27.4 C
Jakarta
Senin, Januari 18, 2021

Dampak Negatif Terlalu Sering Bermain Game Online

Penulis: Dicky/Mahasiswa IAIN Metro

JURNALPOST – Di zaman yang serba digital ini, bermain game online sering dijadikan opsi untuk melepas rasa penat. Tidak usah pergi ke luar rumah, hanya dengan gadget, seseorang bisa mengunduh jenis permainan yang disukai. Namun, tahukah Anda bahwa game online juga bisa berefek negatif pada kesehatan fisik dan mental kita? Berikut Beberapa Dampak Negatif Terlalu Sering Bermain Game Online

1. Malas
Aktivitas terlalu sering bermain game online membuat kita menjadi malas untuk melakukan aktivitas lainnya, contohnya ketika seorang anak sekolah yang seharusnya belajar dan mengerjakan tugas sekolahnya justru menjadi malas dikarenakan seringnya bermain game online yang membuat mereka terlalu asyik dengan apa yang mereka lakukan tersebut.

2. Mengabaikan keadaan sekitarnya

Akibat terlalu asyik dengan game online, seseorang akan merasa tidak peduli dengan keadaan sekitarnya karena terlalu memikirkan apa yang ada dihadapannya. Sehingga hal ini meyebabkan orang tersebut menjadi acuh tak acuh dan apatis terhadap keadaan sekitar sekalipun keadaannya sedang tidak memungkinkan.

3. Tidak peduli dengan orang terdekat

Seseorang yang terlalu asyik dengan dunianya sendiri akan memiliki sifat yang tidak simpati kepada orang lain, misalnya saat keluarga sedang berkumpul namun salah satu dari mereka terlalu asyik dengan game onlinenya, maka dia akan merasa tidak peduli dengan-orang orang yang ada disekitarnya karena dia sudah memiliki dunianya sendiri.

4. Mudah Emosi

Orang yang terlalu berlebihan saat bermain game akan merasa bahwa game merupakan prioritas utamanya, maka tak jarang ketika seseorang sedang bermain game lalu dia mengalami kekalahan maka dia akan marah marah dan berkata kasar bahkan tak jarang juga merusak benda-benda yang ada disekitarnya akibat tidak bisa mengendalikan amarahnya.

5. Gangguan kesehatan

Orang yang sehari-harinya hanya melakukan aktivitas duduk diam dan menatap layar gadget akan membuat kesehatannya menurun. Misalnya gangguan pada mata tentunya karena radiasi yang dipancarkan oleh gadget cukuplah berbahaya apabila terlalu sering menggunakannya dalam jangka waktu yang lama. Tak hanya itu, akibat terlalu asyik dengan game maka seseorang akan lupa waktu sehingga waktu istrahat dan waktu makan pun menjadi tersita yang mengakibatkan gangguan kesehatan.

Apabila kamu mengalami kecanduan game online dan kesulitan untuk keluar dari kebiasaan ini, kamu bisa menghubungi psikolog.

Berita terbaru

Berita Menarik Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini