32.5 C
Jakarta
26, April, 2024
JurnalPost.comCitizen ReporterPeduli Lingkungan, Mahasiswa KKN Adakan Giat Bersih Bersama

Peduli Lingkungan, Mahasiswa KKN Adakan Giat Bersih Bersama

Jurnalpost – Pepatah mengatakan bahwa kebersihan merupakan sebagian dari iman, oleh karena itu Mahasiswa Kulliah Kerja Nyata Dari Rumah ke-75 (KKN-dR 75) UIN Walisongo mengadakan kegiatan “Jumat Bersih” bersama.

Kegiatan yang melibatkan masyarakat beserta pemuda pemudi Dusun Kesuman 1, Desa Tuksongo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah tersebut dilaksanakan pada Selasa (17/11/20).

Kegiatan berlangsung selama setengah hari mulai pukul 08.00 sampai 12.00.

Adanya kegiatan giat bersih ini dilaksanakan guna menyambut perpisahan mahasiswa KKN yang akan mengakhiri masa pengabdiannya pada 19 November 2020. Beberapa pemuda dan mahasiswa KKN mendirikan tratak sebagai panggung perpisahan.

Kegiatan “Jumat Bersih” ini dilakukan di sepanjang jalan Dusun Kesuman 1 yang sering dilewati pengendara motor. Tak lupa anak-anak turun serta membantu jalannya kegiatan dengan membersihkan sampah-sampah yang berserakan di lapangan desa yang akan digunakan sebagai perpisahan dengan mahasiswa KKN.

“Rasanya baru kemarin saya datang ke Dusun Kesuman 1 untuk pengabdian, sekarang sudah mau perpisahan saja. Time flies so fast. Kegiatan hari ini merupakan wujud terakhir pengabdian kami disini. Banyak sekali kenangan yang terukir dan saya mengucapkan terimakasih atas partisipasi warga dan bantuannya selama kami melaksanakan pengabdian disini”, tutur Riskiyah mewakili Kelompok 129.

Kegiatan bebersih ini mendapat sambutan hangat dari salah satu warga Dusun Kesuman 1.

“kerja bakti ini bukan hanya karena aka nada perpisahan dengan mahasiswa KKN, tetapi mereka juga berinisiatif mengajak para warga untuk bersih-bersih jalanan desa. Rasanya kegiatan disini terasa hidup kembali karena para mahasiswa aktif sekali mengadakan berbagai kegiatan. Terimakasih atas pengabdiannya ya, nak. Saya bersyukur sekali bisa dipertemukan dengan anak-anak”, ujar Sutinah salah satu warga Dusun Kesuman 1.

Oleh: Nina Nuraina (Kelompok 129 KN DR 75 UIN Walisongo Semarang)

Rekomendasi untuk anda

Jangan Lewatkan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini