11 Destinasi Wisata Palopo Paling Populer dan Favorit layak Anda Dikujungi

PALOPO, JURNALPOST – Palopo merupakan salah satu kota terbesar di Sulawesi Selatan. Dahulu kota ini merupakan ibu kota Kesultanan Luwu menggantikan Amassangan setelah ajaran Islam masuk ke Kesultanan Wulu pada abad ke-17.

Dengan sejarah yang panjang dan juga bentang alam yang unik, kini banyak sekali tujuan wisata di Palopo yang bisa anda kunjungi saat singgah ke Sulawesi Selatan. Untuk referensi liburanmu selanjutnya, nggak ada salahnya anda menyimak rekomendasi berbagai tempat wisata Palopo paling populer dan favorit.

1. Pemandian Alam Batu Papan
Berlokasi di wilayah Kelurahan Sumarambu, Kecamatan Telluwanua, objek wisata Palopo yang pertama ini berjarak sekitar 15 km dari pusat kota.
Memiliki air yang jernih dan juga undakan-undakan jeram kecil, pemandian alami ini merupakan destinasi wisata yang tepat untuk menenangkan diri dan menyegarkan pikiran.

2. Bukit Kambo
Bukit Kambo dalah destinasi wisata di Palopo terbaru yang kini tengah hits. berbeda dengan pemandian sebelumnya yang memiliki suasana alami, pemandian yang terdapat di Bukit Kambo dirancang sedemikian rupa sehingga menjadi wisata Palopo favorit karena tampilannya yang instagramable. Jadi, pastikan Kamu sudah siapkan smartphone dengan spesifikasi kamera yang memadai, ya.

3. Bukit 513
Alternatif lain untuk menikmati keindahan alam di Palopo adalah dengan mengunjungi Bukit 513. Dibenahi sejak 2015, objek wisata di Palopo satu ini menjadi populer karena panoramanya yang indah menjadi objek fotografi yang digemari para fotografer.

Suasananya yang sejuk dengan asrinya pepohonan menjadikan destinasi wisata Palopo ini cocok untuk bersantai sembari berfoto-foto.

4. Masjid Jami Tua Palopo
Palopo memang menyimpan jejak sejarah yang panjang. Dan Masjid Jami Tua merupakan salah satu destinasi wisata religi di Palopo yang menyimpan jejak-jejak sejarah tersebut.
Dengan arsitektur tradisional khas Kesultanan Luwu, Masjid Jami Tua ini dibangun oleh Datu Puyung Luwu XVI Pati Pasaung Toampanangi, salah satu Raja Luwu sekitar tahun 1604.

5. Air Terjun Latupa
Berbicara soal wisata alam di Palopo, air terjun Latupa adalah salah satu pilihan wisata yang wajib Kamu kunjungi. Sebagai sumber air bersih yang penting bagi warga kota Palopo, panorama dari air terjun Latupa dan lingkungannya yang asri memiliki daya tarik tersendiri yang digemari para wisatawan saat berkunjung ke Kota Palopo.

6. Istana Kedatuan Luwu
Jika Anda masih tertarik dengan sejarah dari Kesultanan Luwu, Istana Kedatuan Luwu bisa menjadi objek wisata di Palopo yang bisa kamu kunjungi.
Sebagai warisan budaya salah satu istana kerajaan tertua di Sulawesi Selatan ini memiliki arsitektur yang menarik untuk dipelajari serta nilai-nilai sejarah dan kebudayaan asli masyarakat Palopo di masa silam.

7. Gua Kallo Dewata
Berada di Desa Lebang, Gua Kallo Dewata dahulu merupakan benteng pertahanan para pejuang kemerdekaan Republik Indonesia. Dengan jarak 9 km dari pusat kota Palopo, kini Goa Kallo Dewata lebih dikenal sebagai salah satu objek wisata di Palopo.

Di dalam Gua ini, Anda bisa menemukan berbagai perabot kuno yang terbuat dari batu. Hal menarik lainnya adalah lorong-lorong di gua ini sangat panjang dan terhubung dengan gua-gua lain yang berada di Palopo.

8. Museum Batara Guru
Museum Batara Guru merupakan alternatif destinasi wisata Palopo lainnya untuk Anda yang ingin mendalami mengenai sejarah Kesultanan Luwu.

Objek wisata Palopo satu ini dahulunya merupakan istana raja luwu yang dibangun sekitar tahun 1920. Namun kini setelah tak lagi ditempati Istana ini difungsikan sebagai museum yang menyimpan berbagai koleksi prasejarah, dokumentasi foto, seni keramik, etnografi, naskah-naskah bersejarah, dan lainnya.

9. Pantai Labombo
Pantai Labombo adalah tujuan wisata di Palopo selanjutnya yang cocok untuk Anda yang datang ke Palopo bersama teman dan kerabat karena ada banyak sekali aktivitas seru yang bisa dilakukan di kawasan wisata satu ini.

Mulai dari berbagai aktivitas air seperti flying fox, outbond, banana boat, sepeda air, dan berbagai hal lainnya bisa dilakukan di Pantai Labombo. Atau, kamu juga bisa bersantai dipinggiran pantai sembari menikmati panorama laut di gazebo-gazebo yang dibangun di pinggiran pantai di bawah rindangnya pepohonan.

10. Bukit Sampoddo
Alternatif wisata di Palopo yang kini tengan naik daun adalah Bukit Sampoddo. Dengan bentangan alam pegunungan yang asri, Anda bisa menyegarkan pikiran dibawah rindang dan sejuknya pepohonan. Dengan udara yang segar, Anda bisa menikmati pemandangan alam di sekitar Bukit Sampoddo dari ketinggian.

11. Pulau Likubang

Jika kamu merupakan penggemar snorkeling atau diving sempatkan diri untuk menyebrang ke Pulau Likubang yang terkenal sebagai salah satu destinasi wisata bawah laut di Palopo.
Pulau ini memiliki panorama alam yang indah serta memiliki makan yang konon dipercaya sebagai penghuni pertama pulau tersebutm yaitu makan Nenek Hawang dan Nenek Poko’.

Dengan variasi tempat wisata, Palopo mampu menjadi tujuan liburan yang tak kalah menarik dibandingkan kota-kota lain di Sulawesi. Objek wisata di Palopo mana yang jadi favoritmu?

Tunggu apa lagi, segera mulai petualanganmu menyusuri keindahan wilayah selatan Sulawesi di Kota Palopo!

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini