27.4 C
Jakarta
Senin, Januari 18, 2021

Banjir Bandang dan Tanah Longsor Terjang Dua Kecamatan, Kabupaten Lebak Siaga Bencana

Banjir Bandang

JURNALPOST, Lebak – Kabupaten Lebak siaga bencana. Ini menyusul terjadinya musibah bencana banjir bandang dan tanah longsor di dua kecamatan; Bayah dan Cibeber.

Selain merendam ratusan rumah warga, sebanyak 12 warga dikabarkan tertimbun longsor dan sedang dalam pencarian Tim SAR. Sedangkan sejumlah fasilitas umum seperti jembatan juga terputus.

Kapolres Lebak AKBP Firman Andreanto SIK.MH,.M.Si saat meninjau lokasi bencana, Sabtu (07/12/2019) pukul 08.00 Wib, juga telah mendapat laporan ada 12 warga yang tertimbun longsor.

“Kami mengecek tanah longsor di Kp. Ciusul Desa Citorek Kidul Kecamatan Cibeber. Menurut informasi, kurang lebih ada 12 warga yang yang tertimbun tanah longsor,” katanya.

Polres Lebak saat ini sudah menyiagakan 100 personel untuk membantu warga. Mereka membantu membersihkan rumah warga, juga masyarakat yang terdampak bencana.

Seperti diketahui, peristiwa banjir bandang dan longsor di Kabupaten Lebak terjadi Jumat sore (6/12/2019). Musibah ini terjadi di dua kecamatan yakni Kecamatan Cibeber dan kecamatan Bayah Kabupaten Lebak.

Dalam peninjauan yang dilakukan Sabtu (07/12/2019) pukul 08.00 Wib, Kapolres Lebak sekaligus memberikan bantuan.

Orang nomor satu di jajaran Kepolisian Lebak ini didampingi Waka Polres Lebak Kompol Wendy Andrianto, S.IK, Kabag Ops AKP Rahmat Sampurno, .S.IK, Kasat Intelkam AKP Edy Prastyo, SE, Kasat Narkoba AKP Asep Jamaludin, SH,.MM, Kasat Reskrim AKP Oka Nurmulya, dan Kasat Samapta Iptu Suharto, S.Sos.

Selain itu juga anggota Polres Lebak, anggota Brimob Panggarangan, anggota BPBD Kabupaten Lebak, Kepala Desa Cimanjak dengan personil berjumlah 100 personil.

Dalam kunjungannya, Kapolres Lebak beserta rombongan meninjau situasi terdampak banjir dan longsor di Kp.Sukajaya Desa Bayah Timur kecamatan Bayah, Kp. Hegarmanah, Kp. Cimeundeut dan Kp. Taringgul Desa CimancakKp.bayah 1 dan kp. Babakan, kp.Jogjogan / bayah Tugu. Ds. Bayah barat

‚ÄúDari hasil monitoring kita, diketahui bahwa di Kp. Sukajaya Desa Bayah Timur Kecamatan Bayah ada 40 rumah yang terendam banjir. Rata-rata ketinggian air 10 – 30 cm,” ujar Kapolres.

Lalu AKBP Firman Andreanto meninjau Kp. Hegarmanah, Kp. Cimeundeut, Kp. Taringgul Desa Cimancak. Di sana dilakukan pemberian sembako di Pondok Pesantren Nurul Huda pimpinan KH. Yas’a.

Kapolres juga melihat, di Kp. Bayah 1, Kp. Babakan, kp.Jogjogan Bayah Tugu Desa Bayah Barat ada 60 rumah warga yang terendam banjir. “Selain itu ada delapan perahu nelayan yang terseret arus sungai Cimadur hingg ke laut,” jelas Firman kepada awak media.

Kegiatan dilanjutkan dengan peninjauan lokasi banjir di Kecamatan Cibeber, tepatnya pengecekan lokasi longsor dan Jembatan Cimadur akses penghubung dari Desa Warung Banten menuju Desa Sukamulya dan Cihambali. Lalu, pengecekan lokasi jembatan gantung Leuwi Kadu Desa Cisungsang.

“Kami memberikan imbauan kepada pengendara yang akan melintasi Jembatan Cimadur agar hati-hati,” jelasnya.

Tidak hanya itu. Kapolres Lebak bersama tim juga melakukan pengecekan dan membantu pembuatan tempat penyeberangan sementara di lokasi jembatan Cikidang yang mengalami putus akibat banjir di desa Kujangsari yang menghubungkan jalur dari desa Cisungsang menuju desa Kujangsari dan Desa Situmulya. (Ananta)

Berita terbaru

Berita Menarik Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini