27.2 C
Jakarta
Jumat, Februari 26, 2021

Gak Percaya Diri di Sosial Media? Ini Obatnya!

Penulis : Clarissa Christabel

JURNALPOST – Insecure? apa sih insecure itu?Nah buat kalian yang tidak tahu apa itu insecure, semisal, kalian merasa bahwa ada orang lain yang “lebih” dari kalian,dan kalian merasa tidak pede. Contoh, kalian pandai bermain musik,lalu kalian melihat di aplikasi tik tok ada seseorang yang hebat bermain musik juga.Kalian berpikir bahwa kalian lebih jelek daripada orang yang ada di aplikasi tik tok tersebut.Secara tidak langsung,kalian lagi ada di masa “insecure” loh.Wajar terjadi insecure karena semua orang yang memiliki perasaan.Sangat banyak yang mempunyai masalah hanya karena gaya berpakaian atau tempat yang kurang memadai untuk berfoto.

Maraknya sosial media sekarang,membuat hampir seluruh masyarakat di Indonesia ikut bermain sosial media.Hal tersebut,membuat beberapa orang juga ada yang insecure atau gak percaya diri dengan penampilannya karena “kalah cantik atau ganteng” dengan yang lain. Padahal, semua manusia memiliki keistimewaannya sendiri sendiri.Insecure yang terlalu lama apalagi sampai menjadi kebiasaan sehari hari,akan membuat perasaan dan pola pikir serta mental kita menjadi mudah bermasalah.

Tuhan menciptakan kita dengan keunikan kita sendiri sendiri.Dalam hubungan pun,jika kita sering insecure atau tidak percaya diri,akan membuat jalannya hubungan juga mudah goyah.Waktu yang seharusnya bisa kita manfaatkan dengan baik dan positif, menjadi terhalang hanya karena kita yang tidak pede akan berbagai hal..Berikut adalah tips buat kalian yang gak pede di depan umum khususnya sosial media.

1. Bersyukur

Yang pertama,kita harus bisa bersyukur dulu dengan apa yang ada dalam diri kita.Kita hidup di dunia yang banyak sekali orang dengan pandangannya masing masing.Mungkin ada orang yang menganggap kita jelek,tapi jangan salah,ada juga orang yang suka dengan diri kita dan penampilan kita. Bahkan, mereka juga bisa terkagum kagum dengan kita. “Insecure” atau tidak percaya diri muncul hanya karena pikiran kita saja yang mungkin “kurang” bersyukur. Jadi, kita harus bisa banyak banyak bersyukur ya!

2. Jangan bandingkan diri kita dengan orang lain

Yang kedua ini,mirip dengan yang pertama yaitu bersyukur.Tapi disini,kita harus bisa belajar juga untuk tidak membandingkan diri kita dengan orang lain.Ada pepatah,” Di atas langit,masih ada langit”, artinya, di atas kita pasti masih banyak yang lebih dari kita.Tapi ingat, kita juga ada di atas beberapa orang lainnya.Apalagi,di media sosial tentu sangat berpengaruh dengan tingkatan “insecure” kalian.Contoh, kalian merasa bahwa diri kalian gendut karena kalian melihat di instagram ada orang lain yang “body goals”.Padahal,masih ada yang “lebih” gendut daripada kalian.

3. Fokus pada kelebihan

Nah,fokus yang dimaksud,bukan artinya kita tidak memperbaiki apa yang jelek ya.Fokus disini yaitu kebanggaan terhadap diri sendiri.Bukan sombong,tapi kita harus merasa bahwa diri kita itu istimewa juga.Contoh,kamu suka bernyanyi,keluarga dan teman teman sangat mendukungmu.Itu harus dibanggakan karena kamu istimewa bagi mereka. Tingginya pengaruh dari sosial media,juga harus bisa dimanfaatkan dengan baik misal menunjukkan bakat kita.

4. Pilihlah teman yang tepat

Teman dan lingkungan sekitar juga sangat berpengaruh dengan kehidupan kita.Teman teman yang mendukung dan teman teman yang “toxic” tentu sangat terlihat bedanya.Contoh,kalian mengunggah foto di sosial media,teman teman kalian memuji kalian dengan mengatakan kalian cantik/ganteng,tentu kalian sangat bahagia dan tambah percaya diri bukan?Bandingkan dengan teman yang toxic dengan berkata misal,”Kelihatannya di foto itu kamu terlalu kelihatan gendut deh,hapus saja”.Dukungan dari orang sekitar juga berpengaruh dengan kepribadian kalian.Bukan “tidak berteman” tapi “menghindari” saja.Ada juga pepatah “lebih baik menghindar daripada mengobati”

5. Bahagia adalah obat

Last but not least, ini tips yang ampuh juga buat kalian yang insecure.Sosial media sendiri,sangat banyak fungsinya.Bisa untuk menunjukkan bakat,dan tentu bisa juga sebagai tempat kita meluapkan kebahagiaan sehari hari kita.Ada juga pepatah yang bilang “bahagia adalah obat”.Itu benar sekali,mengapa? Kebahagiaan sendiri,membuat kita bisa percaya diri dan bisa berpikir,”Oh,aku bisa tersenyum setiap hari,dengan kehadiran semua orang yang menyayangiku.” Bahagia bisa kita dapat juga dari kita melakukan berbagai kegiatan yang beragam.Contohnya,berbelanja,berolahraga,kuliner,dan sebagainya.

Buat kalian yang masih sering merasa insecure.Ingat! Kalian itu istimewa! Kalian punya ciri khas dan kelebihan yang belum tentu orang lain punya!Jangan berlarut larut tidak percaya diri ya! Karena hal itu tidak baik untuk kehidupan dan mental diri kita. Semoga bermanfaat!

Berita terbaru

Berita Menarik Lainnya

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini