27.4 C
Jakarta
Senin, Januari 18, 2021

Tips Memilih Maskapai Penerbangan, Biar Perjalananmu Nyaman dan Aman!

Maskapai Penerbangan

Kecelakaan Pesawat Memang Tidak Bisa Diprediksi. Namun Sebaiknya Kita Mengupayakan Untuk Menghindari Kecelakaan Dengan Memilih Maskapai Penerbangan Yang Tepat. Mau Tahu Bagaimana Caranya? Simak Info berikut Ini.

JURNALPOST – Dewasa ini sudah banyak orang yang memilih transportasi udara sebagai alat untuk bepergian. Karena meskipun harganya lebih mahal, bepergian menggunakan pesawat dirasa lebih nyaman dan cepat sampai tujuan.

Namun bagi yang belum pernah atau belum terbiasa menaiki pesawat, mungkin akan merasa sedikit takut atau khawatir. Pasalnya, insiden pesawat jatuh bagaikan momok yang sangat mengerikan. Kecelakaan pesawat sendiri disebabkan karena beberapa faktor. Mulai dari faktor cuaca, human error hingga cacat pada mesin.

Kemarin 9/1/2021 pesawat Sriwijaya Air SJ-182 rute Jakarta-Pontianak yang hilang kontak sesaat setelah kemarin meninggalkan Bandara Soekarno Hatta. kecelakaan ini bahkan menewaskan sebanyak 62 orang penumpang dan awak pesawat.

Sebuah kecelakaan memang tidak bisa diprediksi. Namun sebagai penumpang, ada baiknya bagi kita untuk mengupayakan semaksimal mungkin menghindari kecelakaan dengan memilih maskapai penerbangan yang tepat.

Nah, lantas bagaimana caranya agar kita bisa mengetahui maskapai penerbangan yang aman dan dapat dipercaya? Simak informasi selengkapnya berikut ini.

Pilihlah Maskapai Penerbangan Yang Memiliki Reputasi Baik

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah memilih maskapai penerbangan yang memiliki reputasi baik. Kalau bisa, pilih maskapai yang paling baik yang ada di Indonesia maupun luar negeri.

Cara melakukannya pun cukup mudah. Kamu bisa melakukan pencarian di berbagai sumber yang bisa didapat dengan mudah di internet. Untuk mencari maskapai dengan reputasi baik, kamu bisa melihatnya dari manajemen perusahaan hingga kualitas serta performa maskapai itu sendiri. Semakin baik manajemen perusahaan, maka akan semakin baik pula tanggung jawabnya terhadap penumpang.

Selain itu, pemilihan pesawatnya juga cukup penting. Karena maskapai yang baik, akan selalu memperbarui pesawatnya ke versi terbaru dengan peremajaan pesawat. Karena menggunakan pesawat yang tua untuk melakukan perjalanan jauh bisa membuat takut dan was-was kan?

Perhatikan Riwayat Kecelakaan Pesawat Sebelum Memilih Maskapai Penerbangan

Tentunya kita tahu jika tidak ada satupun maskapai penerbangan yang sempurna. Sebab setiap maskapai pasti memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing.

Meski demikian, kamu perlu untuk mencermati “raport merah” maskapai yang akan kamu pilih. Sebab aman atau tidaknya maskapai yang kamu pilih bisa dilihat dari data kecelakaan yang pernah terjadi.

Di Indonesia sendiri, kecelakaan pesawat cukup sering terjadi, baik yang ringan hingga fatal dan menyebabkan korban jiwa. Tapi untuk lebih amannya, sebaiknya kita mengecek terlebih dahulu tentang daftar kecelakaan yang pernah dialami oleh maskapai yang akan kita pilih.

Sebelum Memilih Maskapai Penerbangan, Cek Dulu Harga Dan Kualitasnya

Setiap maskapai penerbangan tentu mematok harga yang berbeda-beda. Karena itu, kamu harus cermat dalam memilih maskapai mana yang akan kamu gunakan pesawatnya.

Saat ini memang ada banyak maskapai yang menawarkan harga tiket terjangkau dan menggoda. Namun, keamanan dan kenyamanan pesawat adalah yang utama.

Maksudnya adalah, sebuah maskapai tidak mungkin mematok harga mahal jika pelayanannya tidak lebih baik dari maskapai lain yang harganya lebih murah. Karena itu, sebaiknya pilihlah maskapai yang harga tiketnya sedikit lebih mahal tapi memiliki tingkat keamanan dan kenyamanan yang lebih baik.

Perhatikan Juga Testimoni Dari Penumpang Lain Sebelum Memilih Maskapai

Tips selanjutnya untuk memilih maskapai penerbangan yang aman dan nyaman adalah dengan mengetahui testimoni dari penumpang yang lain. Sebab penumpang sebelumnya pasti sudah memiliki pengalaman dan tanggapannya sendiri tentang sebuah maskapai penerbangan.

Cara melakukannya cukup mudah. Kamu bisa bertanya pada saudara, kerabat atau pihak lainnya tentang maskapai paling baik mana yang pernah mereka gunakan. Testimoni mereka bisa kamu jadikan rujukan dalam memilih maskapai mana yang paling cocok, aman dan nyaman.

Tapi sebagai masyarakat yang cerdas, kamu tidak boleh terpancing begitu saja dengan testimoni yang mereka berikan. Karena selain testimoni dari mulut ke mulut, kamu bisa lebih memastikannya melalui pencarian di internet.

Cari Aman Dengan Mencari Informasi Tentang Pilot Dan Awak Kabin Sebelum Memilih Maskapai

Langkah berikutnya yang bisa kamu lakukan untuk mencari maskapai penerbangan yang aman adalah dengan mengetahui tingkat profesionalitas kru pesawat. Mulai dari pilot hingga awak kabin yang bertugas.

Cara ini memang agak sulit dilakukan, karena kita biasanya tidak mengetahui tentang identitas pilot yang akan menerbangkan pesawat kita. Namun bukan berarti tidak ada yang bisa dilakukan sama sekali. Tapi pastikan untuk tidak sampai melanggar privasi pilot maupun awak kabin yang kita cari tahu informasinya.

Kamu bisa mengetahuinya melalui jam terbang para pilot. Selain itu, bisa juga dilihat dari cara awak kabin dalam melayani penumpang. Semakin tegas mereka mengingatkan tentang keamanan dan keselamatan penumpang, maka semakin baik pula kinerjanya.

Sebelum Memilih Maskapai Penerbangan, Cari Tahu Tentang Penghargaan Yang Pernah Diterima

Sebelum memilih maskapai penerbangan, kamu harus pintar-pintar mencari informasi. Salah satunya adalah tentang berbagai penghargaan yang pernah mereka peroleh.

Sebab maskapai penerbangan yang baik biasanya sering menerima penghargaan dari instansi yang berkaitan. Pasalnya, hal ini berkaitan dengan cara untuk mengukur kredibilitas sebuah maskapai penerbangan.

Karena itu, semakin banyak penghargaan yang diterima oleh sebuah maskapai, maka semakin baik pula kualitas yang dimilikinya. Misalnya, Garuda Indonesia yang pernah mendapatkan penghargaan World’s Best Cabin Crew pada tahun 2014.

Perhatikan Tingkat Pelayanan Dan Fasilitas Yang Disediakan Maskapai Pilihan

Nah, tips terakhir dalam memilih maskapai penerbangan yang aman dan nyaman adalah dengan memperhatikan tingkat pelayanan dan fasilitas yang diberikan. Sebab faktor kenyamanan menjadi salah satu poin penting dalam memilih sebuah maskapai, terutama bagi kamu yang hendak melakukan perjalanan jauh.

Ada beberapa hal yang harus kamu cek. Mulai dari jarak antar tempat duduk, bagasi gratis yang disediakan, makanan di saat penerbangan, kecepatan layanan pelanggan dan lain sebagainya.

Selain itu, kamu juga bisa memperhatikan tentang keterlambatan atau ketepatan waktu maskapai itu sendiri. Sebab maskapai yang sering delay atau telat biasanya akan cukup menjengkelkan. Karena itu, beberapa maskapai biasanya akan memberi kompensasi berupa snack atau minuman jika pesawatnya datang terlambat. Tapi jika kamu tak ingin perjalananmu terganggu, sebaiknya pilih maskapai yang terkenal tepat waktu.

Demikian 7 tips memilih maskapai penerbangan yang aman dan nyaman untuk kalian. Jika kalian ingin mengetahui tentang rahasia penerbangan.

Berita terbaru

Berita Menarik Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini