34 C
Jakarta
23, April, 2024
JurnalPost.comEkonomiPentingnya Peningkatan Pembangunan Infrastruktur di Provinsi Jawa Timur

Pentingnya Peningkatan Pembangunan Infrastruktur di Provinsi Jawa Timur

JurnalPost – Dapat kita ketahui dengan adanya pembangunan infrastruktur itu salah satu jembatan yang dapat meningkatkan perekonomian di Indonesia terutama di provinsi Jawa Timur, sudah tidak asing lagi di provinsi Jawa Timur sudah dapat terlihat kemajuan perekonomiannya dengan pendistribusian mulai dari barang, sembako dan lain-lainnya.

Namun walaupun sudah mulai berkembang pesat perekonomiannya pemerintah provinsi Jawa Timur sendiri perlu meningkatkan pembangunan infrastruktur untuk kemajuan provinsi Jawa Timur agar tidak tertinggal dengan provinsi lainnya dan dapat meningkatkan perekonomiannya lebih maju lagi, karena dalam pembangunan infrastruktur ini sangat penting untuk menunjang kemudahan akses apapun selain dari sektor ekonomi dapat juga dari sektor sosial.

Dapat diketahui bahwa infrastruktur dan fasilitas yang ada di provinsi Jawa Timur saat ini. Kementrian Perhubungan telah membangun dan mengembangan segala potensi infrastruktur transportasi guna menunjang aktivitas yang ada di Jawa Timur, tidak hanya Kementrian Perhubungan saja tetapi dari pemerintah Jawa Timur sendiri juga mendorong pembangunan infrastruktur dan fasilitas di Jawa timur seperti jalan raya, fasilitas kesehatan hingga sumber daya air.

Dari tindakan dari Kementrian Perhubungan maupun dari pemerintah Jawa Timur sendiri dapat dilihat perkembangan 10 tahun terakhir bahwa provinsi Jawa Timur dalam pembangunan infrastruktur berkembang secara pesat. Dibalik itu semua juga didukung oleh adanya perkembangan ekonomi yang pesat juga.

Dan saat ini pemerintah Jawa Timur sendiri dalam peningkatan pembangunan infrastruktur sendiri berfokus pada pembangunan infrastruktur fisik, energy, transportasi yang bertujuan untuk meningkatkan konektivitas dari darat,laut, maupun udara. Dan dalam pembangunan ini juga didukung oleh Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan investasi juga Menteri Kelautan dan Perikanan.

Karena pembangunan ini harus bersinergi dengan program strategis nasional selain itu juga Menteri Kelautan dan Perikanan mendukung dalam pembangunan infrastruktur salah satunya dalam penyelesaian tata ruang dan rencana zonasi kawasan strategis nasional.

Dari pemerintah provinsi Jawa Timur sendiri dalam pembangunan ini menginginkan agar pembangunan ini dapat meningkatan pertumbuhan ekonomi yang sangat pesat lagi dimasa yang akan dating. Dan dapat dilihat bahwa 90.3% pembangunan infrastruktur yang sangat terlihat yaitu jalan provinsi yang sudah memasuki kriteria sangat bagus.

Selain itu pembangunan sarana prasarana air minum dan sanitasi menjadi fokus utama juga, hal ini menjadi tanggung jawab pemerintah Jawa Timur lagi untuk terus mendorong dalam peningkatan pembangunan infrastruktur dan fasilitas yang ada di jawa timur.

Oleh: Mohammad Pratama Virendra Alghifari, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Malang

Rekomendasi untuk anda

Jangan Lewatkan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini