32.5 C
Jakarta
25, April, 2024
JurnalPost.comPendidikanSosialisasi Menanamkan Kebiasaan Gemar Menabung Sejak Dini

Sosialisasi Menanamkan Kebiasaan Gemar Menabung Sejak Dini

Mahasiswa KKN R-DR 75 UIN walisongo Semarang adakan kegiatan Sosialisasi menabung bersama anak-anak, Minggu (01/11/2020

Semarang, JurnalPost – Menabung adalah salah satu cara dalam mengelola keuangan dengan menyisihkan sebagian uang yang dimiliki untuk disimpan sehingga dapat digunakan untuk kebutuhan masa depan atau sebagai alat berjaga-jaga saat ada kebutuhan yang mendesak. Kegiatan menabung bukanlah hal yang mudah karena gaya hidup yang konsumtif. Maka dari itu penting untuk menanamkan kebiasaan gemar menabung sejak dini. Dampaknya akan terasa ketika telah dewasa, lebih mudah untuk berhemat serta dapat mengatur keuangan dengan baik. Dan menabung bukan lagi menjadi beban tetapi menjadi kebiasaan baik untuk masa depan.

Mahasiswa KKN UIN Walisongo Semarang, Humaira Az Zahra prodi akuntandi Syariah, mengadakan sosialisasi menamkan kebiasaan gemar menabung sejak dini. Sosialisasi tersebut dilaksanakan di Balai RW 12 Perum. Beringin Kelurahan Wonosari, Kecamatan Ngaliyan Dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Sosialisasi ini diikuti oleh anak-anak yang umumnya masih duduk dibangku SD. Kegiatan tersebut bertujuan untuk mengajarkan kebiasaan gemar menabung agar anak menjadi pribadi yang hemat dan tidak menghambur-hamburkan uang serta dapat membedakan antara keinginan dan kebutuhan.

”kebiasaan baik tidak lepas dari manfaat baik yang mengikutinya. Begitu pula dengan menabung. Anak-anak perlu diajarkan bagaimana agar menabung bukan menjadi beban namun suatu kebiasaan yang baik untuk masa depan, menjadikan pribadi yang hemat dan tidak mengahambur-hamburkan uang. Mengapa sejak kecill harus belajar menabung? Karena penting agar bisa membedakan mana yang kebutuhan dan keinginan dari sekarang agar tidak boros. Nah dengan mengajarkan menabung sejak dini, mereka menjadi terbiasa untuk menjadi disiplin dengan dirinya sendiri secara financial” Terang Humaira.

Kegiatan Sosialisasi ini menyampaikan pengertian dan manfaat menabung serta membagikan tips menabung yang mudah untuk anak-anak. Tidak hanya mensosialisasikan tapi juga memberikan celengan gratis untuk anak-anak agar langsung dapat memperaktekannya dirumah masing-masing.
Kegiatan sosialisasi ini disambut baik oleh anak-anak, salah satunya Popi (9) kelas 3 SD Kanisius Beringin “kegiatan ini sangat menyenangkan, saya menjadi tau tips menabung yang mudah” tuturnya. Begitupula dengan Fatimah (8) kelas 2 SD Tambkaji 03 “Saya jadi semangat menabung karena ternyata memiliki banyak manfaat yang diperoleh. Terimakasih tips nya sangat membantu sekali” ungkapnya dengan wajah sumringah.

Dengan adanya kegiatan sosialisasi ini diharapkan agar anak-anak dapat mengetahui pentingnya menabung dengan begitu mereka tertarik untuk menabung sehingga kegiatan tersebut dapat menumbuhkan kebiasaan gemar menabung hingga dewasa kelak.

Penulis: Humaira Az Zahra

Rekomendasi untuk anda

Jangan Lewatkan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini