32.5 C
Jakarta
26, April, 2024
JurnalPost.comCitizen ReporterMahasiswa Unipdu Jombang Lakukan Pendampingan serta Pengembangan UKM Tempe

Mahasiswa Unipdu Jombang Lakukan Pendampingan serta Pengembangan UKM Tempe

Jurnalpost – Kuliah Pengabdian Masyarakat Mandiri Universitas Pesantren Tinggi Darul ‘Ulum Jombang (KPM Mandiri Unipdu) merupakan manifestasi dan implementasi kongkrit pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi. KPM Mandiri Unipdu harus diikuti oleh semua mahasiswa program S-1. Orientasi pelaksanaan KPM Mandiri Unipdu merujuk pada dua unsur pokok yang terdapat dalam Tridharma PT yakni pembelajaran bersama masyarakat dan pengabdian kepada masyarakat.

KPM Mandiri Unipdu bertujuan untuk mengimplementasikan keilmuan para mahasiswa di tengah masyarakat serta membantu pemerintah daerah dalam meningkatkan sumber daya manusia yang handal, dan kompeten di era globalisasi. Namun dikarenakan adanya pandemi Covid-19 yang tidak memungkinkan mahasiswa melaksanakan kegiatan Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) seperti biasanya, oleh karena itu mahasiswa melaksanakan KPM di daerah tempat tinggal masing-masing.

Saya Lailatul Mubayyinah salah satu mahasiswa Unipdu Jombang melaksanakan KPM Mandiri 2020 di Dusun Gendong Desa Watugaluh Kecamatan Diwek Kabupaten Jombang Jawa Timur yang tepatnya di UKM Tempe milik Bapak Soleh dengan melakukan pendampingan pengembangan produk. Selama ini beliau belum merasakan tidak ada kendala sama sekali dalam proses produksinya. Kita harus mengetahui situasi cuaca yang dialami. Biasanya setiap harinya dapat memproduksi tempe sebanyak 22kg kedelai dengan adanya pandemi covid-19 sehingga mengalami penurunan 5kg dalam produksi. Meskipun sekarang juga kedelai sedang mengalami kenaikan, namun tetap mementingkan kualitas pada usaha tempe tersebut, ujar Pak Soleh.

Pada dunia industri dapat bersaing secara kompetitif. Perlunya para pelaku usaha yang ingin berinovasi dan berfikir dalam mengembangkan suatu produk yang telah ditekuni sehingga produk yang dihasilkan dapat diterima di kalangan masyarakat. Seperti artikel sebelumnya kita sudah membahas mengenai bahan baku beserta peralatan yang diperlukan hingga cara pembuatan tempe yang memiliki kualitas yang baik. Terkadang ada beberapa orang yang sudah merasa bosan dan binggung cara mengolah tempe yang tidak hanya di goreng saja. Mahasiswa Unipdu Jombang memberikan inovasi dengan memberikan ide pembuatan Nugget Tempe. Dimana Nugget Tempe sangat digemari banyak kalangan mulai anak-anak, remaja hingga orang tua. Nugget Tempe bisa dijual dalam posisi masih setengah jadi dan dapat disimpan dalam pendingin kita tinggal menggoreng sesuka hati selama kita ingin menyajikannya.

Setelah pengembangan inovasi serta label untuk produk Nugget Tempe di UKM milik Bapak Soleh, saya juga memberikan cara packaging yang lebih menarik perhatian para konsumen menggunakan box atau plastik tebal agar terlihat lebih rapi. Adanya pengembangan tersebut diharapkan dapat mendorong penjualan produk, sehingga dapat menambah penghasilan yang lebih serta dapat memajukan usaha industri rumahan. Semoga pendampingan yang saya lakukan dapat bermanfaat khususnya bagi UKM Bapak Soleh sebagai tempat melakukan KPM Mandiri Unipdu 2020.
#kpmmandiriunipdu2020
#kpm2020
#kpmunipdu2020
#unipdujombang
#KPM-M,MahasiswaUnipduMelakukanPendampingandanPengembangandenganMenciptakanProdukTambahanUKMTempe_LailatulMubayyinah_3117068_FBB_AdministrasiBisnis.

Rekomendasi untuk anda

Jangan Lewatkan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini