32.2 C
Jakarta
Minggu, Februari 28, 2021

Wisata Akar Seribu Sepi Pengunjung, Mahasiswa KKN UIN Walisongo Lakukan Kunjungan dan Kerja Bakti Bersama Warga Sekitar

Situasi kerja bakti yang dilakukan oleh tim mahasiswa KKN dan warga di wisata alam Akar Seribu, Jepara

Penulis: Ahmad Tibri Zulhija

JURNALPOST – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Mandiri Intensif Terprogram dari Rumah (MITDR) 11 Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo melakukan kunjungan ke wisata alam Akar Seribu, Jepara, Senin (18/01). Kunjungan tersebut dilakukan untuk mengetahui dampak yang terjadi akibat pandemi virus corona. Wisata yang terletak di wilayah RT 25 RW 04 Desa Plajan, Kecamatan Pakis Aji, Kabupaten Jepara ini ternyata masih tergolong sepi dari pengunjung hingga masa new normal.

Menurut Sutrisno, selaku Ketua RW 04 Desa Plajan, adanya pandemi ini sangat mempengaruhi kondisi wisata alam Akar Seribu, pengunjung yang datang semakin menurun jumlahnya. Pada sebelum pandemi, wisata ini bisa meraup keuntungan hingga 1 juta rupiah, namun pada saat ini pengelola tidak mendapat untung seperpun.

“Pengunjung yang datang ke wisata alam Akar Seribu ini dulunya banyak, namun semenjak pandemi covid mengalami penurunan jumlah pengunjung yang cukup drastis, sehingga kita sulit mengelola akibat kekurangan dana” ujar Sutrisno.

Dalam kunjungan tersebut, terlihat wisata alam Akar Seribu tidak terawat dengan baik. Rumput-rumput liar dan lumut terlihat tumbuh di beberapa tempat, tulisan wisata “Akar Seribu” pun cukup rusak dengan cat yang sudah mengelupas, serta beberapa mainan yang terlihat tidsk bisa dioperasionalkan. Pedagang yang berjualan disekitar juga hanya terlihat beberapa saja.

“Karena pendapatannya menurun, kami tidak bisa merawat seluruh wisata ini, uang yang kami dapat difokuskan untuk memberi makan hewan-hewan supaya tidak mati, sehingga memang banyak kerusakan di beberapa titik” jelas Sutrisno.

Melihat kondisi tersebut, mahasiswa KKN MITDR 11 UIN Walisongo ikut berpartisipasi dalam kegiatan kerja bakti bersama warga sekitar di wisata alam Akar Seribu. Kegiatan tersebut merupakan upaya agar wisata alam akar seribu terlihat lebih bersih dan terawat, sehingga harapannya pengunjung dapat meningkat kembali.

“Kami selaku mahasiswa KKN berusaha untuk membantu warga sekitar untuk memulihkan dan merawat kembali wisata alam Akar Seribu ini, sehingga dengan harapan wisata ini kembali ramai dan pengelolaan dapat kembali lancar” timpal Tibri, salah satu mahasiwa KKN.

Berita terbaru

Berita Menarik Lainnya

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini