32.1 C
Jakarta
20, April, 2024
JurnalPost.comBisnisBagaimana Mencari Layanan Design sprint yang Bisa Diandalkan?

Bagaimana Mencari Layanan Design sprint yang Bisa Diandalkan?

Layanan Design sprint

JURNALPOST – Agar seseorang atau suatu perusahaan bisa sukses, pastinya butuh yang dinamakan inovasi. Inovasi itu sendiri merupakan buah pikiran yang tersistematis guna mengatasi persoalan yang ada. Dan satu cara terbaik mencari solusi, juga inovasi, yaitu dengan melakukan metode design sprint.

Design sprint dinilai sebagai format terpercaya untuk memecahkan masalah di banyak perusahaan besar dalam jangka waktu singkat. Perusahaan raksasa seperti Google, Facebook, dan Apple sudah menjalankan design sprint dan menikmati sukses dengan metodologi ini.

Metode design sprint termasuk sistem paling praktis guna mencari ide atau solusi hingga 10 kali lebih cepat menurut satu sumber. Tapi mencoba menerapkan design sprint sendiri tidak disarankan, terlebih jika belum memiliki dasar yang cukup untuk mengaplikasikan.

Riset Layanan Design sprint Online

sprint Online

Satu cara termudah untuk mengetahui kualitas penyedia design sprint yaitu riset layanan secara online. Dalam melakukan riset, ada sejumlah kriteria yang harus diperhatikan. Antara lain seperti antarmuka website, ulasan pengguna, portofolio, dan individu dalam tim tersebut.

Kualitas dan profesionalitas layanan akan tercermin pada antarmuka website yang digunakan. Jika antarmuka terlihat kurang meyakinkan dengan navigasi kurang ramah misalnya, ada asumsi kuat bahwa layanan yang disediakan juga kurang berkualitas dan professional.

Ulasan pengguna juga bisa menjadi poin penilaian penting saat mencari penyedia design sprint. Saran, jangan masukkan pertimbangan untuk ulasan yang sudah terafiliasi dengan penyedia layanan, begitu juga dengan ulasan yang ada di website penyedia layanan.

Dalam di situs penyedia design sprint, biasanya ada satu laman khusus yang didedikasikan untuk menampilkan portofolio klien yang sudah ditangani. Kualitas klien juga bisa menjadi pertimbangan, dan semakin besar klien yang ditangani, design sprint yang ditawarkan kemungkinan bisa diandalkan.

Dalam menjalankan design sprint biasanya dilakukan oleh sebuah tim yang beranggotakan beberapa individu dengan pembagian tugas masing-masing. Siapa dan apa peran yang dimainkan, serta kualifikasi yang dimiliki, bisa cermati dan dimasukkan sebagai pertimbangan penting.

Punya Rencana Jelas

Design sprint merupakan metode terstruktur dan sistematis guna mencari solusi dan ide baru atas suatu masalah. Dari mulai pemetaan masalah dan proses menemukan solusi, tim design sprint biasanya memiliki rencana dan target yang jelas.

Penyedia design sprint professional pasti mampu menjelaskan ide yang dimaksud terkait langkah apa yang saja yang harus diambil. Rencana ini kemudian dituangkan secara konkrit dalam bentuk audio maupun visual guna memberi pemahaman lebih pada klien.

Pada proses pemaparan ide bisa dilihat, jika rencana bisa terjelaskan dengan proses penyampaian dengan baik tanpa ada interupsi, sangat mungkin eksekusinya berjalan baik. Tapi jika tidak menunjukkan sikap yang baik dan kurang cakap, sebaiknya ganti dengan yang lain.

Membaca Masalah dan Mencari Solusi

Mencari Solusi

Satu-satunya hasil yang diharapkan dari penerapan design sprint adalah solusi konkrit atas suatu masalah bisnis. Terkhusus untuk produk baru, tantangannya kian berat karena harus pandai membaca situasi konsumen, termasuk apa yang diharapkan dari produk baru tersebut.

Dalam jangka waktu pendek design sprint terbilang efektif mengatasi persoalan tersebut, terutama ekspektasi konsumen atas produk yang akan dikeluarkan. Konsumen pasti berharap bahwa produk tersebut harus bisa menjadi solusi atas kebutuhannya.

Dengan demikian bisa dilihat, penyedia design sprint harus mampu menakar masalah apa yang bakal dihadapi bisnis dan ekspektasi konsumen terhadap suatu produk, lalu menerjemahkannya dalam bahasa lugas yang mudah dibapahami klien.

Mampu Menghadirkan Data Penunjang

Dalam menghadirkan inovasi sebagai bagian dari solusi, penyedia layanan design sprint harus mampu meyakinkan klien atas apa yang akan dikerjakan. Dalam tahap demikian, data penunjang dapat dimanfaatkan sebagai bukti.
Data tersebut harus berisi tentang tingkat keberhasilan metode design sprint yang sudah dikerjakan, termasuk kekurangan jika ada. Selain data diri, penyedia design sprint juga harus mampu menyajikan data terkait persoalan bisnis yang sedang ditangani.

Design sprint dapat membantu mengatasi sejumlah persoalan terkait bisnis, tapi potensi ini hanya bisa dicapai jika menggunakan layanan design sprint yang bisa diandalkan, Sprinthink salah satunya. Sprinthink hadir untuk membantu bisnis agar berkembang dengan fokus pada manajemen inovasi, membangun pola pikir dan budaya baru melalui individu yang terlibat di dalamnya.
Ditulis oleh Ria A. Wijaya

Rekomendasi untuk anda

Jangan Lewatkan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini