27.4 C
Jakarta
Senin, Januari 18, 2021

Tebar Masker: Sinergi Ditengah Pandemi Jelang PSBB Perdana 2021

Jurnalpost – Hampir satu tahun Indonesia mengalami pandemi Covid-19, termasuk DKI Jakarta yang masuk dalam salahsatu daerah dengan tingkat penyebaran yang tinggi. Menjalani setidaknya dua kali PSBB ketat pada tahun 2020, belum mampu menurunkan angka penyebaran dan juga angka kematian yang cukup signifikan. Kampanye tentang 4M (Menggunakan Masker, Mencuci Tangan, Menjaga Jarak dan Menghindari Kerumunan) terus digalakan oleh pemerintah, begitu juga dengan gerakan-gerakan pencegahan penyebaran virus Covid-19 terus dilakukan oleh pemerintah dan juga elemen masyarakat lainnya, seperti pembagian masker yang dilakukan DKM dan Remaja Masjid Nuurul Hidayah (RISMANUDA) yang bekerjasama dengan Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdlatul Ulama (LPBI-NU) DKI Jakarta.

Masjid Nuurul Hidayah dan juga Remaja Islam Masjid Nuurul Hidayah (RISMANUDA) yang berada dilingkungan RW 04, Kelurahan Ciracas, Kecamatan Ciracas, Kota Jakarta Timur melakukan pembagian 6000 masker kepada masyarakat dan juga Mushola-Masjid yang berada dilingkungan RW 04 ini. Bapak R.Bambang Sugiyono, selaku Ketua Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Masjid Nuurul Hidayah mengatakan bahwa ini adalah bentuk kepedulian kepada masyarakat sekitar agar terhindar virus Covid-19, terlebih sudah ada beberapa masyarakat sekitar yang meninggal dunia terkait virus Covid-19 ini,

“Ada sekitar 5000 masker yang kami bagikan kepada pengurus Mushola-Masjid di RW 04 dan sekitar 1000 masker akan kami bagikan langsung kepada masyarakat dilingkungan Masjid Nuurul Hidayah, sebagai Remaja Masjid kami pasti support setiap kegiatan yang ada, terlebih kegiatan pembagian masker pada masa pandemi seperti ini, dengan harapan masyarakat tetap ingat dan terus menerapkan 4M agar terhindar dari virus Covid-19 “ ucap Bobot Adi Wahono selaku Koordinator RISMANUDA ditengah acara pembagian masker pada Hari Minggu, 10 Januari 2021.

Pembagian 6000 masker ini memang tidak terlepas juga dari bantuan pihak PWNU DKI Jakarta melalui LPBI-NU. Seperti yang diungkapkan oleh Bapak M.Wahib, MH yang juga Ketua LPBI-NU Jakarta, bahwa pihaknya sudah menyebarkan puluhan ribu masker, hand sanitizer, disinfektan dan juga penyemprotan disinfektan selama masa pandemi Covid-19 ini. Semua sudah dilakukan merata disemua wilayah DKI Jakarta. “ Yang paling banyak dibagikan sampai saat ini memang masker, semua kegiatan diback-up juga oleh Lembaga Kesehatan NU (LKNU) dan ini semua tidak hanya pada umat islam saja, tapi juga lintas agama, karena pandemi ini kan bukan hanya menimpa umat Islam saja, tapi semua “ ujar Bapak M.Wahib, MH yang juga sebagai kepala satuan tugas (Satgas) penanggulangan Covid-19 PWNU DKI Jakarta.

Kegiatan ini akan terus dijalankan, terlebih PSBB perdana di Tahun 2021 ini akan segera diterapkan kembali di Pulau Jawa dan Bali. Bantuan dan donasi semua pihak akan kami terima dan salurkan kepada masyarakat sekitar, kami terbuka kepada mereka yang ingin bekerjasama dengan RISMANUDA dalam rangka pencegahan Covid-19 ini, seperti yang disampaikan Bobot Adi Wahono dipenutup kegiatan Tebar Masker. (red)

Berita terbaru

Berita Menarik Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini