32.9 C
Jakarta
Sabtu, Maret 6, 2021

Mari Berkelana ke Tempat yang Penuh Keindahan

Ditulis oleh Venezia Angela Widjaja

JURNALPOST – Salah satu berkat Tuhan yang begitu indah adalah negara kita, Indonesia, diberikan beraneka ragam keindahan alam yang sangat menakjubkan. Sebagai bentuk rasa syukur, maka haruslah kita manusia menjaga keindahan tersebut dengan baik dan memanfaatkannya untuk kepentingan kesejahteraan rakyat. Maka dari itu, mari kita mengenal lebih jauh tempat wisata yang terdapat di Provinsi Sulawesi Selatan, yaitu Pantai Tanjung Bira.

Pantai Tanjung Bira sangat terkenal di kalangan masyarakat Sulawesi Selatan dan terdapat beberapa wisatawan mancanegara mengetahui tempat wisata ini. Bahkan Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah, sering mengunjungi pantai ini karena di pantai ini sering diadakan festival yang dihadiri oleh pejabat-pejabat negara Provinsi Sulawesi Selatan. Pejabat-pejabat negara menyukai Pantai Tanjung Bira ini karena keindahan dan kebersihannya dikelola oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bulukumba bekerja sama dengan masyarakat sekitar.

Pantai Tanjung Bira merupakan salah satu tempat unggulan untuk berlibur di Provinsi Sulawesi Selatan. Pantai Tanjung Bira terletak di bagian selatan Pulau Sulawesi, tepatnya di Jl. Tanjung Bira, Bonto Bahari, Bulukumba, Sulawesi Selatan. Jarak yang dapat ditempuh dari Kota Makassar ke Pantai Tanjung Bira adalah 200 kilometer dengan waktu enam jam perjalanan, sedangkan apabila dari pusat Kabupaten Bulukumba, pantai ini hanya berjarak 40 kilometer dengan waktu satu sampai dua jam perjalanan.

Apabila ingin mengunjungi Pantai Tanjung Bira, sebaiknya mengambil rute dari Kota Makassar, sehingga rute perjalanannya adalah dari Kota Makassar, kemudian melewati Kabupaten Gowa, Kabupaten Takalar, Kabupaten Jeneponto, dan Kabupaten Bantaeng. Setelah itu, jaraknya sudah dekat karena telah tiba di Kabupaten Bulukumba. Walaupun perjalanannya cukup jauh, namun kita tidak akan bosan selama di perjalanan karena akan disuguhi dengan berbagai macam pemandangan alam Sulawesi Selatan yang indah.

Untuk dapat memasuki wilayah Pantai Tanjung Bira, kita akan dikenai biaya tiket masuk, yaitu Rp. 10.000 untuk wisatawan domestik dan Rp. 20.000 untuk wisatawan asing dan harga tiket ini berlaku pada hari biasa. Berbeda dengan hari Minggu atau pun hari libur yang akan dikenai biaya tiket masuk, yaitu Rp. 15.000 untuk wisatawan domestik dan Rp. 30.000 untuk wisatawan asing. Selain membayar tiket masuk, kita juga diwajibkan untuk membayar parkir, yaitu untuk kendaraan roda dua seharga Rp. 5.000 dan kendaraan roda empat seharga Rp. 10.000.

Fasilitas dari suatu tempat wisata sangat penting keberadaannya untuk menunjang wisatawan yang datang. Sebagus apa pun tempat wisata tersebut, namun jika fasilitasnya kurang memadai, tempat tersebut akan sepi pengunjung. Kalau ditanya fasilitas apa saja yang terdapat di Pantai Tanjung Bira, kita tidak perlu khawatir karena terdapat beraneka ragam fasilitas yang telah tersedia di sekitar wilayah Pantai Tanjung Bira.

Jangan takut apabila berpikir akan kehabisan penginapan, karena di sekitar Pantai Tanjung Bira terdapat banyak penginapan yang dapat kita pilih. Mulai dari yang berbentuk resort hingga rumah warga biasa. Harga penginapannya pun bervariasi sehingga dapat disesuaikan dengan budget kita untuk berlibur. Ada yang murah dan ada yang cukup mahal, tergantung kelebihan apa yang akan didapatkan.
Sebagai referensi, harga penginapan tidak semahal yang kita bayangkan. Cukup dengan modal Rp. 400.000 saja, kita sudah bisa memperoleh penginapan yang nyaman untuk di tinggali.

Selain adanya tempat penginapan yang bervariasi, ada pula tempat makan yang terdapat di wilayah Pantai Tanjung Bira. Kita dapat menemukan berbagai rumah makan yang menghidangkan makanan seafood; makanan khas Makassar, yaitu seperti coto dan palubasa; atau pun makanan yang sering kita jumpai, yaitu nasi goreng.

Terdapat pula pedagang-pedagang kecil di sekitar pantai. Ada yang menjual sosis bakar, jagung bakar, minuman dingin, kacamata, baju, keripik khas Bulukumba, dan pernak-pernik dari kerang. Fasilitas di pantai ini sangat lengkap sehingga kita tidak perlu keluar dari wilayah pantai untuk mencari barang-barang keperluan kita.

Pantai Tanjung Bira tidak kalah seru dengan pantai lainnya karena di pantai ini kita dapat menemukan berbagai permainan air yang seru untuk dicoba bersama teman atau keluarga. Permainan air yang tersedia di Pantai Tanjung Bira, yaitu Banana Boat dan Donat Boat. Terdapat pula fasilitas untuk berolahraga air, seperti jet ski dan menyelam (diving). Kita juga dapat bermain voli pantai di pantai ini karena pasirnya yang putih dan lembut.

Apabila kita akan mengunjungi Pantai Tanjung Bira, ada beberapa tips yang dapat dilakukan agar persiapan kita menjadi lebih baik. Tips yang pertama adalah jangan lupa untuk membawa sun block agar kulit kita tidak terkena sinar UV matahari yang dapat menyebabkan kanker kulit. Tips yang kedua adalah apabila kita ingin bermain di pantai, hindari pada saat matahari terik, yaitu jam 11.00-15.00 WITA. Waktu terbaik untuk bermain di pantai adalah pada pagi hari, yaitu jam 07.00-10.00 WITA dan pada sore hari, yaitu jam 16.00-18.00 WITA. Tips ketiga adalah jangan lupa menjaga barang bawaan kita agar tidak terjadi kehilangan. Dan tips yang terakhir adalah jangan sia-siakan waktu kita dan nikmatilah keindahan dan keseruan Pantai Tanjung Bira ini.

Jadi, jangan ragu untuk berkunjung ke Pantai Tanjung Bira, karena pantai ini dapat menghadirkan beribu kenangan baru untuk kita ingat dan ceritakan. Wonderful Indonesia.

Berita terbaru

Berita Menarik Lainnya

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini