24 C
Jakarta
Kamis, Mei 6, 2021

Beragam Aspek, Ciri, Dan Fungsi Attitude Dari Sudut Pandang Psikologi

Penulis: Salsabilla Irwanda

JURNALPOST – Setiap orang hidup di dunia pasti akan selalu bertemu dan berhadapan dengan orang lain. Ini menjadi sebuah hal yang wajar bagi setiap manusia karena mereka merupakan makhluk sosial. Dimana pada dasarnya sebagai makhluk sosial mereka tidaklah akan pernah lepas dari interaksi yang dilakukan dengan orang lain. Dapat dikatakan bahwa sebagai makhluk sosial setiap manusia membutuhkan orang lain didalam kehidupannya. Sehingga mereka dapat berfungsi sebagai manusia seutuhnya dalam pandangan sosial yang seharusnya.

Interaksi yang dilakukan diantara manusia satu dengan yang lainnya pasti akan memunculkan respon yang kemudian dicerna oleh mereka. Pada dasarnya sebuah informasi akan dicerna oleh kognitif untuk dipikirkan terkait dengan makna dari informasi tersebut. Hingga kemudian pemikiran yang ada di kepala setiap manusia tentunya akan memunculkan sikap yang akan mereka tampakkan di dunia sosialnya. Sikap inilah yang kemudian akan mengarahkan perilaku dari orang tersebut dan pastinya ini menjadi sebuah hal yang sangatlah krusial.

Sikap atau attitude sendiri pada dasarnya memiliki dua macam karakteristik yang berbeda antara satu dengan yang lainnya. Dua macam sikap tersebut tentunya adalah sikap sosial dan juga sikap individual yang pastinya ditunjukkan oleh setiap orang secara berbeda. Sikap sosial tentunya akan ditunjukkan oleh setiap orang didalam dunia sosialnya dan hal tersebut dilkukan secara berulang ulang sehingga menimbulkan kebiasaan. Sedangkan, sikap individual sendiri hanyalah berkaitan dengan pilihan mengenai suka atau tidak suka terkait dengan suatu objek.

Fungsi attitude sendiri pada dasarnya sangatlah penting dalam membentuk kebiasaan setiap orang. Sikap atau attitude sendiri merupakan sebuah kecenderungan yang dipilih oleh seseorang untuk melakukan sesuatu hal ataupun tidak. Sikap sendiri bisa dikatakan sebagai kesediaan atau tidak tehadap untuk bertindak atau beraksi terhadap suatu objek. Sikap sendiri merupakan sebuah penentu pada perbuatan yang akan dilakukan oleh setiap individu selanjutnya. Sikap pada dasarnya akan selalu mengarah pada suatu objek, jadi bisa dikatakan tanpa adanya objek tidak akan muncul sikap. Lebih lanjut mari kita simak bersama mengenai beragam ciri, karakteristik, serta fungsi dari sikap yang harus dipahami.

Berikut Adalah Aspek, Ciri, Dan Fungsi Attitude Yang Harus Dipahami

Aspek-aspek attitude

Setidaknya terdapat tiga aspek yang dapat menggambarkan bagaimana sikap atau attitude yang pada dasarnya menjadi bagian dari pembelajaran psikologi. Aspek kognitif tentunya menjadi yang pertama dari ketiga aspek yang harus benar benar dipahami. Aspek kognitif sendiri pada dasarnya berkaitan dengan bagaimana orang berfikir yang didapatkan dari pengolahan, pengalaman, serta harapan dan keyakinan. Individu akan memiliki keyakinan dan juga harapan terhadap suatu objek ataupun sekelompok objek yang akan membentuk aspek kognitif sikap. Kedua, aspek afektif didalam sikap tentunya berkaitan dengan suatu proses yang berkaitan erat dengan perasaan perasaan terhadap suatu objek. Ini berkaitan dengan suka atau tidak suka individu terhadap suatu objek yang ditemuinya. Ketiga, aspek konatif yang berhubungan dengan kecenderungan seseorang untuk dapat bertindak dan melakukan sesuatu. Pada dasarnya tiga aspek tersebut akan saling berkaitan satu dengan yang lainnya dan membentuk sebuah sikap. Sehingga fungsi attitude sendiri akan bisa tergambarkan dengan lebih jelas.

Fungsi attitude (sikap) terhadap setiap orang

Ada banyak sekali beragam fungsi dari sebuah sikap didalam kehidupan yang dijalankan oleh manusia tentunya. Fungsi dari sikap yang pertama tentunya dapat digunakan sebagai alat untuk dapat lebih mudah dalam menyesuaikan diri dengan lingkungan. Sikap juga dapat berfungsi sebagai alat yang mampu melakukan pengaturan terhadap tingkah laku dari manusia tentunya. Sikap juga berfungsi sebagai alat yang dapat mengolah beragam pengalaman dan melakukan pengaturan terhadap beragam pengalaman tersebut. Adanya sikap tentunya sangatlah berfungsi untuk dapat membuat kehidupan manusia jauh lebih mudah lagi. Faktor yang berpengaruh terhadap attitude (sikap) Jika sebelumnya sudah dipahami terkait dengan fungsi attitude maka saatnya bagi kita agar memahami terkait beragam faktor yang berpengaruh. Faktor yang pertama tentunya adalah faktor internal yang berkaitan dengan pribadi dari setiap orang dan berkaitan dengan kepribadian yang dimiliki. Dimana seseorang akan berperan dalam mengolah dan mengatur perangsang dari luar untuk membentuk sikap yang akan dipilih. Faktor kedua dari sikap adalah faktor eksternal yang berkaitan dengan interaksi sosial diluar kelompok yang dilakukan oleh manusia.  Tentunya membahas terkait dengan sikap menjadi sebuah hal yang dapat menambah wawasan yang dimiliki terkait dengan ilmu psikologi. Dilihat dari sudut pandang psikologi fungsi attitude atau sikap tentu sangatlah penting dan berpengaruh pada tindakan yang akan diambil oleh seseorang. Beragam faktor yang berpengaruh tentu akan sangat berdampak pada sikap yang ditunjukkan oleh setiap orang tentunya.

Jurnalpost.com adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis. Berita ini dibuat dengan formulir pengiriman. Silahkan login untuk memulai menulis!

Berita terbaru

Berita Menarik Lainnya

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Masuk

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Masuk

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.