24 C
Jakarta
Kamis, Mei 6, 2021

Stop Insecure, Yuk Bersyukur!

JURNALPOST – Akhir-akhir ini, khususnya di masa pandemi Covid-19, kata insecure menjadi booming dikalangan remaja. Sering sekali kita dengar anak remaja menyangkutpautkan kata insecure dengan keadaan fisik mereka. Namun, sebenarnya apa sih insecure itu? Insecure merupakan suatu keadaan dimana kita merasa cemas, gelisah, takut, dan kurang percaya diri akan hal-hal tertentu. Walaupun insecure merupakan suatu hal yang wajar, tapi kita perlu membatasi diri untuk tidak merasa insecure berlebihan, yang mana hal tersebut akan berdampak negatif bagi kesehatan mental kita.

Dampak Negatif Ketika Merasa Insecure

1. Kurang Percaya Diri

Seseorang yang merasa insecure biasa akan merasa kurang percaya diri dengan kemampuan serta kelebihan yang ia miliki dan cenderung untuk menutup dirinya.

2. Suka Membanding-bandingkan

Insecure akan membuat seseorang selalu merasa kurang dan membandingkan dirinya dengan orang lain.

3. Takut Berlebihan

Seseorang yang insecure sering mengalami takut yang berlebihan bahkan dengan hal-hal kecil. Contohnya ketika seseorang takut tidak memiliki teman jika ia tidak memiliki wajah yang cantik.

4. Susah Keluar dari Zona Nyaman

Merasa insecure juga sering membuat seseorang takut dengan kegagalan yang akan ia hadapi, sehingga ia enggan untuk keluar dari zona nyaman atau enggan untuk mencoba hal baru.

5. Berujung Nge-Hate

Biasanya orang yang suka nge-hate atau iri kepada orang lain, sebenarnya ia memiliki insecurities terhadap hal itu. Seseorang akan cenderung mengatribusi apa yang membuat ia cemas kepada orang lain.

Untuk menghindari hal-hal tersebut, kita bisa meningkatkan self love kita sebagai manusia supaya kita sadar dan bersyukur dengan apa yang telah tuhan berikan kepada kita. Berikut beberapa tips untuk meningkatkan self love.

1. Tingkatkan Spiritualitas Kepada Tuhan

Beribadah adalah salah satu cara meningkatkan spiritualitas kepada tuhan. Jika hal itu sudah kita lakukan dengan baik, maka dengan sendirinya kita akan merasa cukup dan bersyukur dengan apa yang telah diberikan tuhan kepada kita. Semakin kita mencintai sang pencipta, maka semakin mudah kita mencintai apa yang ada pada diri kita.

2. Kenali Diri

Kenali kelebihan, kekurangan, dan segalanya tentang diri kita. Coba ingat-ingat hal apa sih yang sudah berhasil kita lakukan sebelumnya. Kita juga bisa menanyakan kepada teman ataupun orang terdekat, apa sih sebenarnya kelebihan kita.

3. Memaafkan Diri

Merasa kecewa pada diri sendiri merupakan suatu hal yang wajar, tapi segeralah maafkan dan perbaiki diri kita, karena memaafkan diri sendiri adalah kunci penting saat kita berada di titik terendah kehidupan.

4. Mengapresiasi Diri

Peluk diri dan katakan hal menarik yang ada pada diri kita. Berbaik hatilah walaupun saat itu kita sedang tidak baik-baik saja. Berikan pujian setulus mungkin untuk diri kita dan terima apa adanya apa yang kita miliki.

5. Melihat Sisi Baik dari Setiap Keadaan

Ketika kita gagal, yakinlah bahwa kegagalan itu bukanlah suatu hal yang buruk untuk diri kita, melainkan sebuah pengalaman yang bisa kita jadikan pembelajaran untuk diri kita di masa yang akan datang.

Itulah beberapa hal penting yang perlu kita ketahui mengenai insecurities. Ingatlah bahwa jalan hidup setiap orang berbeda-beda. Tetaplah fokus dengan kelebihan diri dan apa yang sedang kita jalani saat ini, karena tuhan sedang merencanakan jalan yang terbaik bagi setiap hamba-Nya. (Febriyani)

Jurnalpost.com adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis. Berita ini dibuat dengan formulir pengiriman. Silahkan login untuk memulai menulis!

Berita terbaru

Berita Menarik Lainnya

- Advertisement -

1 KOMENTAR

  1. MasyaAllah.. syukran katsiran,sangat bermanfaat.. sangat patut diapresikan,mari di share..
    Ditunggu karya² berikutnya,dan bisa segera dibukukan..
    Aamiin ya Rabb..

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Masuk

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Masuk

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.