26.3 C
Jakarta
19, Mei, 2024
JurnalPost.comProfilAngel Paskadora Nayoan: Sosok Inspiratif yang Patahkan Standar Kecantikan Dunia Peagent

Angel Paskadora Nayoan: Sosok Inspiratif yang Patahkan Standar Kecantikan Dunia Peagent

Angel Paskadora Nayoan

JurnalPost.com – Grand Final Pemilihan Duta Muda Sumatera Utara 2024 yang berlangsung pada hari Sabtu, 13 Januari 2024 di Aula Raja Inal Kantor Gubernur Sumatera Utara menyorot perhatian publik dengan hadirnya seorang gadis bertubuh gemuk.

Setelah melewati rangkaian seleksi sejak Oktober 2023, sebanyak 21 pasang finalis dari berbagai daerah berhasil lolos ke babak grand final. Dalam putaran pertama, diumumkan 10 pasang finalis terbaik yang dinilai pada masa karantina. Salah satunya adalah Angel Paskadora Nayoan, finalis bertubuh gemuk asal kota Medan yang merupakan mahasiswi double degree jurusan Destinasi Pariwisata dan Manajemen.

Tantangan yang harus dilewati top 10 adalah menyampaikan pidato dalam waktu 1 menit menggunakan tema yang diundi di atas panggung. Pada kesempatan tersebut, Angel mendapatkan tema “Diversity dan Inklusivitas” dan ia berhasil memberikan pidato menyentuh yang menggemparkan seisi ruangan.

“Sebagai seseorang yang hidup di Sumatera Utara yang begitu kaya, perbedaan adalah hal yang sangat sering kita temui. Namun taukah anda? Bahwa perbedaan bukan hanya tentang suku, budaya, adat, seni, agama dan lain sebagainya. Namun cara kita berpikir, cara kita bertingkah laku, bahkan postur tubuh kita juga merupakan bagian dari perbedaan. Bagaimana kita membuat perbedaan tersebut menjadi sebuah inklusivitas dimana baik orang gendut, orang kurus, orang putih, orang hitam, berambut keriting atau lurus bahkan saudara- saudari disabilitas kita harus memberikan pendapat dan harus diterima dimanapun di setiap sudut Sumatera Utara.”

Pidato tersebut menghantarkan Angel melaju ke jajaran top 5. Dalam top 5 para finalis harus menjawab pertanyaan dari dewan juri. Dalam sesi ini terungkap bahwa gadis berusia 20 tahun ini telah mendirikan sebuah organisasi sosial sejak 2022 bernama Tourism Youth Indonesia dan telah berhasil mengumpulkan pemuda- pemudi terbaik Indonesia dari berbagai provinsi untuk turun langsung ke desa- desa Sumatera Utara untuk melakukan berbagai program seperti edukasi UMKM yang menambah nilai jual kearifan lokal, berbagi perlengkapan sekolah ke anak desa, edukasi pola hidup sehat, pemeriksaaan kesehatan gratis dan berbagai program sosial nyata lainnya. Akhirnya, Angel Paskadora Nayoan dinobatkan sebagai Duta Muda Pariwisata Sumatera Utara.

Ternyata Angel Paskadora Nayoan memang dikenal sebagai seorang gadis cerdas yang berjiwa sosial tinggi. Ia membuktikan bahwa menjadi gendut bukan alasan untuk rendah diri dan tidak berani beraksi. Dengan tubuh gemuknya ia berhasil membawa nama Indonesia dalam pertukaran pelajar ke Turkie 2021 dan Singapura 2023, serta menjadi delegasi Indonesia dalam Asia Youth Model United Nation conference 12 di Malaysia. Ia juga merupakan volunteer nasional yang telah mengabdi di pulau Sumatera, Jawa hingga Papua. Kepercayaan diri, kecerdasan, dan ketulusannya memancarkan makna cantik yang sesungguhnya.

Rekomendasi untuk anda

Jangan Lewatkan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini