27.7 C
Jakarta
Minggu, Januari 17, 2021

Siswa SMA Unggulan BPPT Al Fattah Lamongan Raih Juara I Lomba Esai Nasional

Lomba Esai Nasional

JURNALPOST – Dimas Rizky Setyawan, salah seorang siswa kelas XII SMA Unggulan BPPT Al Fattah Lamongan berhasil menyabet juara pertama dalam lomba NECFEST (National Essay Competition Festival) tahun 2020 tingkat SMA/SMK sederajat yang diadakan oleh Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Lomba NECFEST ini dilaksanakan melalui beberapa tahapan. Diawali dengan sesi pendaftaran serta pengumpulan karya pada tanggal 18 – 22 Oktober 2020, penilaian dan penjurian pada tanggal 28 Oktober 2020.

Dalam lomba yang dilaksanakan secara online ini, Dimas membuat karya esai dengan judul “M-IPATBO : Inovasi Sistem Pertanian Cerdas Sebagai Upaya Peningkatan Prokdutivitas Padi di Indonesia”.
“Motivasi saya membuat aplikasi M-IPATBO ini berangkat dari keprihatinan melihat sistem pertanian di tempat tinggal saya, Mantup-Lamongan, yang masih jauh dari pemanfaatan teknologi, sehingga hasil pertaniannya, khususnya padi, tingkat produktivitasnya masih sangat rendah tiap tahunnya,” tutur Dimas.

Aplikasi yang memuat berbagai fungsi komponen elektronika ini memiliki beberapa feature yang mudah dijalankan dari HP android. Diantaranya bisa digunakan sebagai alat pengukur pH tanah, suhu lingkungan serta penggunaan pupuk yang tepat. Selain itu, aplikasi M-IPATBO juga bisa digunakan untuk memprediksi waktu panen.

Namun, disamping memiliki kelebihan, aplikasi M-IPATBO juga memiliki kekurangan yaitu membutuhkan koneksi jaringan internet. Namun menurut Dimas, hal itu bukanlah masalah yang berarti karena akses internet saat ini tidak begitu sukar dicari dengan banyaknya warung-warung kopi di pedesaan yang memasang Wifi.

*Oleh : Shima Priyanka Anti Tirani
*Penulis adalah Siswi Kelas XII dan Pimred Ekstra Jurnalistik di SMA Unggulan BPPT Al Fattah Lamongan

Berita terbaru

Berita Menarik Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini