32.5 C
Jakarta
26, April, 2024
JurnalPost.comTeknologiInternet Sehat dan Aman di SMKN 1 Tembilahan

Internet Sehat dan Aman di SMKN 1 Tembilahan

JurnalPost.com – April 2022 melakukan kegiatan sosialisasi ke sekolah melalui program Pengabdian Kepada Masyarakat dari mata kuliah Pancasila. Mahasiswa melakukan sosialisasi ke sekolah yang berada di kota Tembilahan yaitu sekolah SMKN 1 Tembilahan provinsi Kepulauan Riau, pada jurusan Teknik Komputer Jaringan dengan bertema sosialisasi “Internet Sehat Dan Aman”. Sosialisasi ini dilaksanakan secara Daring kepada siswa-siswi sekolah SMKN1 Tembilahan.

Pada diskusi ini, diantara para siswa-siswi mengatakan bahwa mereka jarang mendengar “Internet Sehat Dan Aman” dan tidak mengetahui tentang pengertian dari tema sosisalisasi ini, walaupun para siswa-siswi setiap hari menggunakan ponsel, laptop, komputer, dan alat elektronik yang terhubung dengan jaringan internet. Para siswa-siswi mengunakan gadget untuk bersosilisasi di aplikasi-aplikasi tertentu dan juga untuk menonton, mencari materi-materi sekolah dan kegiatan positif lain nya.

Internet Sehat Dan Aman (INSAN) merupakan suatu program dari pemerintah Indonesia yang dirancang oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Indonesia (Kemkominfo) dengan bertujuan untuk mensosialisasikan penggunaan internet secara sehat dan aman melalui pembelajaran etika berinternet secara sehat dengan melibatkan seluruh komponen masyarakat, baik dari masyarakat sekolah maupun masyarakat umum.

Tujuan dari sosialisasi ini dimaksudkan untuk menghindari kejahatan di dunia maya, Penggunaan internet secara sehat dan aman perlu ditanamkan semenjak dini melalui pembelajaran etika berinternet secara sehat (cyber ethics). Hal ini perlu disampaikan untuk menghindari kebiasaan jelek di dunia nyata yang ada kemungkinan juga terbawa di dunia maya dan menimbulkan kembali efek negatif di dunia nyata.

Banyak sekali pengaruh konten negatif sudah di beritakan pada media berupa pemuatan gambar porno, perjudian, penipuan online, pelecehan, pencemaran nama baik dan hoax. Selain itu siswa-siswi juga berpotensi untuk mendapatkan dampak negatif dari teknologi digital yang sering terjadi di media sosial yaitu cyberbullying yang menimpa anak-anak dan sesama remaja.

Mahasiswa Universitas Internasional Batam melakukan sosialisasi agar siswa-siswi bisa bijak dalam menggunakan internet dan media sosial lainnya, agar dapat menciptakan lingkungan yang positif, sehat dan aman. Pada kegiatan sosialisasi ini juga disosialisasikan cara-cara dan ciri-ciri dari Internet Sehat dan Aman, yang pada akhirnya dapat mewujudkan terciptanya masyarakat Indonesia yang damai dan sejahtera.

Artikel ini merupakan project Pengabdian kepada Masyarakat dari Mata Kuliah Pancasila oleh mahasiswa Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Internasional Batam. Adapun anggota dari kelompok 4 2GAMA antara lain Carlos Pingsen Pratama (2131075), Fendy Gunawan (2131071), Sunoto (2131077), Vincent So (2131072), Vincent (2131092). Serta tidak lupa dipandu oleh dosen pembimbing kami, Dr. Hendi Sama, S.Kom., MM.e-Business., Ninne Zahara Silviani, S.H., M.H & Dr. Iskandar Itan S.E., MM

Rekomendasi untuk anda

Jangan Lewatkan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini