30.6 C
Jakarta
26, April, 2024
JurnalPost.comKesehatanCara Mengelola Emosi dan Stress di Masa Pandemi

Cara Mengelola Emosi dan Stress di Masa Pandemi

Pandemi
Peduli Kondisi Kesehatan Mental Remaja di Masa Pandemi, KKN UIN Walisongo Berikan Sosialisasi Mengenai Cara Mengelola Emosi dan Stress

JURNALPOST – Almira, salah satu anggota kelompok 65 KKN 75 UIN Walisongo Semarang memberikan sosialisasi mengenai kesehatan mental di Panti Asuhan Kafayatul Yatama, Kecamatan Ngaliyan, Kota Semarang pada Minggu (25/10) kemarin. Sosialisasi dilakukan dengan konsep sharing session, yang diberi judul “Sharing Session Kesehatan Mental : Cara Mengelola Emosi dan Stress di Saat Krisis”. Peserta yang hadir pada sosialisasi ini kurang lebih sebanyak 12 peserta yang masih duduk di bangku SMP-SMA.

Topik ini dipilih karena mudah diterapkan dan mudah dipahami oleh remaja dalam menjaga kesehatan mental dan meningkatkan ketahanan diri dalam menghadapi krisis pandemi saat ini. Dalam sesi ini juga dilaksanakan latihan nafas, menulis jurnal reflektif dan penyerahan buku kesehatan mental untuk ditempatkan di perpustakaan panti.

Cakupan materi yang disampaikan pada sesi ini antara lain : Pemahaman terhadap kesehatan mental secara umum, Pemahaman terhadap emosi dan cara mengelolanya, pemahaman terhadap stress dan cara mengelolanya.

Latihan nafas yang diajarkan ada 3, yaitu : Teknik pernafasan perut, teknik pernafasan 4-7-8, dan butterfly hug. Latihan tersebut berfungsi untuk menenangkan diri ketika merasakan gelombang emosi yang tak karuan agar dapat memberikan respon perilaku yang lebih baik dan tidak merugikan. “Rasanya tenang, nyaman, besok akan saya praktikan sendiri”, ucap Mili Salah satu peserta sosialisasi.
Latihan menulis jurnal reflektif bertujuan untuk memahami apa yang diri rasakan dan butuhkan. Ini adalah salah satu cara yang memudahkan diri dalam menyelesaikan permasalahan yang ada. Juga sebagai media katarsis emosi yang sehat. Setelah sesi ini berlangsung, salah satu peserta bernama Laila menuturkan “Rasanya lega, karena uneg-uneg nya bisa dikeluarin semua”.

Buku yang diserahkan pada sesi ini berjudul “The Things You Can See Only When You Slow Down : Cara untuk Tetap Tenang dan Berkesadaran di Tengah Dunia yang Serbacepat” karya Henim Sunim. Buku ini dipilih karena masih ada kaitannya dengan materi yang disampaikan, yaitu tentang cara mengelola emosi dan stress. Dan harapannya dapat membantu peserta sosialisasi dalam memahami materi sosialisasi yang telah diberikan.

Selain sosialisasi mengenai kesehatan mental, sebelumnya juga dilakukan 2 sesi sosialisasi lainnya mengenai cara penggunaan masker yang benar serta perawatan masker oleh Syafira dan cara cuci tangan dengan sabun yang benar oleh Adilla, yang juga anggota kelompok 65 KKN 75 UIN Walisongo Semarang. Ketiga sesi sosialisasi ini dilakukan dari pukul 10.00 WIB hingga 12.00 WIB.

Rekomendasi untuk anda

Jangan Lewatkan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini