26.7 C
Jakarta
20, Mei, 2024
JurnalPost.comNasionalKunjungan Dubes dan Atdikbud RI untuk Arab Saudi

Kunjungan Dubes dan Atdikbud RI untuk Arab Saudi

Beberkan Peluang Studi Lanjut di Arab Saudi pada Santri Thursina

Foto bersama dengan santri SMA Putri Thursina IIBS.

JurnalPost.com – “Saya sangat mengagumi perkembangan pendidikan yang dipimpin anak-anak muda seperti disini, dalam usia yang masih delapan tahun sungguh sangat membanggakan, keberadaan lembaga pendidikan ini merupakan bentuk upaya ikut andil memenuhi konstitusi dalam rangka ikut mencerdaskan kehidupan berbangsa”.

Hal itu disampaikan Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Arab Saudi Dr. Abdul Aziz Ahmad dalam lawatannya ke Thursina International Boarding School (IIBS), Rabu (01/02). Kunjungan ini menjadi agenda dalam memberikan motivasi dan reorientasi studi lanjut khususnya di Arab Saudi.

Dalam sambutannya, Bapak Aziz menyampaikan, sebagai santri selain menghafal Al-Quran juga harus memahami konstitusi. Sebagaimana diketahui konstitusi mengatur hubungan dalam bernegara dan bermasyarakat. Seorang santri sebagai calon pemimpin di masa depan harus menyeimbangkan kedua hal itu agar kehidupan berjalan seimbang.

“Saat ini anda sedang digodok untuk menjadi manusia multidimensional, manusia yang multidimensional itu harus memiliki pola pikir global,” jelas Bapak Aziz.

Manusia global senantiasa mengedepankan berpikir secara luas, mampu beradaptasi dalam menyerap informasi dari berbagai belahan dunia. Selanjutnya dari pengetahuan itu dapat dihubungkan untuk mengembangkan diri dan berdampak pada sekitar. “Upaya seperti ini harus terus kita galakkan agar semua potensi bangsa ini dapat maju secara maksimal,” imbuhnya.

Sementara itu Atase Pendidikan dan Kebudayaan (Atdikbud) Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Riyadh, Dr. Badrus Sholeh, S.Ag., M.A., Ph.D juga didapuk menjadi pemateri dalam talkshow yang dimoderatori Chief of Thursina International Office, Ustadz Imam Awaludin, Ph.D. Pada kesempatan tersebut beliau menyampaikan terkait skema peluang emas melanjutkan pendidikan di Arab Saudi.

Terkait hubungan Indonesia dengan Arab Saudi di bidang pendidikan khususnya, Arab Saudi membuka 500 peluang beasiswa untuk mahasiswa asal Indonesia setiap tahunnya baik jenjang S1, S1, hingga program S3.

“Saat ini pilihan untuk melanjutkan studi tidak hanya ke eropa saja, melainkan Arab Saudi telah membuktikan kampusnya yang memiliki peringkat top 100 besar dalam jajaran kampus dunia, ini bisa menjadi destinasi untuk melanjutkan studi lanjut yang tak kalah dari eropa,” ungkap dosen hubungan internasional UIN Jakarta itu.

Arab Saudi tak hanya menjadi tujuan pendidikan lanjut sudi islam, kini lebih dari 15 kampus di Arab Saudi membuka peluang beasiswa untuk studi di bidang sain dan teknik. Bahasa pengantarnya tidak hanya mengunakan Bahasa Arab, melainkan Bahasa Inggris juga menjadi pengantar untuk studi sains dan teknik.

Sementara untuk studi islam dan ilmu sosial tetap menggunakan Bahasa Arab. “Studi lanjut sains dan teknik tak kalah dari kampus di eropa, sekaligus anda dapat fasilitas untuk haji dan umroh,” sambungnya.

Terkait fasilitas yang didapat bagi mahasiswa yang studi lanjut di Arab diantaranya adalah tiket pesawat PP pertahun, subsidi makan, uang bulanan, asrama gratis hingga fasilitas haji dan umroh. Adapun terkait persyaratan yang harus dipersiapkan calon mahasiswa diantaranya adalah kemampuan bahasa internasional, transkrip nilai serta surat rekomendasi.

Kuliah di Arab Saudi menurutnya tidak hanya membuat hebat pada satu bidang ilmu, tetapi akan menyiapkan menjadi pemimpin muslim dunia di masa yang akan datang.

“Insyallah santri-santri dari sekolah ini telah memiliki bekal itu semua sehingga siap untuk bersaing dalam seleksi beasiswa, lingkungan Thursina menggambarkan bahwa anda bisa bersaing secara internasional”. Pungkasnya

Talkshow yang digelar di Thursina Islamic Conference Hall (TICH) turut hadir pula CEO of Thursina Ustadz Nur Abidin, M.Ed, Chairman of Thursina Ustadz Muhammad Ali Wahyudi, M.Pd, santri yang kelas XI dan kelas XII serta civitas akademika Thursina IIBS.

Mendukung hal itu CEO of Thursina Ustadz Nur Abidin, M.Ed berharap kepada para santri agenda ini untuk dijadikan cakrawala baru wawasan baru untuk yang ingin kuliah ke luar negeri khususnya Arab Saudi. “Ini adalah momentum kemudahan untuk studi di Arab Saudi, the best destination study untuk antum,” pungkasnya.

Rekomendasi untuk anda

Jangan Lewatkan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini