33.8 C
Jakarta
27, April, 2024
JurnalPost.comBerita TegalSMK AL-Irsyad Tegal Adakan Pelatihan E-Raport

SMK AL-Irsyad Tegal Adakan Pelatihan E-Raport

SMK AL-Irsyad

TEGAL, JURNALPOST – Di era globalisasi untuk menggunakan segala sesuatu yang berdasarkan pada hal-hal elektronik adalah sebuah kebutuhan. Alasan utamanya adalah dapat membantu dan meningkatkan kinerja.

Setiap instansi baik pemerintahan maupun swasta telah menggunakan aplikasi dengan dasar elektronik.

Tujuannya adalah agar dapat mengolah data dengan mudah dan cepat. Tidak ketinggalan dalam bidang pendidikan pun sering menggunakan aplikasi perangkat lunak untuk membantu kinerja para pendidik dan tenaga kependidikan.

Raport merupakan dokumen yang tidak dapat dilepaskan dari instansi yang bergerak di bidang pendidikan. Untuk proses pembuatan atau pengerjaan raport banyak cara di lakukan, mulai dari proses yang manual sampai dengan proses yang menggunakan perangkat lunak.

Untuk itu dibutuhkan perangkat lunak yang dapat membantu menyelesaikan masalah tersebut. Maka, dengan melihat fakta-fakta di atas, jelaslah dibutuhkan suatu sarana yang dapat mengimbangi dan meningkatkan kinerja para guru dan karyawan pada instansi pendidikan khususnya sekolah.

Sebuah Aplikasi raport elektronik (e-raport) diharapkan dapat menjawab kebutuhan ini.
Bertempat di ruang praktek siswa SMK Al-Irsyad Tegal dengan Narasumber Endri Irmawan,S.Pd, pada hari Kamis, (5 Desember 2019) di adakan pelatihan penggunaan E-Raport

“Denga tujuan optimalisasi Penggunaan Aplikasi Pengolahan Raport yang dapat di link kan ke Dapodik” ungkap Kepala Sekolah Refly Fauzan,S.Pd.I dalam sambutannya.

Tujuan dari pelatihan ini adalah :Wali kelas dan guru mata pelajaran dapat melakukan pengolahan nilai raport dalam waktu yang singkat, memudahkan dalam mendeskripsikan setiap mata pelajaran yang ada, mengintegrasikan nilai-nilai setiap aspek penilaian, meminimalisir kesalahan penulisan seperti pada penulisan raport manual,serta dapat melakukan perbaikan jika terdapat kekeliruan data pada penilaian.

” Hasil yang diharapkan dari kegiatan pelatihan tersebut adalah Guru dapat menggunakan aplikasi dengan baik, dapat mensingkronkan dokumen penilaian harian, penilaian tengah semester,tugas siswa serta penilaian akhir semester ke dalam aplikasi raport, dapat menginput data-data siswa secara lengkap ,serta dapat membuat laporan hasil belajar dengan akurat” ungkap Yaskuri S.KOM selaku Waka Kurikulum. (yudit)

Rekomendasi untuk anda

Jangan Lewatkan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini