Kenali Beberapa Jenis Makanan yang Bisa Meningkatkan Imunitas Tubuh

Jurnalpost – Di tengah mewabahnya virus corona yang semakin masif, menjaga kesehatan merupakan hal utama dan wajib dilakukan. Kini masyarakat mulai menjaga pola hidup sehat dengan mengkonsumsi berbagai jenis makanan yang bisa meningkatkan imun tubuh.

Sayuran Bagus untuk Imunitas Tubuh
Selain menjaga pola hidup sehat, upaya yang bisa dilakukan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Salah satunya yakni dengan mengkonsumsi berbagai jenis sayuran kaya akan nutrisi serta vitamin seperti berikut ini:

1. Bayam
Bayam merupakan salah satu jenis sayuran kaya akan vitamin C. Bukan hanya itu, di dalamnya juga terkandung banyak antioksidan serta beta karoten yang berfungsi untuk meningkatkan imunitas tubuh sehingga mampu melawan infeksi.
Agar semua nutrisi dalam sayuran ini tidak hilang, sebaiknya jangan memasaknya terlalu lama. Pasalnya, bayam sudah bisa matang hanya dengan direbus selama 60 detik saja. Justru jika dipanaskan lebih dari 4 menit dapat menghilangkan kandungan asam folatnya.

2. Brokoli
Salah satu makanan yang sangat bagus dikonsumsi untuk meningkatkan imunitas tubuh yakni brokoli. Pasalnya, sayuran ini kaya akan vitamin mulai dari A, C dan E. Kandungan mineral, zat anti oksidan di dalamnya sangat tinggi.
Brokoli merupakan salah satu sayuran dengan berserat tinggi. Namun agar semua kandungan dan nutrisi di dalamnya tidak hilang, amat disarankan untuk tidak memasaknya terlalu lama dengan cara sederhana, misalkan hanya dikukus.

3. Wortel
Wortel terkenal dengan kandungan vitamin A sangat tinggi, namun jarang orang tahu jika di dalam sayuran tersebut juga kaya akan beta karoten yang bermanfaat untuk melawan infeksi baik karena bakteri maupun virus.

Selain baik untuk kesehatan mata, faktanya kandungan dalam wortel dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Namun agar nutrisinya tidak hilang, olahlah sayuran ini dengan benar, salah satu caranya dengan merebusnya dengan air secukupnya di atas api kecil.

4. Pakcoy
Jenis makanan lainnya yang bagus untuk meningkatkan imunitas tubuh yakni Pakcoy. Pasalnya, sayuran ini kaya akan selenium, seperti diketahui kandungan tersebut dapat merangsang produksi sel-T serta membunuh bakteri maupun virus jahat dalam tubuh.

Bukan hanya itu, sayuran ini juga kaya akan kandungan vitamin C dan zat antioksidan yang dapat melawan bahaya radikal bebas. Namun kembali lagi, agar nutrisinya tidak hilang, disarankan untuk mengolahnya secara sederhana seperti dikukus atau dibuat sup.

5. Paprika Merah dan Cabai
Mungkin jarang orang tahu, jika paprika dan cabai memiliki kandungan vitamin C dengan jumlah dua kali lipat dibanding buah jeruk. Seperti diketahui nutrisi tersebut sangat baik untuk meningkatkan imunitas tubuh.

Bagi pecinta makanan pedas tentu ini menjadi kabar menyenangkan. Namun sekali lagi, agar kandungan nutrisi dalam paprika merah dan cabai tidak hilang, penting bagi Anda untuk memperhatikan cara pengolahan yang benar.

Buah yang Baik untuk Imunitas Tubuh
Selain sayuran, sistem kekebalan tubuh juga bisa ditingkatkan dengan mengkonsumsi berbagai jenis buah – buahan yang kaya akan vitamin seperti berikut ini:

1. Jeruk
Salah satu buah terkenal baik untuk kesehatan adalah jeruk dengan segala jenisnya, mulai dari bali, nipis, purut, keprok hingga lemon. Pasalnya, di dalamnya kaya akan vitamin C yang dapat meningkatkan produksi sel darah putih dan berfungsi untuk melawan infeksi.
Meskipun buah jeruk ini bagus untuk meningkatkan sistem imunitas, namun sebaiknya jangan berlebihan mengkonsumsinya. Pasalnya, tubuh tidak bisa memproduksi maupun menyimpan vitamin C dalam tubuh dan maksimal jumlah yang dibutuhkan sehari berkisar 75 hingga 90 mg saja.

2. Pepaya
Sama halnya dengan jeruk, buah ini juga kaya akan vitamin C. Dalam pepaya juga banyak terkandung nutrisi lain seperti kalium, magnesium dan folat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh serta baik untuk sistem imunitas.

Selain itu, buah ini juga memiliki kandungan enzim papain yang bagus untuk sistem pencernaan sehingga mencegah terjadinya inflamasi. Jika Anda sedang dalam proses meningkatkan imunitas tubuh, sebaiknya konsumsilah pepaya secara rutin.

3. Kiwi
Buah yang bagus dikonsumsi untuk meningkatkan imunitas tubuh adalah kiwi. Selain memiliki rasa segar dan tekstur lembut, faktanya di dalamnya juga terkandung banyak vitamin mulai dari A, C, E dan K.

Bukan hanya itu, dalam buah ini juga terkandung asam amino, folat serta antioksidan yang sangat dibutuhkan untuk kesehatan serta memperkuat sistem kekebalan tubuh. Hal ini sesuai dengan hasil studi dalam Jurnal Fisiologi dan Farmakologi Kanada.

4. Delima
Mungkin banyak orang yang belum tahu, jika delima bagus dikonsumsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Pasalnya, ekstrak yang terkandung dalam buah tersebut dapat berfungsi untuk melawan virus jahat dan mendorong pertumbuhan floral usus sehingga memperkuat imunitas.

Bahkan menurut penelitian laboratorium, dalam ekstrak delima juga terkandung senyawa yang dapat menghambat pertumbuhan organisme jahat seperti E. Coli, Yersinia, Losterial dan masih banyak lainnya. Buah ini juga sangat bagus dikonsumsi untuk mencegah pertumbuhan bakteri di mulut.

5. Semangka
Selain jeruk, kiwi, delima dan pepaya, ternyata semangka juga bagus dikonsumsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Pasalnya, dalam buah tersebut kaya akan zat antioksidan seperti glutathione.

Seperti diketahui, glutathione ini memiliki peranan penting dalam melawan infeksi yang disebabkan karena virus maupun bakteri jahat. Bukan hanya itu, semangka juga kaya akan kalori, sehingga jika rajin mengkonsumsinya dapat membantu tubuh agar tidak merasa cepat lelah.

Beberapa Makanan yang Bisa Meningkatkan Imunitas Tubuh

Saat ini, ada banyak jenis makanan yang bisa dikonsumsi, salah satunya ialah berupa makanan ringan. Untuk lebih jelasnya, perhatikan beberapa ulasan di bawah ini:

1. Almond
Almond merupakan salah satu jenis makanan yang bisa meningkatkan imun tubuh. Pasalnya, dalam kacang tersebut terkandung banyak nutrisi seperti, kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, tembaga.

Seperti diketahui semua kandungan nutrisi tersebut sangat bagus untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Mengkonsumsi kacang almond secara rutin, baik sebagai cemilan maupun makanan tambahan untuk kue, coklat maupun es krim sangat bermanfaat bagi kesehatan.

2. Yogurt
Jenis makanan pendamping lainnya yang baik untuk meningkatkan imun tubuh adalah yogurt. Pasalnya, dalam olahan susu ini terkandung banyak nutrisi seperti vitamin D, zinc, magnesium, selenium dan probiotik.

Yogurt ini bagus dikonsumsi secara rutin, karena nutrisinya sangat dibutuhkan untuk kesehatan tubuh. Namun, sebaiknya pilihlah jenis yang rendah lemak atau tawar supaya kandungan pemanis seperti gula dapat mengurangi manfaat dari olahan susu tersebut.

3. Seafood
Selain memiliki daging lembut dan rasa lezat, faktanya seafood kaya akan kandungan nutrisi seperti vitamin A, selenium, asam lemak serta omega-3 yang berfungsi untuk melawan bahaya dari organisme asing. Maka tidak heran jika makanan laut tersebut banyak disukai orang.

Mungkin banyak orang yang belum tahu, kalau seafood seperti kepiting, udang serta kerang kaya akan seng dan zat besi. Seperti diketahui kandungan ini memiliki peranan penting untuk membantu sel imun agar dapat berfungsi secara optimal.

Itulah deretan jenis makanan yang bisa meningkatkan imun tubuh, mulai dari sayuran, buah – buahan hingga pendamping lainnya. Semoga ulasan singkat ini bisa menjadi sumber referensi bagi masyarakat.

Follow us onFollow JurnalPost on Google News Temukan di Google PlayTemukan di Google Play

Rekomendasi untuk anda

Terbaru

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini