Kegiatan Magang Mahasiswa UPN “Veteran” Jawa Timur Sebagai Implementasi Teori Mata Kuliah di Kantor Akuntan Publik

Penulis: Zakiyah Nur Azizah
UPN “Veteran” Jawa Timur

JurnalPost.com – Sebagai mahasiswa tentunya harus memiliki berbagai kegiatan yang diikuti, guna menunjang skill dan kemampuan. Seperti kegiatan magang, yang merupakan salah satu kegiatan yang dapat diikuti bagi mahasiswa Universitas Pembangunan Nasional Jawa Timur (UPN Jatim). Hal ini dilakukan agar mahasiswa mendapat pengalaman sebelum masuk ke dunia kerja yang sesungguhnya.

Pihak kampus juga mendukung adanya kegiatan magang, dengan menjalin hubungan mitra bersama kepada banyak perusahaan. Program magang yang ditawarkan oleh pihak kampus dan prodi yaitu, magang mandiri, magang regular dan jalur MBKM. Masing – masing magang memiliki durasi waktu magang yang berbeda.

Saya sebagai mahasiswa Akuntansi UPN Jatim, mendaftarkan diri sebagai anak magang mandiri di Kantor Akuntan Publik (KAP), bernama KAP Putra Dudit Sinaga. Setelah saya mendaftarkan diri, akhirnya saya diterima di KAP tersebut. Saya diberi kesempatan untuk mempelajari dunia auditor bersama dengan para auditor lainnya. Sebagai seorang auditor, tentu tugas saya adalah memeriksa Laporan Keuangan Perusahaan sesuai dengan Standar Audit (SA) dan Standar Akuntansi Keuangan (SAK).

Durasi magang dilakukan selama 5 bulan, dimulai dari bulan Januari hingga bulan Juni. Dengan waktu yang telah ditetapkan, saya memiliki banyak pengetahuan baru tentang dunia auditor. Awalnya sempat merasa kaget karena hampir setiap hari saya ditugaskan untuk membuat kertas kerja pemeriksaan. Terlihat sederhana, namun ternyata cukup menguras tenaga untuk berpikir. Pengalaman untuk menganalisis laporan keuangan, mengelompokkan akun, mengoreksi akun – akun jika terdapat kesalahan.

Tidak hanya itu, ilmu – ilmu dalam pengujian pada pencatatan transaksi yang dilakukan perusahaan, sikap skeptisme terhadap bukti – bukti audit yang didapat juga diajarkan oleh pembimbing magang saya di KAP Putra Dudit sinaga. Sebelum mengaudit sebuah perusahaan, kami diwajibkan untuk memahami terlebih dahulu bisnis dan industri yang dimiliki oleh para klien.
Selama magang, saya banyak belajar bagaimana tahapan dan prosedur dalam mengaudit terutama pada KAP Putra Dudit sinaga. Selain itu, saya diikutsertakan bertugas dalam proses pengauditan ke lapangan atau visit ke klien. Guna untuk melakukan vouching, stock opname, kas opname dan sebagainya.

Salah satu pengalaman menarik yang saya dapatkan, mengaudit sekaligus membuat laporan keuangan klien. Itu pengalaman pertama saya dengan mengumpulkan semua data – data perusahaan klien, yang kemudian akan direkap secara per akun melalui mutasi – mutasi yang telah dibuat oleh perusahaan.

Melakukan rekap semua bukti – bukti yang ada, saya mengumpulkan data per akun. Pengalaman pertama sekaligus pengalaman menarik. Karena saya harus merekap data – data dalam setahun yang begitu banyak jumlahnya. Tak hanya itu, saya juga melakukan pengalaman pertama lainnya seperti, wawancara untuk melengkapi data audit, melakukan stock opname hingga melakukan vouching.

Dengan durasi magang 5 bulan, saya mendapat pengalaman dan pengetahuan baru. Tak hanya itu, saya juga banyak menjumpai orang – orang hebat disana.

Pada dasarnya, tujuan utama dari kegiatan magang ini adalah sebagai jembatan antara dunia Pendidikan dengan dunia kerja. Di program magang ini, saya mendapatkan berbagai manfaat yang sangat menguntungkan saat mulai terjun ke dunia kerja setelah lulus nanti. Misalnya sebagai berikut:

1. Implementasi Ilmu ke Pekerjaan
Pada ilmu teori yang dipelajari di kampus perlu adanya implementasi ke aktivitas kerja yang nyata dan bermanfaat. Program magang memberikan kesempatan yang optimal untuk mempelajari hal tersebut.

2. Meningkatkan Hard Skill
Ada banyak keterampilan dan ilmu yang akan dipelajari saat magang. Selain mendapatkan dari sesi pelatihan, juga akan langsung mempraktekkannya di bawah supervise professional. Hal ini untuk mengembangkan kemampuan.

3. Mempelajari berbagai Soft Skill
Selain belajar hard skill, saya juga mempelajari berbagai soft skill secara langsung. Kemampuan komunikasi, mengatasi masalah dan manajemen waktu pasti akan diasah selama magang. Selain itu, dapat mengembangkan berbagai soft skill lain, tergantung pada tanggung jawab kerja yang sedang dilalui.

4. Adaptasi dengan Dunia Kerja
Ritme dunia kerja sangatlah jauh berbeda dengan ritme dunia sekolah dan kuliah. Tak sedikit fresh graduate yang cukup kesulitan beradaptasi pada awal – awal menjalani pekerjaannya. Program magang dapat memberikan kesempatan untuk beradaptasi dengan lebih nyaman dan bertahap.

Untuk pengalaman magang yang telah didapatkan, saya ingin berterima kasih kepada seluruh staff di KAP yang telah memberikan saya kesempatan magang di KAP Putra Dudit Sinaga. Saya menghargai proses magang yang dicurahkan untuk membimbing saya tentang dunia kerja sesungguhnya. Ilmu dan dukungan menjadi pengalaman berharga bagi saya. Saya juga ingin berterima kasih kepada dosen pembimbing yang telah memberikan bimbingan dan arahan selama proses magang.

Follow us onFollow JurnalPost on Google News Temukan di Google PlayTemukan di Google Play

Rekomendasi untuk anda

Terbaru

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini