24 C
Jakarta
Kamis, Mei 6, 2021

Teknologi dan Sosial Media Menjadi Sumber Pendapatan di Zaman Sekarang

JURNALPOST – Perubahan komunikasi konvensional menjadi modern dan serba digital,menjadikan semakin pesatnya perkembangan teknologi. Teknologi saat ini sangat berpengaruh terhadap usaha pembangunan ekonomi di Indonesia dan zaman digital sekarang ini sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi dengan bantuan teknologi sekarang ini. Karena, pada hakikatnya teknologi membuat pekerjaan menjadi mudah, efisien dan efektif. Sehingga memudahkan dalam melakukan kegiatan khususnya terhadap pembangunan ekonomi.

Dengan perkembangan berbagai macam teknologi, maka banyak mengakibatkan perubahan di segala bidang. Seperti di dunia ilmu pengetahuan, perkantoran, industri, komunikasi, pertanian, sosial media dan bidang lainnya. Seperti di era milenial sekarang banyak memanfaatkan teknologi dan jejaring sosial media sebagai sumber pendapatan. Menggunakan teknologi dan sosial media sudah menjadi kebutuhan di zaman sekarang.

Di sosial media mana aja sih yang biasanya digunakan kaum milenial untuk berpenghasilan? Dan bagaimana cara berpenghasilan melalui sosial media?

Seperti onlineshop, belanja atau membeli sesuatu secara online dengan menggunakan teknologi melalui sebuah aplikasi seperti Shopee, Tokopedia, Lazada dll. Di zaman sekarang berbisnis juga dapat dilakukan secara online karena dengan seiring perkembangan teknologi semua kegiatan dapat dilakukan dengan lebih mudah, efisien dan efektif. Tak hanya onlineshop, para Youtuber yang memanfaatkan teknologi untuk membuat sebuah karya yang kreatif seperti membuat sebuah video yang kemudian mengunggahnya kedalam aplikasi Youtube dan akan  dibayar oleh pihak Youtube apabila sudah memiliki subscribers yang mencapai ribuan. Di mata generasi Z sekarang ini Youtuber adalah profesi yang menjanjikan karena dengan mengunggah video bisa berpenghasilan hingga ratusan juta. Inilah mengapa banyak orang di zaman sekarang ini tergiur untuk menggunakan sosial media melalui sebuah teknologi karena dapat berpenghasilan banyak melalui sosial media.

Menjadi incaran siapakah sosial media di zaman sekarang ini?

Tak hanya melalui Youtube saja bisa berpenghasilan. Instagram, tiktok dan media sosial lainnya juga menjadi incaran generasi Z sekarang. Seperti Selebriti Instagram atau yang biasa disebut generasi Z sekarang sebagai ‘Selebgram’ yang berkarya berupa video-video kreatif melalui aplikasi Instagram. Anak-anak usia 5 tahunan saja sudah mampu berpenghasilan melalui sosial media seperti tiktok, Instagram dan youtube dengan video kreatif mereka.

Lantas mengapa di zaman sekarang orang-orang lebih tertarik mencari penghasilan melalui sosial media? 

Di zaman sekarang orang-orang lebih memilih untuk mencari penghasilan dan ketenaran di sosial media. Karena sosial media di zaman sekarang tidak hanya sekedar media hiburan, tetapi sebagai sumber kehidupan orang-orang, baik itu orang dewasa maupun remaja. Remaja sekarang juga lebih banyak berminat menjadi seseorang yang dapat menghasilkan uang melalui media sosial karena banyak yang menganggap sukses di media sosial dapat menghasilkan uang lebih besar. Berbeda dengan remaja-remaja sebelumnya yang kebanyakan ingin menjadi seorang guru, dokter, perawat dll. Bahkan ada juga yang sedang berkuliah sambil menjadi seorang Content Creator di Youtube sebagai kerja sampingan yang bisa menghasilkan uang dan menjadi tenar.

Kapankah penggunaan teknologi dan sosial media benar-benar meningkat?

Seperti saat ini angka covid-19 di Indonesia juga belum begitu menurun sehingga masyarakat harus melakukan sosial distancing. Masyarakat Indonesia harus bekerja dari rumah work from home (WFH). Beberapa perusahaan di Indonesia juga melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap beberapa karyawannya dengan alasan lemahnya permintaan pasar dan keterbatasan bantuan modal serta termasuk akibat kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Bukan hanya bekerja dari rumah, tetapi anak sekolahan juga belajar dari rumah secara virtual.

Karna kebanyakan Work From Home (WFH) dan proses belajar mengajar juga banyak di lakukan di rumah, penggunaan sosial media meningkat. Dengan meningkatnya penggunaan sosial media, disini kesempatan besar untuk membuat video-video yang bersifat kreatif untuk di publikasikan di media sosial baik itu Youtube, Instagram, Tiktok dll. Banyak orang berkreasi, tenar dan menghasilkan uang melalui sosial media di masa pandemi sekarang. Selama teknologi dan sosial media di gunakan untuk hal-hal yang berbau positif maka dapat sangat bermanfaat untuk kita gunakan bersama.

Penulis, Assyifa Mutia mahasiswi Universitas Syiah Kuala Fakultas Kedokteran Program Studi Psikologi

Jurnalpost.com adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis. Berita ini dibuat dengan formulir pengiriman. Silahkan login untuk memulai menulis!

Berita terbaru

Berita Menarik Lainnya

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Masuk

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Masuk

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.