24 C
Jakarta
Kamis, Mei 6, 2021

Pembagian Masker Kepada Anak-anak Sekolah dasar Desa Buket Selamat

JURNALPOST – Dalam program kuliah pengabdian masyarakat (KPM) oleh mahasiswa  Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa, untuk mendukung program pemerintah pusat dan pemerintah daerah dalam upaya pencegahan penyebaran virus corona (Covid 19) dengan cara membagikan masker untuk anak-anak sekolah dasar (SD) desa buket selamat. Karena penggunaan masker merupakan salah satu upaya untuk mencegah pandemi Virus Corona di era Adaptasi Kebiasaan Baru yang masih kita jalani sampai saat ini.

Covid-19 adalah penyakit menular yang disebabkan oleh jenis coronavirus yang baru ditemukan. Penyakit covid-19 pertama kali ditemukan di kota Wuhan, China, bulan Desember 2019. Covid ini sekarang menjadi sebuah pandemi yang terjadi di banyak Negara di seluruh dunia.

Secara umum, ada tiga gejala umum yang bisa menandakan seseorang terinveksi virus corona yaitu:

  • Demam
  • Batuk kering
  • Sesak nafas

Beberapa protokol kesehatan yang ditetapkan oleh pemerintah, yaitu 5M adalah sebagai berikut:

  • Memakai masker
  • Mencuci tangan
  • Menjaga jarak
  • Menjahui kerumunan, dan
  • Membatasi interaksi.

Cara yang bisa dilakukan untuk mencegah tertularnya virus corona ini adalah dengan menjaga kesehatan dan kebugaran. Mencuci tangan secara teratur menggunakan air dan sabun mencuci tangan sampai bersih selain dapat membunuh virus yang mungkin ada di tangan kita, tindakan ini juga merupakan salah satu tindakan yang mudah dan murah, sekitar 98% penyebaran penyakit bersumber dari tangan. Karena itu, menjaga kebersihan tangan adalah hal yang sangat penting. Ketika batuk dan bersin, tutup hidung dan mulut anda dengan tisu. Gunakan masker penutup mulut dan hidung ketika anda berada di tempat umum atau anda sakit. Dan buang masker yang sudah digunakan  ke tempat sampah, lalu cuci tangan anda.

Tujuan menggunakan masker adalah menjaga paru-paru terhindar dari polusi, mencegah wajah terpapar dari sinar matahari berlebihan, mencegah penularan penyakit, penggunaan masker saat berpergian di luar dapat mencegah seseorang dari penyakit yang ditularkan melalui udara seperti virus corona. Selain itu, menggunakan masker bisa menghindari kita dari penyakit flu, batuk dan lain-lainnya.

Maka dari itu menggunakan masker dalam kehidupan sehari-hari sangatlah penting, apalagi ditambah dengan kondisi pandemic saat ini yang mengharus kita memakai masker saat berada di luar. Jadi untuk terhindar dari virus corona mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa,  Dalam program kuliah pengabdian masyarakat (KPM) membagikan masker kepada anak-anak sekolah dasar (SD) Buket Selamat, Sungai Raya.

Harapan dengan adanya program ini merupakan agar anak-anak tersebut lebih memerhatikan kesehatan diri dan lingkungan terdekat dengan cara memakai masker dan dengan cara merawat masker dengan baik.

Jurnalpost.com adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis. Berita ini dibuat dengan formulir pengiriman. Silahkan login untuk memulai menulis!

Berita terbaru

Berita Menarik Lainnya

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Masuk

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Masuk

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.