Eksistensi Auditor Internal di Masa Pandemi

Penulis: Harti Novika Wiradhika

JURNALPOST – Seperti yang kita ketahui, audit pada masa ini sangat penting dalam dunia akuntansi terlebih lagi pada perusahaan. Terlebih lagi untuk audit internal yang sangat diperlukan bagi organisasi maupun perusahaan untuk membutuhkan informasi dari pihak yang terkait seperti klien mengenai berbagai aktivitas organisasi. Informasi tersebut disajikan dan disediakan oleh pihak yang melaksanakan aktivitas sebagai bentuk laporan pertanggung jawaban yang bisa saja direkayasa atau dimanipulasi.

Selain itu, auditor internal bertugas mengevaluasi kinerja pihak yang akan diaudit. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi penyimpangan, baik penyimpangan yang sifatnya kepatuhan, kecurangan, aktivitas operasi yang tidak efektif maupun laporan yang tidak mencerminkan kondisi keuangan yang sesungguhnya.

Dengan maraknya kasus virus corona yang menyebar ke seluruh dunia, pemerintah menghimbau masyarakat untuk mengisolasi diri dan mengurangi kegiatan berkumpul dan beraktivitas di luar rumah. Hal ini menyebabkan perekonomian Indonesia mengalami penurunan secara signifikan. Di karenakan pandemic, banyak karyawan yang tidak dapat beraktivitas seperti biasa termasuk juga para auditor internal.

Merujuk pada Surat Edaran Dinas Tenaga Kerja DKI Jakarta yang terbit 20 Maret 2020 lalu yang dilansir dari BBC News, semua perusahaan didesak mengikuti seruan untuk melaksanakan kegiatan dari rumah. Empat bidang dikecualikan dalam surat itu, yaitu kesehatan, energi, jasa keuangan, dan pangan. Faktanya, di Jakarta, sejumlah perusahaan di luar empat bidang itu tetap beroperasi selama kondisi darurat covid-19.

Sejak corona telah menyebar di Indonesia, banyak perusahaan yang mulai melarang pegawai datang ke perusahaan, termasuk auditor internal untuk melakukan perjalanan ke luar daerah. Hal tersebut menyebabkan klien menjadi tidak-tersedia untuk menjalani proses audit. Setelah dampak tersebut meluas, kendala audit menjadi lebih serius dan telah memaksa klien untuk menata ulang prioritasnya baik secara mental maupun fisik.

Jika corona tidak menyebar seperti sekarang, rencana audit tahunan pasti lebih ditinjau ulang setelah adaya covid-19. Jenis risiko yang dihadapi perusahaan saat ini sudah sangat berbeda terutama risiko yang terkait dengan pendapatan, likuiditas, sumber daya manusia (kesehatan dan ketersediaannya), rantai pasokan, cybersecurity, dan risiko keamanan data serta infrastruktur dalam rangka remote working.

Dalam hal ini, auditor internal tidak boleh memaksakan diri dalam melaksanakan audit yang sudah tidak relavan dengan prioritas manajemen saat ini dan mungkin sekali sudah tidak sesuai dengan profil perusahaan risiko yang dihadapi perusahaan.

Penulis disini hanya ingin memberikan beberapa tips dan teknik auditor internal dalam menghadapi laporan keuangan disaat pandemic sebagaimana untuk mencegah penyebaran covid-19 yaitu (1) dengan remote auditing, auditor melakukan seluruh atau sebagian prosedur audit secara jarak jauh, (2) melakukan review dokumen dan review analitis di kantor pusat sebelum mengunjungi klien sehingga auditor bisa menginterview pelaku proses dan observasi pelaksanaan proses di lokasi, (3) persediaan yang cukup untuk menuju new normal. Adanya upaya pencegahan tersebut untuk para auditor belum menjadi jaminan untuk bebas dari adanya virus yang masuk, tindakan tersebut hanya merupakan upaya penurunan risiko saja.

Pandemic covid-19 dapat menjadi titik balik dua arah bagi auditor internal. Kalau kita santai, pandemic dapat mengubah kita menjadi kurang produktif dan tidak selaras dengan strategi dan resiko perusahaan. Kalau kita sigap, pandemic dapat membuat kita menjadi produktif dan lebih berpikir kreatif dalam pengambilan keputusan dan penyelesaian masalah yang penting bagi perusahaan.

Pada masa krisis sekarang, audit internal menjadi peluang untuk menunjukkan kontribusinya dalam meningkatkan, melindungi serta menunjukkan kesigapannya dalam masa ini. Bagaimanapun, audit internal menjaga kesehatan sebagai hal utama yang harus diperhatikan dalam melakukan auditing.

Follow us onFollow JurnalPost on Google News Temukan di Google PlayTemukan di Google Play

Rekomendasi untuk anda

Terbaru

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini