29.5 C
Jakarta
17, April, 2024
JurnalPost.comDaerahPerpustakaan Umum Kutai Kartanegara Berinovasi Memproduksi Audiobook

Perpustakaan Umum Kutai Kartanegara Berinovasi Memproduksi Audiobook

JURNALPOST – Di era teknlogi yang semakin hari semakin berkembang pesat ini dan pesatnya kesibukan setiap individu sehingga kurangnya waktu untuk membaca buku, maka munculan audiobook sebagai pengganti buku berupa suara. Audibook sendiri sangat fleksibel karena bisa di dengarkan di sela-sela kesibukan, bisa ketika bersih-bersih, ketika mengerjakan tugas, ketika menunggu jadwal penerbangan di bandara dll.

Latifah (20), salah satu mahasiswa UIN Walisongo Semarang, memiliki ide untuk membuat audiobook ini, dalam rangka pelaksanaan kegiatan Kuliah Kerja Nyata Reguler Dari Rumah (KKN RDR) terwujudlah ide ini. Dalam Program Kerja (proker) Individu dibidang pendidikan yang berkolaborasi dengan perpustakaan umum Kutai Kartanegara.

Visi dalam program yang di gagasnya yaitu “Mencerdaskan Kehidupan Bangsa” seperti yang ada di UUD 1945. Maka terwujudlah program ini, yang bisa menjadi salah satu sarana dalam mewujudkan cita-cita para leluhur terdahulu yang telah memperjuangkan kemerdekaan Bangsa.

Kegiatan ini di mulai pada tanggal 28 September 2020, dan sebelum tanggal pelaksanaan produksi audiobook yaitu tanggal 25 September 2020 telah di adakan rapat dengan kepala perpustakaan dengan pustakwan yang akan melaksanakan program, yang dilaksanakan dari hari senin s/d kamis.

Kepala bidang perpustakaan umum Kutai Kartanegara, mengatakan “Saya sangat mengapresiasi untuk mendukung kegiatan ini. Karena di era pandemi ini inovasi-inovasi seperti inilah yang di butuhkan. Karena perpustakaan tutup dan tidak bisa beroperasi seperti biasa.” Jum’at (25/9)

Persiapan yang harus dilakukan sebelum melakukan rekamannya adalah seseorang yang bertugas sebagai pengisi audio, harus menguasai bahan bacaan yang akan di baca agar kualitas audiobook yang di produksi menghasilkan audio yang sempurna.

Setiap audiobok, berisi satu bab bacaan yang ada di dalam buku, setelah rekaman selesai dilanjut dengan proses editing dan terakhir di upload ke Soundcloud. https://soundcloud.com/perpus-kukar
“Saya salah satu pustakwan bisa berpartisipasi menjadi speaker untuk program audiobook ini merasa senang dan bisa teribat aktif juga untuk menjadi editor sebelum audiobook siap di upload” ungkap Jumadi.

Karena masih dalam kondisi covid-19 yang belum berakhir, dan perpustakaan reguler belum di buka, oleh karena itu produksi audiobook ini terwujud, diharapkan para anggota perpustakaan yang tidak bisa meminjam buku secara langsung, dapat mendengarkan audiobook di rumah sambil melakukan aktivitas lain, dan bisa mendengarkan bersama keluarga, saudara,teman ketika melaksanakan stay at home.

Penulis: Nur Latifatul Hasanah/Kelompok KKN :143/UIN Walisongo Semarang

Rekomendasi untuk anda

Jangan Lewatkan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini