27.7 C
Jakarta
28, April, 2024
JurnalPost.comCitizen ReporterTingkatkan Kesadaran Tentang Pentingnya Gizi yang Seimbang Melalui Permainan BERIZI

Tingkatkan Kesadaran Tentang Pentingnya Gizi yang Seimbang Melalui Permainan BERIZI

Mahasiswi President University memecahkan studi kasus dari permainan BERIZI

JurnalPost.com – Angka kematian ibu dan anak adalah indikator utama dalam mengukur derajat kesehatan masyarakat, sehingga isu kesehatan pada ibu dan anak masih menjadi fokus utama dalam upaya meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Jawa Barat, sebagai salah satu provinsi dengan populasi terpadat di Indonesia, memerlukan perhatian serius terhadap kesehatan ibu dan anak. Menurut laporan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, tingkat kematian ibu melahirkan (Maternal Mortality Rate) di Jawa Barat masih mengkhawatirkan, mencapai 101 per 100.000 kelahiran hidup. Hal tersebut juga termasuk pada isu dunia yang perlu kita selesaikan sebagaimana tertera pada target nomor 3 Sustainabale Development Goals, yaitu Kesehatan yang Baik dan Kesejahteraan.

Permasalahan kesehatan ibu dan anak memerlukan kolaborasi lintas sektor dan keterlibatan semua pihak. Mulai dari pemerintah, lembaga swadaya masyarakat, hingga masyarakat umum, perlu terlibat untuk meningkatkan akses terhadap perawatan kesehatan, edukasi, dan perubahan perilaku positif yang berdampak pada kesejahteraan keluarga dan masyarakat. Salah satu penyebab kematian ibu adalah kekurangan energi kronis (KEK), yang terjadi karena ketidakseimbangan asupan gizi pada ibu hamil. Pengetahuan yang terbatas tentang asupan gizi yang tepat juga menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi status gizi ibu hamil. Kurangnya kesadaran dan pengetahuan mengenai asupan gizi setiap harinya merupakan motif utama di balik permasalahan kesehatan ibu dan anak yang terus berkelanjutan.

COMMSTRIDE 2024 kali ini hadir dengan mengangkat isu terkait dinamika kesehatan di Indonesia pada salah satu agendanya, yaitu PERMATA: Program Edukasi Kesehatan Mama serta Anak. Tim mahasiswa Hubungan Masyarakat President University bersama NGO @kiddoandfriends_ berhasil menjalankan kegiatan BERIZI: Beri Gizi, salah satu agenda kampanye PERMATA di empat institusi pendidikan yang berlokasi di Karawang dan Cikarang selama dua minggu, mulai dari UNSIKA (19/03), Paud & SDS Ekklesia (21/03 – 22/03), President University (25/03), dan Paud Miftahussa’adah (27/03).

BERIZI adalah permainan interaktif yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaran tentang pentingnya pemahaman gizi pada ibu dan anak muda, dengan harapan untuk mencegah permasalahan kesehatan melalui asupan nutrisi yang diperhatikan setiap harinya. Dalam kegiatan ini, peserta diberikan studi kasus terkait masalah kesehatan tertentu dan akan menebak nutrisi yang tepat untuk dikonsumsi melalui replika makanan. Peserta yang bermayoritas dari mahasiswa hingga orang tua, juga akan mendapatkan feedback serta pengetahuan baru dari kasus yang telah diselesaikan. Ibu Neneng, salah satu wali murid siswa PAUD Miftahussa’adah terlihat sangat antusias mengikuti kegiatan ini. “Permainannya mantap, seru dan mudah dimengerti. Ini membantu saya untuk lebih sadar akan kandungan nutrisi pada setiap bahan makanan sehingga gizi harian akan tercukupi dan terhindar dari berbagai penyakit”

Agenda PERMATA sebagai hasil kolaborasi dari komunitas mahasiswa President University dengan lembaga non-pemerintah menunjukkan komitmen yang kuat dalam mendukung pencapaian kondisi kesehatan masyarakat yang ideal, yang dimulai dengan meningkatkan kesadaran akan pentingnya gizi yang seimbang sehingga dapat turut menurunkan angka kematian ibu dan anak, khususnya di Jawa Barat.

PERMATA merupakan bagian dari COMMSTRIDE 2024, proyek tahunan dari praktik mata kuliah Event and Campaign Management oleh Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi, Konsentrasi Hubungan Masyarakat President University. Tak hanya BERIZI, kampanye ini memiliki dua agenda lainnya di bulan April mendatang, yaitu talkshow dan workshop bersama para ahli di bidang gizi sebagai acara utama.

Penulis
Syalaisha Nauraniah
Mahasiswa Ilmu Komunikasi President University

Rekomendasi untuk anda

Jangan Lewatkan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini