28 C
Jakarta
20, April, 2024
JurnalPost.comCitizen ReporterTanpa Kulkas Mahasiswa KKN RDR 75 Beri Edukasi Pembuatan Es Krim

Tanpa Kulkas Mahasiswa KKN RDR 75 Beri Edukasi Pembuatan Es Krim

Mahasiswa KKN sedang mempraktekkan proses pembuatan es krim

JURNALPOST – Mahasiswa KKN UIN Walisongo semarang mengadakan pelatihan pembuatan es krim dengan menggunakan bahan yang sederhana dan tanpa kulkas pada rabu, 11 novermber 2020. Pelatihan ini di prioritaskan untuk siswa-siswa SD RW 03 Kelurahan Gondoriyo. Siswa-siswa sangatlah antusias dengan adanya pelatihan pembuatan es krim tersebut karena dengan adanya pelatihan tersebut setidaknya bisa mengisi waktu luang mereka seusai selesai melaksanakan sekolah daring.

Objek yang dibuat dalam pelatihan ini adalah es krim yang merupakan salah satu jajanan paling favorit di kalangan siswa-siswa SD. Es krim sendiri ternyata bisa dibuat dengan mudah dengan bahan yang simpel dan tanpa kulkas dengan menggunakan es batu secukupnya kemudian garam dan terakhir dancow saset yang sudah di seduh.

“proses pembuatan es krim ini sangatlah mudah, hanya saja membutuhkan sedikit kesabaran dalah proses pembuatannya”, ujar Burhan mahasiswa KKN kelompok 64 yang sekaligus sebagai pemandu dalam pelatihan pembuatan es krim tersebut.

Proses pembuatannya sangat mudah. Pertama, pecahkan es batu menjadi ukuran kecil – kecil, kemudian siapkan wadah besar dan masukkan kaleng bekas roti kedalam wadah besar tersebut, selanjutnya masukkan es batu dan garam di sela – sela wadah besar dan kaleng bekas roti, kemudian masukkan dancow yang sudah di seduh kedalam kaleng bekas roti, tutup kaleng tersebut dan terakhir putar kaleng tersebut sampai es batunya mencair. Proses pemutaran kaleng tersebut kurang lebih membutuhkan waktu 30 menit agar dancow yang sudah di seduh tersebut menjadi padat. Ketika es batunya sudah mencair, maka harus diganti dengan es batu yang baru dan jangan lupa taburkan garam pada es batu tersebut.

Antusias siswa – siswa SD dalam mengikuti pelatihan ini sangat luar biasa, sekitar 15 orang mengikuti pelatihan hingga selesai. “berapa lama proses putar memutar kalengnya kak?” Tanya Fahmi. “sekitar 30 menitan dek” jawab Burhan. Semakin lama dalam putar memutar kaleng, maka akan semakin bagus tekstur es krimnya.

Target pelatihan yang diselenggarakan yaitu anak-anak yang masih belajar dirumah masing-masing. Pelatihan ini bertujuan menambah edukasi kepada anak-anak bahwa untuk memperoleh es krim tidak harus membeli di minimarket, tetapi harapannya anak – anak dapat membuat sendiri di rumah dengan bahan – bahan yang mudah di dapat dan alat – alat sederhana yang ada di rumah.

Pewarta: Burhan

Rekomendasi untuk anda

Jangan Lewatkan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini