33.1 C
Jakarta
28, April, 2024
JurnalPost.comNasionalDi Makassar, Jokowi telah meresmikan Sistem Pengelolaan Air Limbah

Di Makassar, Jokowi telah meresmikan Sistem Pengelolaan Air Limbah

Presiden Joko Widodo meresmikan Sistem Pengelolaan Air Limbah Domestik Terpusat (SPAL-DT) Losari, Kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan, pada Kamis, 22 Februari 2024. Foto Biro Pers dan Sekretariat Presiden.

Jakarta, JurnalPost.com – Pada Kamis, 22 Februari 2024, Presiden Joko Widodo atau Jokowi secara resmi mengesahkan Sistem Pengelolaan Air Limbah Domestik Terpusat (SPAL-DT) di Losari, Kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan. Dalam kesempatan tersebut, Jokowi menegaskan betapa pentingnya perangkat ini dalam mengelola limbah cair secara ramah lingkungan.

“(Ini juga penting) untuk meningkatkan kualitas air tanah dan air baku serta meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat kita,” kata Jokowi dalam sambutannya, dikutip dari keterangan Biro Pers Sekretariat Presiden Kamis 22 Februari 2024.

SPAL-DT Losari, yang dibangun dari tahun 2019 hingga 2023 dengan biaya sebesar Rp1,2 triliun, memiliki kapasitas sebesar 16 ribu meter kubik per hari dan jaringan perpipaan air limbah sepanjang 96 kilometer. Pemerintah memperkirakan bahwa sistem ini dapat melayani sebanyak 41 ribu kepala keluarga.

Presiden Jokowi berharap bahwa SPAL-DT ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap masalah pencemaran lingkungan di Kota Makassar. Beliau juga menginginkan agar pengoperasian SPAL-DT ini dapat memperkuat integrasi penanganan air limbah di Kota Makassar.

“Kota Makassar makin bersih, kualitas lingkungan, kualitas air tanah, kualitas air baku makin baik dan masyarakat makin sehat dan produktif,” ucap Presiden.

Ikut serta mendampingi Presiden dalam acara peresmian tersebut adalah Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Pj. Gubernur Sulawesi Selatan Bahtiar Baharuddin, serta Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto.

Rekomendasi untuk anda

Jangan Lewatkan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini