28.3 C
Jakarta
27, April, 2024
JurnalPost.comBeritaMahasiswa KKN UNS Melakukan Digitalisasi Administrasi BUMDes Bangun Mulyo

Mahasiswa KKN UNS Melakukan Digitalisasi Administrasi BUMDes Bangun Mulyo

Sosialisasi instalasi dan penggunaan aplikasi

JurnalPost.com
Dalam era digital yang terus berkembang, adaptasi teknologi menjadi salah satu kunci penting bagi kemajuan berbagai sektor, termasuk di lingkungan pedesaan. Hal ini tercermin dari upaya Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) 2024 Kelompok 126 Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta dalam mengembangkan BUMDes “Bangun Mulyo” Desa Karangbangun, Kecamatan Matesih, Karanganyar.

Dalam rangka mewujudkan tema KKN, Pendampingan BUMDes, kelompok KKN 126 UNS 2024 mencetuskan program kerja berupa “Digitalisasi Administrasi BUMDes”. Aditya Bagus Pratama, sebagai penanggungjawab program kerja dan anggota kelompok KKN 126 UNS dari jurusan S1 Informatika, menjelaskan bahwa pemilihan proker “Digitalisasi Administrasi BUMDes” tidak hanya didasarkan pada latar belakang masalah yang dihadapi oleh BUMDes, tetapi juga karena kesesuaian dengan keahlian dan latar belakang yang dimilikinya.

“Kami melihat bahwa tantangan administrasi yang dihadapi oleh BUMDes “Bangun Mulyo” dapat diatasi dengan adanya solusi teknologi. Sebagai mahasiswa Informatika, saya melihat bahwa penggunaan sistem informasi dapat menjadi solusi efektif untuk mengatasi proses administrasi yang masih dilakukan secara manual,” ungkap Aditya.

Melalui sebuah aplikasi berbasis Laravel yang dibangun dalam waktu 39 hari, BUMDes “Bangun Mulyo” kini memiliki sistem informasi yang memudahkan proses pendataan, perbendaharaan, serta penerbitan dokumen seperti kwitansi dan berita acara peminjaman. Dengan adanya sistem ini, proses administrasi yang sebelumnya dilakukan secara manual dapat diotomatisasi, meminimalisir kesalahan dan meningkatkan efisiensi.

Proses pengembangan aplikasi dimulai dengan melakukan Requirement Gathering bersama para staf BUMDes pada tanggal 18 Januari 2024, untuk memastikan bahwa fitur-fitur yang dibangun sesuai dengan kebutuhan bisnis. Selanjutnya, melalui komunikasi intensif dengan para stakeholder, aplikasi berhasil dirancang dan dibangun dengan baik. Pada tanggal 28 Februari 2024, dilakukan sosialisasi penggunaan aplikasi yang dihadiri oleh seluruh staf BUMDes dan perwakilan anggota kelompok KKN 126 UNS 2024.

Penyerahan buku petunjuk teknis ke pihak BUMDes.

Dalam kesempatan sosialisasi itu, semua fitur aplikasi beserta cara penggunaannya disampaikan secara lengkap. Setelah itu, aplikasi pun diinstal di laptop staf BUMDes, sementara buku petunjuk teknis penggunaan aplikasi diserahkan sebagai panduan. Respons positif pun datang dari staf BUMDes, yang mengakui bahwa kehadiran aplikasi ini sangat membantu mempermudah dan mempercepat kegiatan administrasi mereka.

Dengan terwujudnya program “Digitalisasi Administrasi BUMDes”, bukan hanya efisiensi yang ditingkatkan, tetapi juga memberikan gambaran bagaimana teknologi dapat menjadi katalisator bagi pembangunan di tingkat lokal, khususnya dalam pemberdayaan BUMDes. Langkah ini sekaligus menjadi contoh bagaimana mahasiswa sebagai agen perubahan dapat memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat melalui inovasi teknologi.

Untuk diketahui, mahasiswa KKN UNS 2024 Kelompok 126 terdiri dari 8 personel, yang masing-masing memiliki role dalam tim. Personel tersebut adalah Aditya Bagus Pratama sebagai PDD dari jurusan S1 Informatika, Rendy Tri Saputro sebagai ketua dari jurusan S1 Teknik Sipil, Kavita Shafa Annisa sebagai sekretaris dari jurusan Kedokteran, Handi Izzudin sebagai logistik dari jurusan teknik mesin, Anzilla Iga Wardani sebagai PDD dari jurusan Kriya Seni, Maulana Arbi Bantara sebagai bendahara dari jurusan pendidikan teknik mesin, Syahfirman Virga Harsono sebagai humas dari jurusan teknik mesin, dan Muhammad Naufal Refi sebagai humas dari jurusan Sastra Indonesia.

Rekomendasi untuk anda

Jangan Lewatkan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini