5 Wisata kuliner legendaris khas Makassar yang wajib kamu cicipi

JURNALPOST – Bagi kamu yang hobi traveling dengan budget murah, Makassar merupakan destinasi yang sangat cocok. Kota terbesar di luar Pulau Jawa ini tidak hanya menawarkan beragam tempat liburan murah, Makassar sangat terkenal dengan Pantai Losari, Namun ciri khas makassar yang sesungguhnya ada pada kulinernya. Boleh dikata, Makassar adalah surga bagi pecinta kuliner. Berikut 5 wisata kuliner di Makassar yang wajib kamu cicipi saat berkunjung nanti.

Coto Makassar

Ketika orang menyebut makanan khas Makassar, maka Coto Makassar adalah hidangan yang selalu disebut. Tak sedikit pula orang yang menyamakan coto dengan soto. Padahal, keduanya sangat berbeda. Coto Makassar terbuat dari potongan daging sapi dengan beragam rempah-rempah pada kuahnya. Saat dihidangkan, ada tambahan bawang goreng, daun bawang, serta perasan jeruk nipis yang akan membuatnya terasa sangat nikmat. Ketupat sendiri akan menambah kelezatan Coto Makassar.

Makanan khas makassar yang kaya rempah ini memang sangat terkenal di seluruh penjuru Nusantara bahkan Mancanegara sekalipun, dan banyak orang yang datang ke Makassar pasti pernah mencicipi coto makassar.

Kuliner yang kedua adalah Sop Saudara

Sop saudara merupakan masakan khas dari Sulawesi Selatan berupa hidangan berkuah dengan bahan dasar daging sapi yang biasanya disajikan bersama bahan pelengkap seperti bihun, perkedel kentang, jeroan sapi, dan telur rebus. Masakan ini umum dikonsumsi bersama dengan nasi putih dan ikan bolu bakar. Just Info nih kalau penamaan sebagai Sop Saudara itu memiliki Arti S: saya O:orang P:Pangkep SAUDARA jadi Sop Saudara Sebuah Makanan Yang Menjadi Identitas.

Next Kuliner Khas Makasar Berikutnya adalah Sop Konro

Konro Bakar Karebosi
Konro Bakar Karebosi

Kuliner berbahan iga sapi yang menyatu dengan kuah beragam rempah bernama Sop Konro. Untuk menikmati seporsi Sop Konro, orang-orang biasanya menggunakan sedotan agar bisa menikmati isi bagian dalam tulang sapi. Makanan ini juga cocok disantap dengan ketupat.

Pallu Basa

Makanan khas lain yang akan sangat sayang untuk dilewatkan ketika berada di Makassar adalah Pallubasa. Bahan utama hidangan yang satu ini juga masih menggunakan olahan daging sapi dengan kuah beragam rempah. Proses memasaknya pun hampir sama dengan Coto Makassar, yaitu direbus dalam waktu lama. Setelah matang, jeroan yang ditambah dengan daging itu diiris-iris, kemudian ditaruh/dihidangkan dalam mangkuk.

Asal kata pallubasa terdiri dari dua kata yaitu pallu dan basa yang artinya masak/memasak dan basah/kuah Dahulu, Pallubasa dengan daging sapi sirloin dan tenderloin hanya disajikan untuk disantap oleh keluarga kerajaan, sementara bagian jeroan disajikan untuk masyarakat kelas bawah atau abdi dalem pengikut kerajaan.

Kuliner Legendaris Khas Makassar yang terakhir adalah Pallu Butung

Pallu butung kembaran es pisang ijo, Sama seperti pisang ijo, pallu butung merupakan makanan khas Makasssar. Biasanya dijajakan sebagai jajanan jalan (street food).Pallu butung sejenis menu pentutup yang sangat cocok dimakan saat panas siang hari.

Rasanya manis dengan tambahan es menyegarkan. Pallu butung biasa juga disajikan hangat-hangat. Ditambahkan pemanis dari sirop sekaligus untuk memberikan warna yang menggugah selera. Bahan dasar pallu butung dari tepung beras yang dimasak menjadi bubur, dengan santan, gula pasir, daun pandan, dan vanili. Ada tambahan pisang raja yang dipotong-potong.

Nah itulah 5 Wisata Kuliner Legendaris Khas Makassar. bay the way Kuliner Legendaris Makassar mana yang pengen kamu cicipi saat berkunjung nanti? Tunggu apa lagi, segera mulai petualanganmu menyusuri wisata kuliner di Makassar.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini