24 C
Jakarta
Kamis, Mei 6, 2021

Tiga Daerah Penguat Ekonomi di Bulukumba

JURNALPOST – Kabupaten Bulukumba di Sulawesi Selatan memiliki kota kecematan yang memiliki Perkembangan ekonomi relatif cepat.

Kepala Bidang Perdagangan Pemkab Bulukumbaba Muh Idham menyampaikan bahwa ke ketiga ibu kota kecamatan tersebut yang memiliki perekonomian yang maju yakni Tanete yang terletak di Kecamatan Bulukumpa.

Di kota ini terdapat banyak bank Pegadaian, dan dua cabang perbankan, yaitu Bank BRI dan cabang Bank Mandiri. Ada juga delapan kedai kopi dan cafe. Selain itu, juga memiliki supermarket modern.

Daerah ini terkenal dengan hasil pertaniannya yang maju seperti cengkeh, lada, coklat dan beras serta karet, manggis, rambutan dan durian. Ada juga perusahaan penanaman karet yaitu PT Lonsum Estate Balambessie.

Selain Tanete, ada juga ibu kota kecamatan yang berkembang baik di Kassi, Kajang. Di daerah  ini, meskipun jaringan Internet PT Telkom tidak mencakupnya, namun perkembangan ekonomi telah maju.

Ibukotanya terbilang maju karena merupakan tempat pendaratan ikan layang terbesar di selatan Sulawesi Selatan.

Begitu pula dengan Tanaberu di Kecamatan Bontobahari. Kota ini dikenal sebagai kota wisata di Semenanjung Sulawesi Selatan.

Kota ini berkembang karena memiliki kawasan industri kapal pinisi dan tempat wisata di Bira dan Appalarang, serta penduduknya adalah nelayan. Di kawasan ini banyak terdapat supermarket modern dan showroom motor, serta beberapa kantor perwakilan bank.

“Ketiga ibukota kecamatan ini sebagai daerah pendukung perputaran ekonomi yang maju dengan memanfaatkan potensi alamnya masing-masing. Penilaian ini jika dilihat secara langsung di lapangan,” Kamis (29/04/2021). Citizen Reporter: Akbar

Jurnalpost.com adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis. Berita ini dibuat dengan formulir pengiriman. Silahkan login untuk memulai menulis!

Berita terbaru

Berita Menarik Lainnya

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Masuk

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Masuk

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.