26.7 C
Jakarta
27, April, 2024
JurnalPost.comBerita TegalKKN UIN Walisongo Adakan pelatihan membuat buket snack kepada santri

KKN UIN Walisongo Adakan pelatihan membuat buket snack kepada santri

Sumber : foto kegiatan hasil pelatihan membuat buket snack

Banyumas, Jawa Tengah, Jurnalpost – Santri TPQ desa Karangmangu kecamatan Purwojati mendapatkan pelatihan membuat buket snack dari mahasiswa peserta KKN Reguler DR 75 UIN Walisongo, Senin (16/11/2020).

Bertempat di Posko peserta KKN, ada sekitar 10 santri yang mengikuti pelatihan ini. Kegiatan pelatihan dilaksanakan pada senin, 16 November 2020 dan dimulai pukul 09.00 – selesai. Peserta terdiri dari santri-santri TPQ di desa Karangmangu yang masih berstatus pelajar.

Pelatihan pembuatan buket snack diawali dengan sosialisasi pentingnya meningkatkan kreativitas khususnya pada remaja. Kemudian dilanjut dengan pengenalan alat dan bahan yang dibutuhkan untuk membuat buket snack. Seluruh alat dan bahan telah disediakan oleh mahasiswa peserta KKN sehingga santri hanya diminta untuk berpartisipasi dalam pelatihan ini. Kemudian dilanjut praktek pembuatan dan diakhiri dengan pemberian sedikit materi tentang kewirausahaan.

Menurut Nela Ikhtiroza, salah satu mahasiswa peserta KKN UIN Walisongo diadakannya pelatihan membuat buket snack bertujuan untuk menumbuhkan kreativitas dan meningkatkan ide ide kreatif pada santri. Buket snack sedang menjadi tren di tahun 2020. Hal tersebut juga bisa dijadikan peluang bisnis bagi mereka dengan alat dan bahan yang dibutuhkan mudah dicari dan harganya pun terjangkau.
“Karna buket bunga mahal, cari ide lain yaitu buat buket dari jajanan aja yang murah. Buket snack gampang dibuat, tinggal siapin alat dan bahan terus rangkai sesuai selera. Buket snack juga bisa jadi ide bisnis lagi, pokoknya keuntungannya banyak deh”, tutur Nela.

Alin, santri TPQ Al Hikmah merupakan salah satu peserta pelatihan mengatakan “saya senang bisa ikut pelatihan bersama kakak mahasiwa. Saya dapat ilmu baru, sebelumnya saya belum tau ada buket selain buket bunga. Sekarang saya bisa membuat buket sendiri yang lebih mudah yaitu buket snack”.

Penulis : Nela Ikhtiroza Laeliyah

Rekomendasi untuk anda

Jangan Lewatkan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini