32.2 C
Jakarta
25, April, 2024
JurnalPost.comNasionalBegini Cara Cek Bantuan Terdampak Covid-19 Rp.600 Ribu, Ayo Cek Disini

Begini Cara Cek Bantuan Terdampak Covid-19 Rp.600 Ribu, Ayo Cek Disini

Cek Bantuan Terdampak Covid

JURNALPOST – Keluhan seputar penyaluran bantuan sosial (bansos) dalam rangka menopang perekonomian selama pandemi Covid-19 terus berdatangan dari masyarakat beberapa waktu yang lalu. Berangkat dari keluhan tersebut, Kementerian Sosial terus berupaya untuk mencari cara agar bansos Covid-19 ini benar-benar tepat sasaran.

Bansos Covid-19 diberikan kepada masyarakat yang terdampak pandemi virus corona senilai Rp 600.000 per bulan. Salah satu yang diusahakan Menteri Sosial, Juliari P Batubara yakni meminta kepada pemerintah daerah yang memperoleh alokasi bansos untuk membuka data penerima manfaat secara transparan.

Dengan transparansi penyaluran tersebut, diharapkan masyarakat bisa saling mengawasi jika terjadi kejanggalan sasaran yang dirasa kurang tepat. Selain itu, untuk meminimalisir aksi protes warga terkait sasaran bansos Covid-19, Kemensos telah menyediakan layanan untuk masyarakat agar bisa mengecek status kepesertaan bansos. Layanan tersebut bisa berupa mendatangi Dinas Sosial setempat atau melalui laman Pusdatin Kemensos.

“Bisa tanya data tersebut ke Dinsos Kabupaten/Kota. Atau jika sudah punya data NIK dapat di-crosscheck kepesertaan bansosnya di https://cekbansos.siks.kemsos.go.id/,” jelas Ujang T Hidayat

Berikut cara mengecek status kepesertaan bansos

  1. Klik laman cekbansos.siks.kemsos.go.id
  2. Pilih ID kepesertaan yang diinginkan
  3. Masukkan nomor kepesertaan dari ID yang dipilih
  4. Masukkan nama yang sesuai dengan ID yang dipilih
  5. Masukkan dua kata yang tertera dalam kotak captcha
  6. Klik cari

Sistem akan mencocokkan ID dan nama yang diinput dan membandingkan antara nama yang diinput dengan nama yang ada di dalam database. Setelah itu, keterangan bansos akan ditampilkan didalam aplikasi tersebut.

Silahkan langsung tekan tombol CEK DISINI dibawah ini untuk Mengecek Bantuan Terdampak Covid-19 Rp.600.000 Kamu.

Jika lama terbuka silahkan tunggu beberapa saat karena kemungkinan sistem lagi sibuk, catatan menggunakan perangkat laptop atau pc jauh lebih baik

Bantuan Terdampak Covid-19 Rp.600.000

Rekomendasi untuk anda

Jangan Lewatkan

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini