24 C
Jakarta
Kamis, Mei 6, 2021

Masyarakat Minta Keadilan Lebih di Tegaskan

JURNALPOST – Keadilan merupakan pengakuan dan perlakuan yang seimbang sesuai hak dan sesuai dengan kewajibannya. Keadilan termuat dalam Undang Undang Dasar dan Pancasila. Pada sila ke-5 Pancasila terdapat keadilan sosial , yaitu ialah keadilan itu harus selalu diberikan secara menyeluruh dan sama rata untuk seluruh rakyat Indonesia, baik dari sosial, ekonomi, agama, politik, dan yang lainnya.

Berdasarkan hal tersebut, keadilan ialah suatu prinsip yang bersifat universal. Keadilan sangat berpengaruh dan penting bagi kehidupan manusia. Seperti pada pasal 28D Ayat 1, pasal tersebut berbunyi: “Setiap orang berhak atas pengakuan, jaminan, perlindungan, dan kepastian hukum yang adil serta perlakuan yang sama di hadapan hukum”.

Di Indonesia, keadilan belum ditegakkan secara maksimal. Banyak dari masyarakat kelas bawah masih belum merasakan makna dari keadilan tersebut. Khususnya dalam keadilan hukum. Dalam suatu negara, keadilan merupakan suatu hal yang harus diperhatikan, agar rakyatnya merasa diperlakukan secara adil dan sama rata.

Saya Dhea Wandira mahasiswi Universitas Islam Negri (UIN) Raden Fatah Palembang dengan jurusan Ilmu Perpustakaan sedang melaksanakan tugas kuliah Pancasila yang dibimbing oleh Ibu Nurmalia Dewi, M.Pd. melakukan wawancara tentang “Pemahaman Nilai Sila Ke-5 Pancasila” bersama masyarakat dengan berbagai profesi seperti Guru, Mahasiswa/i, Pedagang, Perawat, Taruna, dan Ibu Rumah Tangga. Wawancara saya berlokasi di kota Palembang.

Mereka sepakat bahwa keadilan sosial di Indonesia belum maksimal di terapkan oleh pemerintah dan masyarakat. “Keadilan di Indonesia belum sepenuhnya terwujud karena masih adanya kekurangan dari pemerintah dan masyarakat itu sendiri,” kata Shantya Adeline Putrisha Mahasiswi Universitas Sriwijaya, pada hari Sabtu (09/01/2021).

Menurut saya, “keadilan sosial belum sepenuhnya sempurna di Indonesia oleh karna sudah bisa kita lihat masih ada hukum yang tajam kebawah tapi tumpul ke atas yang hanya bisa menindas rakyat kecil yang kurang mampu dan sangat berbanding terbalik dengan para koruptor maupun rakyat yang mampu,” kata FJ, Kamis (07/01/2021).

Penerapan sila ke-5 Pancasila di Indonesia menurut saya, “Belum terwujud jauh sekali, karena kita lihat sekarang ini yang diperhatikan lebih ke orang kelas atas dari pada orang kelas bawah,” Ujar Bapak Said pedagang mie tek-tek, pada hari sabtu (02/01/2021). Seperti jawaban para responden yang sudah saya wawancarai, mereka sangat merasa belum mendapat keadilan yang seharusnya diterapkan sesuai dengan Undang-Undang dan Pancasila.

Beberapa saran agar keadilan di Indonesia dapat terwujud menurut saya, “mari baik pemerintah rakyat Indonesia dan semua yang ada di Indonesia kita mulai membangun kesadaran untuk saling membantu untuk saling memikirkan satu sama lain dan teruntuk hukum yang ada di Indonesia kita harapkan agar bisa lebih tegas dalam menindak kesalahan-kesalahan yang diperbuat dengan tidak memandang siapapun orangnya mungkin bila itu bisa terlaksana maka keadilan sosial di Indonesia bisa berjalan dengan baik,” kata FJ. “memberikan wawasan pancasila disemua media,” ujar Karina Anggraini Guru SD, pada hari Minggu (17/01/2002).

Jadi, dapat saya simpulkan bahwa keadilan sosial di Indonesia ini memang belum sepenuhnya terwujud baik dari masyarakat maupun dari pemerintah. Negara dan pemerintah harus menyadari akan kewajibannya untuk lebih memperhatikan dan peduli terhadap hak tiap warganya. Perlindungan terhadap hukum perlu ditingkatkan dan ditegaskan, demi kemajuan hukum di Indonesia agar tercipta rasa aman dan tentram.

Berita terbaru

Berita Menarik Lainnya

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Masuk

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Masuk

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.