26.1 C
Jakarta
26, April, 2024
JurnalPost.comWisataWisata Embung Gunung Panggung Gunung Kidul Yogyakarta

Wisata Embung Gunung Panggung Gunung Kidul Yogyakarta

JURNALPOST – Wisata Embung Gunung Panggung ini terletak di Dusun Sawur, Desa Sawahan, Kecamatan Ponjong, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Embung Gunung Panggung ini dibangun pada 2015. Pemandanganya dipuncak gunung ini sangat indah dan menjadi daya tarik untuk bersoafoto, yang berlatarbelakang Waduk Gajah Mungkur dan pemandangan asri alam sekitarnya.

Jika ingin mendapatkan soafoto yang bagus kita bisa datang pada pagi hari atau sore hari, karena kita akan mendapatkan sunrise (matahari terbit) dipagi hari atau sunset (matahari terbenam) disore harinya. Didalam Embung tersebut banyak ikan yang dipelihara oleh warga sekitar untuk menjadi daya tarik tambahan bagi wisatawan. Suasana di Embung Gunung Panggung ini sangat dingin dan sejuk cocok untuk para anak anak bermain dan melihat pemandangan alam pegunungan dan Waduk Gajah Mungkur.

Jalan menuju Embung Gunung Panggung ini medanya naik turun, siapkan kendaraan yang berkondisi baik karena jalanya berlubang dan menanjak, jika tidak kuat untuk menanjak bisa dititipkan dirumah warga sekitar dan dilanjutkan jalan kaki. Jalan menuju puncak Embung Gunung Panggung ini tidak rata dan masih berbatu, sehingga wisatawan harus berjalan kaki jika ingin naik ke Embung Gunung Panggung ini.

Bagi anda yang ingin berwisata ke Embung Gunung Panggung ini anda dikenakan tiket masuk Rp. 3000, sudah termasuk juga tiket parkirnya. Dengan biaya tersebut anda bisa menikmati wisata Embung Gunung Panggung yang sangat sejuk dan indah untuk bersoafoto.

Penulis : Surya Budi Pradana/Mahasiswa Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Rekomendasi untuk anda

Jangan Lewatkan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini