32.8 C
Jakarta
23, April, 2024
JurnalPost.comCitizen ReporterEmpat Makanan yang Sehat Menurut Al-Qur’an

Empat Makanan yang Sehat Menurut Al-Qur’an

JURNALPOST – Sejak akhir tahun 2019, coronavirus desease atau yang biasa disebut dengan covid-19 telah menjadi problem yang besar bagi kesehatan dan kehidupan manusia. Maka dari itu, manusia perlu asupan sehat untuk menjaga kekebalan imunitas mereka. Disamping itu, Allah telah memerintahkan kepada manusia melalui al-Qur’an untuk memakan makanan yang halal, seperti yang disebutkan dalam surah al-Baqarah ayat 168: “Wahai manusia! Makanlah dari (makanan) yang halal dan baik yang terdapat di bumi, dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah setan. Sungguh, setan itu musuh yang nyata bagimu”.

Tidak hanya halal, Allah memberitahu umatnya melalui al-Qur’an untuk memakan makanan yang sehat seperti berikut:

1. Buah dan Sayur
Buah dan sayuran sangat baik untuk tubuh sebab mengandung vitamin dan protein. Al-Qur’an menjelaskan dalam surah al-An’am ayat 99: “Dan Dialah yang menurunkan air dari langit, lalu Kami tumbuhkan dengan air itu segala macam tumbuh-tumbuhan, maka Kami keluarkan dari tumbuh-tumbuhan itu tanaman yang menghijau, Kami keluarkan dari tanaman yang menghijau itu butir yang banyak; dan dari mayang kurma, mengurai tangkai-tangkai yang menjulai, dan kebun-kebun anggur, dan (Kami keluarkan pula) zaitun dan delima yang serupa dan yang tidak serupa. Perhatikanlah buahnya pada waktu berbuah, dan menjadi masak. Sungguh, pada yang demikian itu ada tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi orang-orang yang beriman”.

Al-Qur’an juga menjelaskan buah anggur dan kurma dalam surah an-Nahl ayat 67: “Dan dari buah kurma dan anggur, kamu membuat minuman yang memabukkan dan rezeki yang baik. Sungguh, pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Allah) bagi orang yang mengerti”.

2. Susu
Susu merupakan minuman yang kaya akan kalsium. Maka dari itu, al-Qur’an menjelaskan kebaikannya dalam al-Qur’an surah an-Nahl ayat 66: “Dan sungguh, pada hewan ternak itu benar-benar terdapat pelajaran bagi kamu. Kami memberimu minum dari apa yang ada dalam perutnya (berupa) susu murni antara kotoran dan darah, yang mudah ditelan bagi orang yang meminumnya”.

3. Madu
Madu memiliki harga yang mahal. Selain khasiatnya yang baik, madu juga memiliki rasa yang khas enak sehingga membuat madu sangat dinikmati oleh manusia. Al-Qur’an juga menyebutkan khasiat madu sebagai obat bagi manusia dalam surah an-Nahl ayat 69: “Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sungguh, pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Allah) bagi orang yang berpikir”.

Pakar kesehatan juga menyebutkan bahwa madu memiliki glukosa dan perfentous dalam jumlah besar yang berguna untuk penyembuhan berbagai jenis penyakit melalui injeksi.

4. Daging dan Ikan
Seperti yang kita ketahui bahwa daging memiliki kandungan yang dibutuhkan dalam tubuh sebagai energi dan ikan yang kaya dengan protein.

Dalam al-Qur’an juga menyebutkan bahwa daging dan juga ikan merupakan makanan yang halal dan baik untuk di makan, terdapat dalam surah Fatir ayat 12: “Dan tidak sama (antara) dua lautan; yang ini tawar, segar, sedap diminum dan yang lain asin lagi pahit. Dan dari (masing-masing lautan) itu kamu dapat memakan daging yang segar dan kamu dapat mengeluarkan perhiasan yang kamu pakai, dan di sana kamu melihat kapal-kapal berlayar membelah laut agar kamu dapat mencari karunia-Nya dan agar kamu bersyukur”.

Itulah makanan yang sehat menurut al-Qur’an yang sangat berpengaruh bagi kesehatan manusia, terlebih dimasa pandemi covid-19 ini.

Penulis: Islahia Al Akyasi

Rekomendasi untuk anda

Jangan Lewatkan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini