32.1 C
Jakarta
20, Mei, 2024
JurnalPost.comBeritaMenilik Indahnya Surga Diujung pulau Jawa melalui canggihnya teknologi informasi; studi independen...

Menilik Indahnya Surga Diujung pulau Jawa melalui canggihnya teknologi informasi; studi independen digital startup for sustainable future

JurnalPost.com – Tak heran bahwa Indonesia melalui kaca mata Provinsi Jawa Timur yang memiliki keindahan yang berbeda ditiap-tiap wilayah. Dari ujung timur, ada Kabupaten Banyuwangi yang menyuguhkan blue fire. Kita tahu, bahwa blue fire di dunia hanya ada dua yakni di Islandia dan di Indonesia tepatnya di Banyuwangi. Iya betul, kita menyebutnya Kawah Ijen yang telah terkenal didunia. Selanjutnya kita geser ke tengah-tengah provinsi ini, yakni di Kabupaten Pasuruan, Malang, Lumajang, hingga Probolinggo terdapat salah satu gunung tercantik di Indonesia juga menjadi destinasi super prioritas oleh Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Iya kita menyebutnya gunung bromo. Serta wisata-wisata lainnya di Jawa Timur yang tak kalah indahnya.

Namun, dibalik semua keindahannya ternyata masih banyak tempat wisata tersembunyi atau yang biasa kita sebut hidden gem yang belum banyak orang tahu. Seperti pantai-pantai indah di pesisir selatan yang masih asri. Padahal jika wisata-wisata tersebut bisa dikenal banyak orang pasti bisa menjadi pemasukan tersendiri bagi masyarakat sekitar. Masih banyak tempat wisata, produk-produk ekonomi kreatif, serta keunikan-keunikan tersendiri di setiap daerah yang masih banyak orang tidak tahu. Ini menjadi PR tersendiri bagi kita untuk ikut andil mempromosikan sehingga ini bisa menjadi mata pencaharian serta sumber rezeki bagi masyarakat sekitar karena ketika banyak wisatawan yang berkunjung otomatis itu juga mendongkrak perekonomian mereka.

Menilik indahnya surga di ujung Pulau Jawa yang belum terekspos dan belum dikenal luas oleh masyarakat tentunya kami dari Tim 2 melalui program kampus merdeka yakni MSIB atau Magang dan Studi Independen Bersertifikat di PT Amati Karya Indonesia menginisiasi untuk membuat platform website yang berguna sebagai jendela informasi bagi semua wisatawan yang ingin berkunjung. Tujuan utama pembuatan inovasi ini adalah tak lain untuk menyejahterahkan masyarakat kecil dan mengembangkan UMKM agar terus tumbuh. Melalui ini juga telah menunaikan Tri Dharma Perguruan Tinggi poin ketiga yakni pengabdian kepada masyarakat.

VACANCY (Vacation Vancy) merupakan nama dari ide inovasi yang kami buat, dimana didalamnya berisi banyak hal mulai dari informasi wisata-wisata disetiap kabupaten/kota di Jawa Timur, informasi UMKM atau produk yang khas disetiap daerah, Informasi berbagai event daerah, hingga pemesanan tiket wisata sampai dengan tiket akomodasi semua bisa satu pintu dengan web ini.

Sejalan dengan visi misi dari PT Amati Karya Indonesia yang selalu mengedepankan aspek lingkungan, kami juga selalu memberikan diskon pemesanan tiket ketika user melakukan kegiatan terkait menjaga lingkungan dan di upload di website. Selain itu, website ini juga memiliki visi misi tetap menikmati keindahan wisata tetapi tidak merusaknya. Sehingga stigma wisatawan selalu mengotori tempat wisata itu dapat kami hilangkan karena sudah jadi tugas kita untuk selalu menjaga lingkungan.

Dengan canggihnya teknologi kita juga harus siap memanfaatkannya menjadi inovasi yang dapat bermanfaat bagi masyarakat banyak sehingga semakin banyak pasang mata yang menikmati indahnya surga di ujung Pulau Jawa yang masih belum tereksplorasi dengan baik. Ayo bersama-sama wisata tetapi juga peduli dengan lingkungan. Tunggu peluncuran perdana website ini dan tunjuk aksi pedulimu terhadap lingkunganmu. Vacancy, your travel buddy!

Nama : Mohammad Vavian Baharudinsyah
Prodi : Ilmu Administrasi Bisnis
Asal : UPN “Veteran” Jawa Timur
MSIB : PT Amati Karya Indonesia

Rekomendasi untuk anda

Jangan Lewatkan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini