30 C
Jakarta
20, Mei, 2024
JurnalPost.comCitizen ReporterKonservasi Gunung Merbabu, Mahasiswa KKN UIN Walisongo Menanam Pohon

Konservasi Gunung Merbabu, Mahasiswa KKN UIN Walisongo Menanam Pohon

Boyolali, Jurnalpost – Mahasiswa KKN Mandiri Inisiatif Terprogram Dari Rumah (MIT-DR) UIN Walisongo kelompok 32 melakukan upaya reboisasi Gunung Merbabu yang dilakukan bersama relawan Pepeling (Pemuda Peduli Lingkungan) dari Selo, Samiran, Boyolali.
Kegiatan menanam ini dilakukan di area Embung Manajar yang dulunya terdampak longsor karena area lokasi cocok tanam sayur beralih menjadi hutan untuk manfaat alam, lingkungan, dan pakan ternak sapi warga.

Ketua Pepeling Gunung Merbabu Selo Samiran, Purwanto, mengatakan “Bibit yang ditanam Trembesi dan Berasan,” jelasnya, Minggu (14/02/2021) di Pusat pembibitan Warga.

Bibit tanaman tersebut disediakan oleh pemerintahan desa yang kemudian disalurkan kepada pihak KKN serta komunitas Pepeling untuk dilakukan penanaman.

Purwanto mengungkapkan, untuk selanjutnya agar terdapat kemaslahatan antara alam, warga, dan mahasiswa yang melakukan penanaman kalau bisa tidak hanya antusias di penanaman tapi juga dalam merawat pohon agar tetap hidup,” jelasnya. Hal ini harus terus digelar untuk kelangsungan produksi air. “Manusia semua butuh air dan salah satu cara merawat air adalah dengan banyak menanam pohon dan bagi alam agar tidak longsor serta untuk ternak sapi warga” paparnya.

Oleh : Muhammad Fawwaz Baha’ (KKN MIT-DR UIN Walisongo Semarang)

Rekomendasi untuk anda

Jangan Lewatkan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini