26.9 C
Jakarta
Kamis, April 22, 2021

Tadabbur Alam SMA Muhammadiyah Al-Amin ke Politeknik KP Sorong

Sorong, JurnalPost Setahun berjalan pendemi Covid-19, Politeknik Kelautan dan Perikanan Sorong mulai membuka wilayah kampusnya sebagai tempat wisata bahari. Kampus yang berada di wilayah wisata pantai Tanjung Kasuari ini sejak pembukaannya sudah dilakukan kunjungan kedua kali. Kunjungan pertama dilakukan oleh Sekolah Wirausaha Aisyiyah (SWA) Kabupaten Sorong yang berkunjung dalam rangka berkolaborasi wirausaha sekaligus berwisata bahari. Kunjungan kedua kali ini dilakukan oleh SMAS Muhammadiyah Al-Amin Kota Sorong. (3 April 2020)

Kunjungan SMAS Muhammadiyah Al-Amin Kota Sorong ke Politeknik KP Sorong berlangsung pada hari Sabtu, 3 April 2021, dilaksanakan dalam rangka Tadabbur Alam oleh keluarga besar Guru SMAS tersebut. Rombongan kegiatan yang dipimpin oleh Ibu Dra. Nurfin Moha selaku kepala sekolah di sambut oleh Hendra Poltak selaku koordinator Pusat Wirausaha Taruna mewakili Politeknik Kelautan dan Perikanan Sorong. Kunjungan dilakukan menggunakan protocol Kesehatan Covid-19.

Dalam kegiatan Tadabbur Alam ini kegiatan dimulai dengan pemberian cendramata dari SMAS Al-Amin kepada pihak Politeknik Kelautan dan Perikanan Sorong. Kegiatan berlanjut dengan penyerahan kitab suci Al-Quran kepada pengurus Mesjid Nurul Bahri yang diserahkan kepada Taruna/i Pengurus Masjid, sekaligus memberikan Al-Quran juga kepada Taruna/i dan masyarakat yang ada disekitar pantai tempat wisata. Harapan pemberian Al-Quran dalam kegiatan ini kepada taruna/i dapat meningkatkan iman dan taqwa.

Politeknik Kelautan dan Perikanan sebagai lembaga pendidikan dengan tugas Tridharma Perguruan Tinggi mengemban amanat untuk meningkatkan SDM Kelautan dan Perikanan berdaya saing. Upaya itu dilakukan dalam acara tersebut dengan menyampaikan tentang Politeknik KP Sorong kepada keluarga besar SMAS yang hadir. Hendra Poltak menyampaikan pengenalan kelautan dan perikanan dimulai dari Politeknik KP Sorong sudah berdiri sejak tahun 2001 dengan nama Akademi Perikanan Sorong. Kampus bertransformasi menjadi Politeknik Kelautan dan Perikanan Sorong Tahun 2014 dengan mengampu 3 Program Studi yakni Prodi Teknik Penangkapan Ikan, Prodi Mekanisasi Perikanan, dan Prodi Teknik Budidaya Perikanan. Transformasi selanjutnya akan membuka Program D-IV dan menambah program studi untuk meningkatkan mutu SDM di Indonesia, khususnya di tanah Papua. Pada kesempatan tersebut juga disampaikan rencana penerimaan taruna baru sekaligus memberikan brosur kepada Kepala sekolah untuk dapat disampaikan kepada alumni SMA yang berminat menimbah ilmu dan ketrampilan di Politeknik KP Sorong.

Sesuai arahan Direktur Politenik KP Sorong, Ibu Dra. Hj. Endang Gunaisah,M.Si sebagai upaya menjadikan kampus selain tempat menimbah ilmu, dapat juga dilakukan edukasi bahari. Setiap kunjungan edu wisata bahari sudah menjadi tradisi di Politenik KP Sorong dilaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat. Tim Dosen pada kesempatan tersebut memberikan pengenalan dan pelatihan keselamatan dasar. Bapak Lay Tjarles,S.St.Pi.,M.Si Dosen mata kuliah keselamatan dasar memberikan materi pengenalan alat-alat keselamatan dasar seperti life jacket dan life buoys. Bapak Tjarles menyampaikan alat keselamatan dasar merupakan prioritas penting dalam kegiatan di Laut. Materi disampaikan dengan memberikan praktik yang dibantu oleh taruna/i.

Keluarga besar SMAS juga diberi kesempatan oleh Capt. Anjas A.S Komboe, nahkoda Airaha 02, untuk dapat mengunjungi Kapal Latih Airaha 02. Kapal Latih ini merupakan kapal Hibah Bantuan Republik Rakyat Tiongkok Tahun 2008. Kapal dengan kapasistas 160 GT ini digunakan oleh taruna prodi TPI dan MP untuk melakukan praktik layar dan penangkapan ikan. Pengunjung antusias melihat alat-alat yang berada di Kapal Latih serta kegunaannya dalam kapal yang disampaikan oleh taruna. Pengunjung juga berkesempatan berfoto swa di anjungan kapal.

Selepas kunjungan ke Kapal Airaha 02, Keluarga besar menikmati Kebesaran Allah yang menciptakan Alam laut dan keindahannya. Keindahan laut biru yang teduh dan hamparan pasir putih pantai Politeknik KP Sorong. Pengunjung mandi dan berjemur menikmati hangatnya air laut di Politeknik KP Sorong.

Hendra Poltak (Politeknik KP Sorong)

Berita terbaru

Berita Menarik Lainnya

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Masuk

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Masuk

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.