkapkan bahwa mereka menyediakan treatment khusus untuk anak-anak agar tidak takut datang ke dokter gigi.

“Pendekatan yang dilakukan tergantung pada kondisi anak. Jika anak kooperatif, kami akan memberikan banyak pilihan perawatan. Namun, jika anak rewel, pendekatan yang dilakukan akan berbeda,” katanya.

Selain itu, klinik juga telah mempersiapkan ruang perawatan yang nyaman dan ramah anak, dengan fasilitas seperti pemutaran film kartun, alat-alat yang ramah anak, dan dekorasi ruangan yang menarik. “Kami juga menyediakan ruang tunggu, mini playground, ruang laktasi, dan snack bar,” tambahnya.

CEO Gigigo, Ryo, menjelaskan bahwa klinik Gigigo di Colomadu merupakan klinik ketiga setelah sebelumnya beroperasi di daerah Pabelan dan Nusukan. Klinik ini bertujuan untuk mendukung peningkatan kesehatan gigi masyarakat, dengan menyediakan akses kesehatan gigi melalui pemeriksaan gratis pada acara car free day setiap hari Minggu di Solo, serta melakukan kunjungan ke panti asuhan, pondok pesantren, dan sekolah-sekolah untuk memberikan edukasi dan pemeriksaan gigi secara gratis.

Gigigo menargetkan segmen anak muda dan anak-anak sebagai sasaran utama layanannya, mengingat bahwa mereka adalah kelompok yang membutuhkan perawatan gigi yang khusus dan komprehensif.

Rekomendasi untuk anda

Jangan Lewatkan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini