26.3 C
Jakarta
25, April, 2024
JurnalPost.comCitizen ReporterPenerapan Sila Pertama Pancasila Dalam Kehidupan Sehari-hari di Kalangan Masyarakat

Penerapan Sila Pertama Pancasila Dalam Kehidupan Sehari-hari di Kalangan Masyarakat

Oleh : Rifki Novita Safitri
Dosen Pengampu : Nurmalia Dewi, M.Pd

Pancasila berperan sebagai dasar negara yang penting untuk dipelajari oleh warga Indonesia. Hal ini berarti setiap nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila wajib dijadikan sebagai landasan hidup bernegara. Selain itu, sebagai warga yang baik seharusnya kita menerapkan kelima sila Pancasila tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

Adapun isi lima sila Pancasila tersebut diantaranya: pertama Katuhanan yang Maha Esa, kedua Kemanusiaan yang adil dan beradab, ketiga Persatuan Indonesia, keempat Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan, kelima Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Kelima sila tersebut memilliki nilai-nilai yang harus ditanamkan dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Seperti yang kita semua ketahui sila pertama Pancasila adalah “Ketuhanan Yang Maha Esa” yang artinya kita sebagai bangsa Indonesia harus mengakui akan adanya tuhan yang menciptakan semesta beserta isinya. Lalu bagaimana Cara mengamalkan sila pertama tersebut ?, begini jawaban beberapa orang yang telah saya wawancarai.

Menurut seorang pemuda bernama Supriyanto “ Menjalankan perintah dan menjauhi larangan agama, contohnya dalam agama saya Buddha saya selalu menjalankan pudja bakti atau kebaktian Buddha Mahayana”

“kalo saya ya, Toleransi dan saling menghargai umat beragama. Meskipun beda agama, karena semboyan kita itu Bhineka Tunggal Ika yang artinya walaupun Berbeda-beda tapi tetap satu jua” tutur sorang mahasiswa palcomtech bernama Ari.

Menurut seorang perempuan bernama Dwi “ Dengan menjalankan kewajiban beribadah dan menjalankan kewajiban beragama. Seperti sholat, puasa, membaca Al-Qur’an intinya kewajiban umat islam”

Menerapkan Pancasila merupakan salah satu hak dan kewajiban warga negara Indonesia. Dengan menerapkan sila tersebut hidup kita menjadi lebih terarah dan membuat kita semakin mendekatkan diri kepada tuhan serta menjauhkan kita dari perbuatan menyimpang. Maka dari itu, ada baiknya kalau kita menerapkan sila tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Dalam menerapkannya bukan hanya sila pertama saja namun seluruh sila Pancasila.

Rekomendasi untuk anda

Jangan Lewatkan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini